venomwolfAvatar border
TS
venomwolf
Indonesia Bisa Tak Berdaya Jika Rupiah Tembus Rp16.000/USD,Multi Krisis Bakal Mencuat
KONFRONTASI-Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika terus melemah. Menurut mantan anggota DPR Habil Marati, hal tersebut bisa memicu multikrisis di tubuh bangsa ini.

Bahkan ia memprediksi pemerintah tidak akan berdaya jika nanti kurs Rupiah tembus Rp16.000/USD.

"Indonesia akan menyerah pada kurs Rp.16000 dengan harga minyak mentah 75 usd/ barrel," katanya melalui pesan singkatnya pada redaksi, Kamis (4/10/2018).

Pelemahan rupiah tersebut, kata dia, akan diikuti dengan naiknya harga bahan baku industri, dan anjloknya kapasitas produksi.

Buntutnya, kata dia, terjadi PHK massal dan karyawan di rumahkan, liquiditas Bank anjlok, NPL meningkatkan, seku bunga antar bank tinggi sekali.

"Dari sisi pemerintah jatuh tempo hutang pokok dan bunga pemerintah gagal bayar, terjadi multi krisis termasuk krisis politik," tandasnya.(mr/konf)


http://www.konfrontasi.com/content/ekbis/indonesia-bisa-tak-berdaya-jika-rupiah-tembus-rp16000usd-multi-krisis-bakal-mencuat


Hariman Siregar: Krisis Terjadi Jika Dolar Tembus Rp16 Ribu

Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivis era Orde Baru Hariman Siregar memperkirakan Indonesia bakal diterpa krisis ekonomi jika nilai tukar Rupiah melemah hingga 16-17 ribu per Dolar Amerika.

Hariman menganggap sebagian besar uang di pasar saham di Indonesia adalah milik investor asing. Mereka akan dengan cekatan menarik uang ketika Rupiah semakin tidak berharga dihadapan Dolar AS.

Walhasil, uang menjadi langka dan krisis ekonomi tak bisa terhindarkan.


"Jadi yang ditakutkan saat ini adalah kalau nanti Dolar pecah ke Rp17 ribu, atau Rp16 ribu. Pasti orang-orang menarik uang lalu krisis ekonomi," ujarnya di kantor Indonesia Law Enforcement Watch (ILEW), Jakarta, Selasa (29/8).

Lihat juga:Rupiah Terkapar, Fadli Zon Berharap Tak Ada Huru-hara

Hariman menyesalkan pemerintah ketika membolehkan pihak asing membeli surat utang negara. Menurut Hariman, ada dampak buruk dari kebijakan tersebut jika nilai tukar Rupiah semakin loyo.

"Padahal di dunia manapun tidak boleh. Kalau bule-bule itu buang surat utang negara, itu akan lebih parah dari [krisis moneter] tahun '97," ujar Hariman.

Hariman Siregar adalah aktivis mahasiswa yang aktif medio 1970an silam. Dia sempat bekerja sama dengan Ali Moertopo menghentikan dominasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di lingkungan Universitas Indonesia (UI).

Namun, Hariman justru membelot dengan mendemo pemerintah lantaran terlalu memberikan ruang investasi kepada pihak asing. Dia adalah salah satu aktor demonstrasi saat peristiwa Malapetaka 15 Januari (Malari) 1974 terjadi di Jakarta.

Lihat juga:Hariman Siregar: Pancasila Jangan Dijadikan Alat Gebuk

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono lalu menambahkan apa yang disampaikan Hariman. Ferry menganggap saat ini Indonesia sudah mengalami gejala krisis ekonomi. Menurut Ferry, pelaku pasar modal akan menarik sahamnya ketika nilai tukar Rupiah menyentuh 15 ribu per Dolar AS.

"Angka 15 ribu itu angka psikologis yang bisa membuat orang-orang takut lalu menarik uang," kata Ferry.

Politikus Gerindra Ferry Juliantono menganggap Indonesia sudah mengalami gejala krisis ekonomi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jika para investor menarik modalnya, maka krisis ekonomi pasti terjadi. Ferry, yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran itu pun menilai krisis bisa lebih besar daripada tahun 1998 lalu.

Ferry menganggap 1998 lalu perekonomian masyarakat Indonesia di khususnya unit usaha kecil, menengah, dan koperasi cenderung kuat. Dia menilai fenomena itu Berbeda dengan saat ini, sehingga krisis moneter berpotensi lebih pelik.

"Dulu '98 itu masih ada yang menahan. Koperasi kecil dan menengah itu kuat. Saat ini kondisi koperasi kecil dan menengah karena jauh hari relatif mati jadi enggak ada lagi yang menopang," kata Ferry.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180829082021-32-325723/hariman-siregar-krisis-terjadi-jika-dolar-tembus-rp16-ribu
-1
2.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.