• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Deretan Makanan Legendaris yang Bisa Kamu Cicipi di Kawasan Pasar Baru

dianabagus23Avatar border
TS
dianabagus23
Deretan Makanan Legendaris yang Bisa Kamu Cicipi di Kawasan Pasar Baru
Siapa sih yang nggak kenal kawasan Pasar Baru? Dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta sejak tahun 1820, Passer Baroe (Pasar Baru) menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bukan cuma soal segudang cerita sejarah yang menarik untuk disimak, Pasar Baru juga punya deretan tempat makan legendaris yang menarik untuk langsung kamu datangi loh Gan. Pokoknya cocok banget nih untuk Agan yang suka iseng nyari tempat makan baru kayak aku ini. Hihi.Lumayan Gan, bisa menyusuri Pasar Baru, foto-foto trus bisa sekalian isi perut juga kan.

Trus tempat makan legendaris apa aja sih yang bisa kamu temui di Pasar Baru ini?
Nih aku kasih beberapa rekomendasinya khusus untuk kamu Gan.

Bakmi Gang Kelinci



Kalau ke Pasar Baru, nggak lengkap kalau nggak nyicipin bakmi Gang Kelinci yang udah hits dari dulu kala. Dulunya bakmi ini hanya berawal dari jualan gerobak doang di tahun 1957 loh Gan. Sekarang Bakmi Gang Kelinci sendiri sudah punya banyak cabang. Tapi kalau aku sih ngerasa emang paling pas kalau makan Bakmi Gang Kelinci di restoran pertamanya yang terletak di Pasar Baru ini.



Ada banyak menu yang bisa kamu cobain. Mulai dari bakmi, ifue mie, cah ayam, dimsum dan banyak chinese food lainnya. Tapi kalau bagi ane sih kurang pas kalau ke Bakmi Gang Kelinci tapi nggak nyobain menu bakminya. Aku sih paling sering nyobain Bakmi pangsitnya. Rasanya enak, porsinya mengenyangkan. Bayangin mie kenyalnya dipadu potongan ayam kecap, jamur, sayur segar trus dipasangin sama pangsit rebus. Endeus!



Harganya bervariasi tergantung menu makanan yang kamu pilih. Kalau bakmi pangsit kayak yang aku beli itu harganya Rp 34.000. Tapi menu bakmi lainnya juga ada yang di kisaran Rp 20ribuan gitu kok Gan. Restorannya sendiri sering banget ramai. Apalagi kalau kamu ke sini saat hari libur. Tapi kalau udah ke Pasar Baru ya kali nggak nyicipin Bakmi legendaris yang satu ini kan?

Cakue Koh Atek



Kalau Agan mau bergeser dari Bakmi Gang Kelinci, pasti Agan akan melewati gang kecil yang terletak persis di sebelah gedung restoran ini. Jangan langsung melewatkan begitu saja gang ini tanpa masuk ke dalam gang itu Gan, karena ada makanan legendaris dan pastinya enak yang nggak boleh kamu lewatkan saat datang ke Pasar Baru. Salah satunya apalagi kalau bukan Cakue Koh Atek yang satu ini.



Dulunya sih aku sering banget ngelewatin Cakue Koh Atek ini. Awalnya selalu heran kenapa tempat ini selalu ramai pengunjung. Ternyata Cakue Koh Atek memang sudah terkenal cukup lama karena kelezatannya. FYI Gan, dari info yang aku baca, Cakue Koh Atek sudah ada sejak 1971 dan sudah sering masuk koran nasional loh. Koh Atek sendiri sudah meneruskan usaha cakue ini sejak masih remaja dan hasil turun temurun dari ayahnya.



Walau letak warungnya terbilang tersembunyi di Gang Kelici dan kecil tapi tempatnya selalu ramai pembeli dari pagi hari Gan. Makanya kalau datang ke sini jangan terlalu kesiangan karena takutnya keburu abis Gan.

Enaknya sih kalau Agan mau datang ke sini, Agan bisa ngeliatin langsung Koh Atek bikin adonan cakuenya loh. Lumayan lah selain bisa nyicipin cakue yang baru banget digoreng, aku juga bisa foto-foto proses pembuatannya dengan OPPO A3S aku lalu update di Instagram deh.

Cakue di sini dijual dengan harga Rp 4000 per buahnya. Selain Cakue juga ada kue bantal yang dijual dengan harga yang sama. Rasa cakuenya ya jelas enak. Cakuenya gemuk-gemuk, teksturnya chewy dan gurih banget kalau dicocol ke sambelnya. Jangan lupa juga cobain kue bantalnya.





Enaknya sih beli cakue atau kue bantal di sini bisa kamu jadikan cemilan saat menyusuri ramainya kompleks Pasar Baru.


Bakmi Aboen




Selain Cakue Koh Atek, di gang yang sama kamu bisa menemukan makanan legendaris lainnya Gan. Namanya Bakmi Aboen dan sudah berdiri sejak tahun 1962. Udah lahir belum Gan tahun segini? emoticon-Blue Guy Peace.



Meski restorannya ada di ujung gang kecil, tapi Bakmi Aboen juga selalu dipadati pengunjung. Selain bakmi, ada juga menu menu khas chinese food lain seperti sui kiauw kuah, kwetiaw dan locupan.



Untuk harga, Bakmi Aboen memang sedikit mahal bila dibandingkan Bakmi Gang Kelinci. Harga makanannya juga tidak dicantumkan di kertas menu. Tapi waku ane makan Bakmi Spesial Bakmi Aboen harnya sih dipatok Rp 45.000 seporsi.

Tropik



Mungkin kalau menyebut es krim legendaris yang ada di pikiran pasti es krim Ragusa. Tapi tahu nggak sih Gan, kalau di kawasan Pasar Baru juga ada es krim legendaris lainnya. Namanya Tropik.

Tropik sendiri sudah ada sejak tahun 1950-an loh Gan. Letak Tropik sendiri terbilang dekat dari pintu selatan Pasar Baru. Sebetulnya tidak hanya menyediakan es krim tempo dulu, Tropik juga menyediakan menu makanan lain seperti menu oriental dan Indonesia. Tapi karena aku memang penasaran dengan es krimnya, alhasil aku nyicipin es krimnya dulu deh.



Begitu masuk ke dalam restorannya, Agan seperti terbawa ke jaman dulu. Interiornya memang persis restoran jadul.

Ada beragam es krim yang bisa kamu cicipi. Ada es krim tutty frutty yang bentuknya seperti balok dan berisi rasa cokelat, moka dan vanila. Trus juga ada es krim combinasi yang terdiri dari 3 scoop es krim dengan rasa yang bisa kita pilih sendiri. Plus ada juga es krim satuan yang disajikan di wadah seperti ini lengkap dengan wafer sebagai tambahan.



Enaknya kalau pesen es krim di sini Agan bakal dikasih air putih secara gratis. Lumayan buat diminum sehabis makan es krim kan.

Rasa es krimnya menurut aku enak Gan. Rasanya beda dari es krim mainstream. Mungkin karena di sini semua es krim dibuat sendiri dan tanpa bahan pengawet Gan. Teksturnya lembut rasanya ringan dan nggak bikin eneg walau sudah makan banyak es krimnya.



Harga es krimnya terbilang cukup mahal. Tapi untuk sesekali nyicipin es krim legendaris aku rasa nggak papa lah ya Gan.

emoticon-Toast

Masih banyak tempat makan legendaris lainnya di kawasan Pasar Baru yang bisa kamu datangi, tapi ini sedikit rekomendasi dari beberapa tempat yang udah aku coba. Semoga bermanfaat untuk Agan sekalian. Siapa tahu weekend ini bingung mau makan apa sama orang kesayangan jadi rekomendasi aku bisa jadi alternatif lain untuk kamu.

Kalau Agan mau ke kawasan ini, ada banyak moda transportasi yang bisa dicoba, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum seperti transjakarta. Letaknya nggak jauh kok dari halte Transjakarta Pasar Baru yang ada persis di depan Gedung Kesenian Jakarta dan pintu masuk selatan Pasar Baru.


Ada tempat makan legendaris lain yang mau kamu rekomendasikan Gan?
Komen di sini aja. Ntar aku angkut ke page one. emoticon-Blue Guy Peace


Quote:



Diubah oleh dianabagus23 15-10-2018 02:29
3
20K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.