Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
226
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdfc3edcd770f0518b4569/akhir-akhir-ini-kalau-siang-rasanya-panas-banget-kenapa-ya-gan
Pada ngerasa ngga, kalo akhir-akhir ini pas siang hari itu rasanya panas buanget? Di daerah ane di Semarang, suhunya bisa sampe 35 derajat Celsius. Gile panasnya bikin ga betah keluar. Keringet ngalir kemana-mana. Nah ternyata, suhu panas pas siang hari ini tu ngga cuman ada di tempat ane.
Lapor Hansip
10-10-2018 20:18

Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?

Past Hot Thread
Halo agan-agan semuanyaaaa


emoticon-Ultah


Pada ngerasa ngga, kalo akhir-akhir ini pas siang hari itu rasanya panas buanget?? 


Di daerah ane di Semarang, suhunya bisa sampe 35 derajat Celsius. Gile panasnya bikin ga betah keluar. Keringet ngalir kemana-mana.


Nah ternyata, suhu panas pas siang hari ini tu ngga cuman ada di tempat ane. Di hampir semua tempat di Pulau Jawa, Bali, dan tempat2 yang lokasinya sejajar, suhu udara pas siang hari bisa panas banget akhir-akhir ini.


Kenapa ya gan?


Cekitod, ini dia penjelasannya.



Quote:Sebenernya ada banyak faktor yang mempengaruhi, tapi secara umum ada dua buah penyebab utama dari hal ini.





Quote:
Posisi Matahari


Saat posisi matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa maka intensitas radiasi matahari akan semakin kuat, dan sebaliknya, jika berada jauh dari garis khatulistiwa maka intensitasnya akan semakin berkurang.



Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?


Jika kita tinjau dari keberadaan Matahari… posisi matahari saat ini sedang berada di belahan bumi selatan, di sekitar wilayah Indonesia. Sehingga kita secara langsung menerima paparan dari sinar matahari hampir tegak lurus.


Sebenarnya posisi matahari tepat melewati garis ekuator bumi pada 23 September 2018 lalu, yang disebut dengan equinox.



Namun, lantaran gerak semu matahari bergerak ke belahan bumi selatan, maka saat ini posisi matahari berada di 6 derajat Lintang Selatan (dekat dengan Pulau Jawa) antara tanggal 5 sampai 10 Oktober.










Quote:
Kelembaban Udara Rendah


Pada bulan September-Oktober ini kondisi kelembaban udara sedang rendah yang menyebabkan udara semakin panas.



Kelembaban udara sendiri merupakan tingkat kebasahan udara atau tingkat kandungan uap air di dalam udara.



Kelembaban udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin tinggi suhu udara, maka kelembaban udaranya semakin kecil. 



Jika kelembaban udara rendah, maka proses penumbuhan awan hujan pun menjadi lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan potensi hujan juga menjadi relatif lebih kecil dan meningkatkan suhu udara.




Jadi, kesimpulannya adalah....



Quote:

Kondisi panas ini disebabkan oleh dua hal:


1. Posisi matahari yang berada di belahan Bumi selatan dekat Indonesia

2. Kelembaban udara yang rendah









Tapi tenang saja, kondisi panas ini normal kok. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.



Begitu gan... cerita dong, seberapa panas siang hari di tempat agan...




Terima kasih agan-agan semua

Jangan lupa kasih bintang 5 dan cendolnya yaa


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh fajrulfa
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 12
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:05
Kemarau panjang nihh...
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:10
bener banget ane ngerasa jam 10 ke atas panas bgt, Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:12
Ternyata ga gw doang yang ngerasa wkwk , gw tau pas waktu beberapa Minggu yang lalu kok pagi terang amat , sama siang juga panas banget
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:12
Matahari lagi manja2nya Gan..

Jakarta Panasss beud....

emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:14
di sumatera kalo masuk bulan yg ada ber ber nya

pasti ujan emoticon-Leh Uga
1 0
1
Lihat 1 balasan
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:15
ngadem bentar di indomart
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:20

ngadem

ngadem di Atm.. emoticon-Hammer2
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:20
cuacanya bener2 bikin kulit jadi all new gosong gan...emoticon-Cape d...
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:22
Quote:Original Posted By fajrulfa
Halo agan-agan semuanyaaaa


emoticon-Ultah


Pada ngerasa ngga, kalo akhir-akhir ini pas siang hari itu rasanya panas buanget?? 


Di daerah ane di Semarang, suhunya bisa sampe 35 derajat Celsius. Gile panasnya bikin ga betah keluar. Keringet ngalir kemana-mana.


Nah ternyata, suhu panas pas siang hari ini tu ngga cuman ada di tempat ane. Di hampir semua tempat di Pulau Jawa, Bali, dan tempat2 yang lokasinya sejajar, suhu udara pas siang hari bisa panas banget akhir-akhir ini.


Kenapa ya gan?


Cekitod, ini dia penjelasannya.


















Jadi, kesimpulannya adalah....











Tapi tenang saja, kondisi panas ini normal kok. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.



Begitu gan... cerita dong, seberapa panas siang hari di tempat agan...




Terima kasih agan-agan semua

Jangan lupa kasih bintang 5 dan cendolnya yaa


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star


Wow keren infona gan
Nubi kira matari 5jengkal di pala nubi but anyway nais trit mahu
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:24
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:25
kulit terasa kering seharian di ac kantor mulu

balik ke rumah gerah, ga kuat kalo mau ac tiap malam seharian, boros listrik
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:26
Ane juga di semarang gk cuma siang mlem pun panas emoticon-Cape d...
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:28
kayaknya nih ..semarang bakal terus memanas sampai musim hujan tiba...panggil pawang ujan gih..
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:28
Banyak minum air putih la klo kelembapan rendah. Klo ga lembap kan mayan selangkangan ga bekurap emoticon-Ngakak
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:30
kirain panas karna suhu politik..
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:32
Aselii puanas banget emang skrg2 ini. Gw yg tiap hari diluar sampel nyerah.. ckckck
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:32
Quote:Original Posted By kamalkus
akhir-akhir ini kalo malem rasanya adem banget,kanapa ya gan? emoticon-Malu


ente pake ac lupa matiin kali gan emoticon-Big Grin
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:33
Ok ane terima penjelesan nya.. masuk akal emoticon-shakehand
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:34
Yoi gan di jakarta panas nya cetar bet emoticon-Matabelo
1 0
1
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
11-10-2018 16:36
gitu ye gan...
nice sharenya dah
1 0
1
Halaman 4 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia