JayakahmiAvatar border
TS
Jayakahmi
Bentrokan Palestina dan Israel Telan Tiga Nyawa
Warga Palestina bereaksi setelah gas air mata yang ditembak oleh pasukan Israel setelah shalat Jumat di sebuah jalan di luar kota tua Yerusalem pada 21 Juli 2017. (Foto: Reuters/Ammar Awad)


NUSANTARANEWS.CO, Gaza – Juru Bicara Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza, Ashraf Al-Qedra menerangkan, terdapat tiga orang Palestina tewas oleh tembakan tentara Israel di bagian timur Kota Gaza. Insiden itu pun turut menewaskan seorang anak kecil.
Menurut Al-Qedra, di antara korban, dua petugas paramedis dan dua wartawan, termasuk satu perempuan, juga cedera. “Sebanyak 192 orang yang cedera dirawat di rumah sakit. Termasuk 126 orang yang ditembak oleh tentara Israel dengan menggunakan peluru aktif,” kata Al-Qedra.

Baca Juga:

Impor Beras, Jokowi Ingkar Janji di Bidang Perdagangan

Soal Impor Beras, Gatot Nurmantyo: Kok Tetep Mau Impor! Ada apa?

Kembali Impor Beras, DPR Minta Jokowi Tindak Tegas Kemendag
Budi Waseso, Bersikap Buas Kepada Para Pengimpor Beras

Tiga orang Palestina yang tewas dan 376 orang lagi cedera terjadi dalam bentrokan antara ribuan pemrotes Palestina dan tentara Israel di bagian timur Jalur Gaza dekat perbatasan dengan Israel, pada Jumat (5/10).
Sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua, sejak dimulainya kegiatan “Pawai Akbar Kepulangan” pada 30 Maret, tentara Israel telah menembak hingga tewas 197 orang Palestina dan melukai lebih dari 21.000 orang lagi. Bentrokan pada Jumat terjadi ketika ribuan orang Palestina bergabung dalam kegiatan tersebut pada Jumat ke-28.

Baca juga: 
Soal Sejarah Komunis, Memaafkan Boleh, Melupakan Jangan!
Citra Buruk PKI Akibat Peristiwa G30S/PKI Perlahan Mulai Terhapus
Kerja di Indonesia, Imigrasi Karawang Temukan WNA Asal China Berbekal Buku Pedoman Partai Komunis


“Demonstran berkumpul di dekat pagar perbatasan antara bagian timur Jalur Gaza dan Israel. Mereka membakar ban, mengibarkan bendera Palestina dan melemparkan batu ke arah tentara Israel yang ditempatkan di perbatasan dengan Jalur Gaza,” tulis Xinhua.
Beberapa saksi mata mengatakan tentara menembakkan gas air mata, peluru karet dan amunisi aktif ke arah kerumunan pemrotes yang menyerukan diakhirinya blokade Israel. Demonstran juga memotong beberapa bagian pagar kawat berduri perbatasan, tempat sebagian dari mereka berhasil menyusup ke dalam wilayah Israel. Mereka membakar ban dan kembali ke Jalur Gaza.

Baca Juga: 

Indonesia Memasuki Zaman Kolobendu

Pesan Armada Hantu Komunitas Intelijen Terhadap Cina

Cina Sumber Ancaman Konflik Kawasan
Cina Enggan Kendorkan Investasi di Indonesia

Beberapa pegiat yang bertopeng melepaskan balon yang menyala selama protes tersebut, yang mendarat di dalam wilayah Israel dan mengakibatkan kebakaran besar di berbagai pertanian dan tempat pelancongan alam, kata laporan media Israel.
Para pejabat keamanan dan pernyataan militer Israel mengatakan pesawat tanpa awak militer Israel menembakkan dua rudal ke orang Palestina yang memotong kawat berduri perbatasan dan melempar bom rakitan dan granat ke arah tentara, tapi tak ada laporan.

Baca juga: 
Masyarakat yang Pro Pancasila Menurun
Menolak Khilafah, Bukan Berarti Anti Syariat Islam


Sementara itu, salah seorang pemimpin senior Jihad Islam, Khaled Al-Batsh, mengatakan di bagian timur Jalur Gaza bahwa rakyat Palestina akan melanjutkan pawai. “Sampai kami mencapai kemenangan dan mewujudkan sasaran kami,” kata dia kepada wartawan.
Juru Bicara HAMAS di Jalur Gaza, Hazem Qassem juga mengatakan reaksi praktis terhadap ancaman Israel guna mengakhiri Pawai Akbar Kepulangan adalah keikutsertaan rakyat terbesar tanpa akhir. Berbagai upaya yang dilakukan Mesir dan PBB untuk mencapai ketenangan antara Israel dan berbagai faksi pimpinan HAMAS sejauh tidak mencapai kemajuan.
Angkatan Udara Israel pada Jumat menyerang dua sasaran militer HAMAS di bagian utara Jalur Gaza, sebagai reaksi atas kerusuhan Palestina di dekat pagar keamanan perbatasan.

Baca juga: 
Farhat Abbas Laporkan 17 Politikus Nasional ke Kepolisian, Termasuk Prabowo Subianto
Ratna Sarumpaet Akui Operasi

Ratna Sarumpaet: Kita Melawan Gerombolan yang Kekuatannya “Menipu”
Ketua Fraksi Hanura Sebut Prabowo Dipinang Komunis Cina

0
1.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.