junleonAvatar border
TS
junleon
Pakai Headset Saat Berkendara, Bisa Bikin Koit Loh!
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Yang namanya musiksekarang ini memang tak dapat dipisahkan dengan kehidupan orang-orang. Mulai dari acara kecil seperti hajatan hingga kegiatan sehari-hari, musik sudah menjadi bagian yang tak dapat ditinggalkan. Memang betul, mendengarkan musik kesukaan terbukti ampuh banget untuk mengusir rasa bosan. Namun, belakangan ini rasa ketergantungan akan musik sepertinya sudah semakin parah saja.

Bahkan, tidak jarang para pengendara sepeda motor menggunakan headset ketika di perjalanan. Padahal faktanya, menggunakan headset saat berkendara adalah aktivitas yang cukup bahaya banget gan. Emang apasih alasanya, sampai bisa bikin celaka dan bahkan bikin RIP alias koit? Padahal cuma dengerin musik? Eits, jangan anggap remeh gan. Ini alasannya!

Pengalih Perhatian

Memakai earphone, earbuds, ataupun alat bantu dengar yang lainnya jelas terbukti dapat meningkatkan pengalihan perhatian seseorang walaupun hanya mengenakan di sebelah telinga. Dengan demikian perhatian serta fokus Agan waktu menyetir dapat terganggu sebab perhatian Agan hanya tertuju pada suara musik yang dihasilkan oleh earphone Agan.

Mengganggu Kendaraan Lain

Saat Agan mendengarkan musik dengan keras memakai headset di kedua telinga Agan waktu berkendara, itu dapat beresiko mengganggu laju kendaraan darurat yang hendak lewat gan. Agan tak dapat mendengar suara sirine ambulan ataupun mobil polisi yang ingin prioritas lalu lintas di jalan. Agan tentunya tak ingin membahayakan orang lain sebab kebiasaan buruk Agan ini, bukan?

Memblokir Pendengaran

Mengenakan salah satu buah headset saja sudah bikin bahaya, apalagi jika memakai headset di kedua lubang telinga. Apalagi kalau Agan mengenakan earphone sampil menyalakan fitur noise cancellation yang dapat memblokir masuknya suara dari luar. Agan jadi tak dapat mendengar petunjuk-petunjuk yang ada di jalanan, contoh saja suara klakson kendaraan-kendaraan lainnya, atau parahnya sampai tak dengar ada kereta api mau lewat, ihh serem.

Dapat Mempengaruhi Kecepatan

Biasanya, dengan alasan untuk mengusir rasa ngantuk di jalan, orang-orang mendengarkan musik dengan tempo cepat. Yang mana hasilnya, pengendara tanpa sadar akan menyesuaikan kecepatan motor dengan tempo musik tersebut. Motor pun akan bergerak lebih cepat serta mungkin Agan tak menyadari hal tersebut. Ngebut di jalan raya itu tak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang lain disekitar gan.

Tidak Baik Untuk Pendengaran

Memakai headset dalam waktu yang cukup lama, apalagi kalau dengan volume yang keras tentu dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan indra pendengaran Agan. Resiko kesehatan yang dapat terjadi ialah menurunnya daya pendengaran, atau rusaknya gendang telinga, sampai resiko terkena setrum waktu headset yang terbuka kabelnya kena basah oleh keringat Agan.

Kalau Agan mau pakai headset diperjalanan, mending naik angkutan umum aja ya.



Diubah oleh junleon 17-03-2022 08:49
0
16.9K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.