conquerora
TS
conquerora
Pengalaman Pengobatan TBC dan serba-serbi TBC
ini adalah copy reply di thread serupa, ane pikir kenapa ane ga bikin thread baru aja ya, soalnya lumayan panjang, setelah ane di reject ama asuransi Pru***tial, ane jadi aktif cari-cari infromasi mengenai bekas TB, jadi semoga bermanfaat ya gan....

jadi gini gan ceritanya, panjang lho, oya klo ada yg ahli misal dokter bisa juga CMIIW ya, karena ane cuma baca2 dr artikel WHO aja..

PROLOG

awal februari 2012, istri ane batuk2 demam kayak flu, kita diemin 3 hari sambil minum obat flu biasa, pas hari ke-3 istri ane batuk n muntah2 darah, langsung di bawa ke rumah sakit, dokter langsung yakinin itu positif TB, keliatan dari foto ronsen dan juga langsung di ambil tindakan bronkoskopi gan, yaitu pengambilan cairan di paru via selang dan bisa diintip via kamera, di situ keliatan paru udah penuh radang, darah dan positif TB.

istri ane di rawat 2 minggu, waktu standar perawatan infeksi TB, setelah itu boleh pulang dengan catatan selalu pake masker dimanapun berada, minum obat 4 jenis selama 6 bulan, setiap hari jam 6 pagi 1 jam sebelum makan tanpa putus, dan setiap 1 bulan sekali selalu kontrol fungsi hati, mata, ginjal, darah, ronsen dsb. 2 bulan pertama 4 macam obat lengkap, setelah itu sisanya cukup 2 obat saja, semua di jalani dan ditambah 1 bulan lagi dikarenakan supaya yakin dan juga kan awalnya karena infeksi, jadi total pengobatan 7 bulan. setelah 7 bulan, ronsen dan cek darah terakhir maka dinyatakan sembuh total dari TB, walaupun kami tanya apa ada bekasnya apa engga, dokter bilang akan selalu ada bekasnya dan akan selalu dicurigai TB setiap akan tes ronsen berikutnya, yg penting selalu ceritain kronologisnya dan surat keterangan sembuh terakhir.

klo ada anggota keluarga kena TB, maka kemungkinan besar anggota keluarga lain pasti tertular, maka sebulan setelah istri ane masuk rumah sakit, ane inisiatif cek sendiri ke rumah sakit, awalnya cek darah, dari darah keliatan ada suspek TB, jadi darah ane membangun suatu imun antigen TB yang cuma ada klo ada TB, setelah cek darah trus ronsen, nah pas ronsen deh baru keliatan flek yg namanya infiltrat, kecil kok, namun dokter ga puas, harus cek dahak 3x, dan semua negatif, dokter pun belum puas, ane di paksa harus bronkoskopi, diambil cairan parunya baru deh di intip lewat mikroskop, dari situ ketahuan ada TB kecil, TB masi bayi blum aktif, jadi ane tetep di kategorikan TB, jalanin pengobatan normal TB seperti di atas.

oya, dahak atau cairan paru kita itu ga dibuang, tetep disimpen atau istilahnya di kultur, di kultur itu dikembangbiakin di laboratorium, tujuannya supaya tau kuman TB kita resisten ga sama salah satu obat, jadi tiap bulan kultur itu di tetesin obat yg kita minum selama berbulan2, kalau ketahuan ada yg resisten maka si pasien harus minum obat tambahan.

nah ane ketauan resisten, jadi yg klo normal kayak istri ane minum obat lengkap 2 bulan abis itu 2 macem aja, maka pada kasus ane harus minum obat lengkap 4 jenis sampe 7 bulan. semua cerita di atas dilakukan di luar negeri, makanya ga heran rumah sakitnya ngejar banget dan sistem arsipnya tuh bagus, arsip kuman TB perorang maksudnya, karena diluar negeri TB itu ga main2 lho, itu masalah nasional, jadi kita kayak orang aneh alien aja waktu pengobatan TB di luar negeri, seruuu deh pokoknya!! musti kudu wajib jalanin perintah dokter.

MORAL OF THE STORY

1. penyakit TB adalah penyakit yg mengerikan, karena memaksa kita berobat berbulan2, abis waktu, biaya dan tenaga, penyakit ini juga mematikan dan bisa menghancurkan masa depan dengan bekas luka TB yang ga bisa hilang.

2. kita ga pernah tau tertular dari siapa dan bagaimana, menurut survey WHO semua orang di dunia ini pasti ada kuman TB, namun kuman TB itu masih tidur yang akan aktif klo kita ga fit. nah selama orangnya fit, kuman TB di paru itu akan dibungkus cairan imun kita dengan nama infiltrat atau flek.

3. dokter tidak boleh memvonis seseorang TB hanya dari gambar ronsen!! ingat itu!! vonis TB haruslah berasal dari tes dahak atau cairan paru hasil bronkoskopi, karena bisa saja dan sering terjadi flek atau infiltrat pada gambar ronsen bisa jadi merupakan bekas luka TB, banyak orang yg punya TB sembuh sendiri akibat imun tubuhnya.

jadi gambarannya gini gan, jika gambar ronsen mengindikasikan infiltrat namun tidak menunjukkan salah satu gejala seperti batuk, demam, keringat malam dan berat badan turun, maka itu bukan TB, namun jika disertai salah satuuuu saja gejala diatas, hampir dipastikan TB namun harus tes dahak dulu, dalam kasus saya, saya tidak ada gejala apapun, tanpa batuk tanpa demam, namun saya kurus, dan dokter di luar negeri mengindikasikan kurus dengan TB, jadi gan, mending gendut deh, hehee... ga enak jadi orang kurus, selalu dicurigain penyakitan, dan tampaknya bener, orang kurus itu pertanda penyakitan... piiss yoo... sampe sekarang ane juga kurus.. ahhaaa... susah beuth naikin berat badan gan..

4. ga ada bukti jaminan kesembuhan TB, gejala hilang bukan berarti TB hilang, jaminan kesembuhan TB hanya dari KOMITMEN MINUM OBAT LENGKAP TERATUR MINIMAL 6 BULAN, mengapa hal itu sering di gembor2kan? karena memang ga ada jaminan atau bukti fisik yang menyatakan sembuh gan, hasil ronsen pun klo udah 6 bulan masi akan terlihat flek, namun ronsen itu harus dibandingkan sama ronsen 6 bulan lalu, apakah mengecil atau membesar, jika membesar maka TB belum sembuh, jka mengecil maka sembuh, bahkan jika tetap ada gan, engga membesar dan engga mengecil itupun harus dinyatakan sembuh!! karena itu pertanda TB sudah ga aktif, jadi yakin aja gan, klo minum obat teratur tanpa putus minimal 6 bulan ya udah, yakin aja sembuh kok, klo gambar ronsen masi ada cuek aja, itu bekas aja.

nah inilah yang ane kira banyak dokter indonesia ga paham, pas tes ini tes itu harus MedCheck lalu foto ronsen eh keliatan flek, langsung deh di vonis TB, itu merupakan bentuk diskriminasi gan dan kita musti aktif kasih tau dokter kronologisnya dan kasi perbandingan gambar ronsen selama kita pengobatan, kasi penjelasan komitmen kita minum obat dsb... dan kejadian di ane, ane ditolak asuransi pru***tial gan, ane sedih, karena dokternya ga paham bahwa bekas luka TB emang ga bisa hilang....


EPILOG

1. minum lah obatnya gan yg teratur, gratis kan dr puskesmas, ga mudah emang minum obat tiap pagi 1 jam sebelum makan minimal 6 bulan tanpa putus, tapi inget gan, yg lo obatin bukan cuma lo doank, inget keluarga dan orang sekitar, karena ini penyakit menular gan, harap dicamkan itu, ane sedih baca2 cerita page sebelumnya orang gampang banget berenti karena ngira gejala udah ga ada,, badan dah enakan lah, haduuh gan, ga bisa gitu juga keleuuus... dan please pake masker, rumah sakit di indonesia ane liat banyak yg tolol gan, pasien TB dibiarin keleleran tanpa di kasi masker, waktu di luar negeri ane wajib pake masker kemana2 gan, ditandain gitu, ampe segitunya, padahal Indonesia peringat 3 lho kasus TB!!

2. ane gag ngerokok, paling anti rokok, ga mabok dan ga suka clubbing, tetep kena TB gan, itu yg buat ane sesek dan sedih seakan Tuhan ga adil, kenapa ga semua perokok aja yg mati kena TB, tapi yaitulah TB ga pandang orang, makanya ane bilang ini penyakit mengerikan, sejak kena TB ane ga mau deket2 ama orang, apalagi lingkungan kita di indonesia gan, di angkot, bis, jajanan pinggir jalan, mall, asrama, mess, sampe solat berjamaah pun orang kita klo batuk suka sembarangan, ga ditutup, ga pake masker klo flu, semua dianggep biasa aja, tapi dibalik itu semua menyimpan potensi mengerikan penularan TB, makanya sejak ane kena TB ane ga mao deket2 ama orang, ane bela2in beli mobil buat pulang pergi kantor, ane udah jarang solat berjamaah di kantor karena orang2nya suka batuk2 ga jelas.

3. selalu waspada sama orang, apalagi klo orang itu batuk dan bersin, segera menjauh.

4. banyak makan gan biar gendut, karna salah satu gejala TB kan badan kurus dan penurunan berat badan, jadi klo tiba2 berat badan kita turun musti waspada dan cek ke dokter gan, bukannya seneng dulu klo kurus yeee... kebanyakan orang kita klo berat badan turun malah seneng, haadeeehh...

5. dikarenakan bekas luka TB ga bisa hilang dan akan selalu ada di setiap ronsen, pastikan kita simpen semua dokumen pengobatan gan, dokumen resep obat dan perbandingan ronsen tiap bulan, karena itulah bukti kita jalanin pengobatan dan diindikasikan sembuh, banyak cerita gara2 bekas luka TB orang jadi ga bisa lulus tes kerja, bahkan ga bisa keluar negeri, karna banyak negara maju klo mau apply visa harus tes kesehatan dulu, dan sekali kena TB bakal susah masuk negara itu gan.

demikian gan, moga bermanfaat

Diubah oleh conquerora 27-04-2015 09:25
0
21.9K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThreadā€¢9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.