nevertalk
TS
nevertalk
Atas Disposisi Anies, Disparbud DKI Fasilitasi Ratna ke Chile


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI kini memastikan pihaknya mensponsori Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile. Dasarnya, Gubernur Anies Baswedan meminta Disparbud memfasilitasi Ratna.

"Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan," kata Plt Kepala Disparbud, Asiantoro, dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat (5/10/2018).

Disposisi itu diteruskan ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD), yang punya tugas mengurusi perjalanan dinas.

"Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Women Playwrights International. Dan dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018," kata Asiantoro.

Acara yang hendak dihadiri Ratna adalah The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile. Letter of invitation acara tersebut telah dikirimkan kepada Ratna tertanggal 17 Oktober 2017. Dalam suratnya, panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Juga mengikuti berbagai kegiatan lainnya.

Sebelum Pemprov DKI memutuskan memfasilitasi Ratna, terlebih dahulu Ratna mengirimkan surat permintaan sponsor kepada Gubernur Anies. Pemprov DKI mendapatkan surat dari Ratna pada 31 Januari 2018, kemudian Anies menerima surat itu pada 19 Februari 2018.

"Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI," kata Ratna.

https://news.detik.com/berita/d-4243...431.1502044441

Ini Surat Permohonan Ratna Sarumpaet ke Anies soal Konferensi di Chile




Saat ditangkap petugas Imigrasi atas permintaan polisi, Ratna Sarumpaet hendak terbang ke Chile untuk mengikuti 'The 11th Women Playwrights International Conference 2018'. Untuk bisa ke acara itu, Ratna mengajukan surat permohonan sponsor kepada Gubernur DKI Anies Baswedan.

Surat itu permohonan sponsor itu dikirimkan Ratna Sarumpaet kepada Anies pada 31 Januari 2018. Dalam surat itu, Ratna mengatakan dia adalah anggota senior di kongres tiga tahunan tersebut.

"Pada tahun 1997, ketika saya dipenjara rezim Orba, para anggota conference inilah yang secara internasional menggerakkan tekanan pada Presiden Soeharto untuk membebaskan saya," ujar Ratna dalam surat itu.

Kepada Anies, Ratna mengatakan di Indonesia cukup langka akan 'perempuan penulis drama'. Dan di sisi lain dia menyatakan telah memperjuangkan kehadiran kongres yang sama pada 2007, yang digelar di Jawa dan Bali.

"Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan meminta kesediaan Bapak mempertimbangkan kemungkinan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chile, Oktober nanti," ujar Ratna.

https://news.detik.com/berita/d-4243...431.1502044441

Kata Plt Kadis Pariwisata DKI soal Biaya Ratna Sarumpaet ke Chile

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Asiantoro akan mengecek kebenaran klaim Ratna Sarumpaet yang kini diamankan polisi. Ratna mengklaim dirinya hendak berangkat ke Chile atas pembiayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI.

"Kalau Disparbud memberikan rekomendasi ke seniman itu adalah hal yang biasa, nggak pilih kasih. Kalau memang prestasinya bagus, pasti kita rekomendasikan untuk dibantu, apakah dia akan konser di luar negeri mana, akan dibantu, selama anggaran ada," kata Asiantoro kepada detikcom, Kamis (4/10/2018).

Kini dia sedang mencari kepastiannya, apakah benar Ratna Sarumpaet dibiayai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menghadiri acara dramawan di Chile atau tidak.

"Saya lagi nyari kebenarannya di kepala seksi saya. Kan saya baru per 5 Juli kemarin jadi Plt. Saya lagi cek dulu, benar atau tidak," kata Asiantoro.

Dia menjelaskan Pemprov DKI punya anggaran yang bisa dicairkan untuk seniman yang dianggap layak diberangkatkan ke suatu acara di luar negeri, bahkan untuk konser di luar negeri. Pihak dinasnya bisa memberikan rekomendasi semacam itu ke Biro Administrasi Keuangan Sekretaris Daerah (AKAS) DKI.

"Kalau Ratna Sarumpaet kan memang senior, sudah senior dia ini. Tapi saya lagi nyari, kapan dia dikirim," kata dia.

https://news.detik.com/berita/d-4242...mpaet-ke-chile




SATU ORANG AJA BISA BIKIN GEGER SATU NEGARA
KUBU NO 2 KENA GETAHNYA

SEKALINYA BERBOHONG, AKAN SELALU BEGITU

WOWO HARUS BENER2 BERSIHKAN PENYUSUP
KALO MAU DIPERCAYA PUBLIK LG

KUDU BERSIHKAN SI JENGGOT, ZONK, FUCKRI JG

emoticon-Matabelo
Diubah oleh nevertalk 04-10-2018 23:20
2
7.6K
109
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.