• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Alat Telekomunikasi Yang Dahulu Menjadi Primadona, Namun Kini Tinggal Kenangan

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Alat Telekomunikasi Yang Dahulu Menjadi Primadona, Namun Kini Tinggal Kenangan


Dalam dunia telekomunikasi pastinya kita akan mengenal beberapa alat yang dahulu menjadi primadona, namun semakin berkembangnya zaman maka alat-alat untuk berkomunikasi yang disediakan pemerintah dan juga perorangan pun kini hanya tinggal cerita.



Memang zaman pasti akan berubah, alat komunikasipun semakin canggih dan juga banyak berinovasi dengan perangkat telekomunikasi terbaru. Untuk agan yang ingin bernostalgia dengan perangkat komunikasi silahkan baca thread ini hingga tuntas, semoga saja akan menimbulkan kenangan layaknya kenaangan bersama sang mantan.

Apa saja alat komunikasi yang menjadi primadona di masa lalu ?

Telepon Koin



Telepon memang alat komunikasi yang menjadi primadona, namun ada sebuah telepon yang menjadi primadona masyarakat di masa lalu yaitu telepon koin. Telepon umum ini menggunakan koin atau uang koin sebagai alat pembayarannya. Biasanya pecahan koin yang digunakan oleh masyarakat pada waktu itu adalah pecahan 200, 500, dan 1000 rupiah. Untuk waktu berbicaranya sendiripun sebenarnya tergantung pada nominal koin yang dimasukkan. Misalkan pembicaraan berakhir sebelum tarif mencapai nominal koin dimasukan, maka perangkat telepon umum koin itu akan secara otomatis mengeluarkan koin sejumlah sisa kembaliannya. Untuk mengetahui nilai nominal koin yang digunakan ketika agan menelopon maka di layar di telepon tersebut akan menampilkan durasi pembicaraan dan nominal rupiah yang telah di keluarkan.

Agan bisa melihat layar yang berkedip-kedip menunjukkan angka 0000 ketika pembicaraan akan segera berakhir itu tandanya si pengguna harus memasukkan kembali koin untuk bisa meneruskan pembicaraan. Namun bila tidak dapat menaruh gagang telepon ketempatnya semula dan pembicaraan pun berakhir.

Telepon koin ini sangat digemari oleh anak remaja di masa lalu, biasanya mereka berpacaran dengan malu-malu dan telepon koin digunakan hanya untuk melepas rindu dengan menelepon kekasih dari jarak jauh. Bahkan ada saja yang nakal dengan menggunakan koin yang digantung dengan tali, hingga agan bisa menelepon gratis dengan mengakali perangkat telepon tadi.

sumber

Pager



Ini adalah alat sebagai cikal bakal sms di masa depan pada smartphone, pager sebenarnya alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.

Dahulu mereka yang mempunyai alat ini adalah eksekutif muda dan para pebisnis yang sering mobile di lapangan, pager sangat di perlukan oleh mereka untuk menerima info penting karena susahnya mencari telepon umum di wilayahnya.

Selain menjadi barang yang mahal, pagerpun sempat menjadi trend kawula muda yang gaul karena mereka yang membawa pager terlihat orang berduit dan keren pastinya.

sumber

Walkie Talkie



Alat ini dari dahulu hingga saat ini pun masih digunakan terutama untuk mereka yang bekerja secara team, seperti security, polisi, TNI dan juga masyarakat sipil yang sedang berada di wilayah tertentu yang butuh menggunakan walkie talkie.

Sebenarnya secara simple alat ini adalah untuk komunikasi genggam tanpa jaringan provider layaknya telepon, alat ini dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio.

Kebanyakan walkie talkie hanya digunakan biasanya melakukan pembicaraan ataupun mendengar. Maka dari itu Walkie Talkie pun dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Namun ada kelemahan dari Walkie talkie sendiri hanya bisa digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km sedangkan kelebihannya alat komunikasi ini tidak menggunakan biaya pulsa seperti menelpon. Hingga saat ini alat ini pun masih dibutuhkan.

Namun yang menjadi kenangan walkie talkie jadul yang bentuknya menyerupai batu bata dengan beratnya yang lumayan, setidaknya saat itu bila agan memiliki walkie talkie pastinya dapat dikatakan kerja di bagian militer loh..

sumber

Interkom



Fungsinya mirip dengan walkie talkie berbasis gelombang radio, dan di masa lalu sangat digemari hingga kode-kode dari pembicaraan khas militer pun sering digunakan. Bahkan pembicaraan orang dari luar pun bisa kita dengar, sebenarnya Interkom sendiri kepanjangan dari intercommunication device atau peralatan komunikasi internal.

Interkom adalah sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi yang terbatas.

Bahkan Interkom sering disebut juga interphone atau intertelepon, namun memakai sebuah kabel, nah kabel itu dinamakan kabel Beudrat. Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan suara dari pesawat interkom yang satu ke pesawat interkom lainnya. Untuk di masa sekarang interkom pun menjadi lebih canggih bentuknya yang dinamakan handie talkie ( HT ).

sumber

Handphone



Kemudian ini adalah cikal bakal smartphone saat ini, handphone pertama kali keluar adalah barang yang mahal dan hanya di miliki oleh orang-orang borjuis saja. Modelnya pun besar-besar dengan ring tone yang terbatas, handphone memang perubahan yang cukup dinamis dari dunia telekomunikasi.

Mengenai perangkat telekomunikasi yang satu ini memang sangat unik, HP ini mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun kelebihannya dapat dibawa ke mana-mana. Saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

Hand phone pun memang menjadi primadona anak muda yang senang dengan kecanggihan zaman hingga hand phone pun berubah fungsi tidak hanya untuk menelepon saja namun bisa untuk sms, bermain game, mendengar radio, berfoto ria, internet dll hingga ia pun kini disebut smartphone. Dan barang ini pun menjadi barang yang wajib dimiliki semua orang, tidak hanya dimiliki oleh orang borjuis saja namun seluruh lapisan masyarakat membutuhkan HP

sumber

Itulah alat komunikasi yang sempat menghiasi kehidupan kita di masa lalu, namun menjadi kenangan indah di masa sekarang, monggo serupuutt dolo



c4punk@2018

Diubah oleh c4punk1950... 03-10-2018 00:28
0
12.3K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.