D.B.AAvatar border
TS
D.B.A
Liburan ke Jepang Part 1 : Persiapan | Tips Low Budget Traveller & Estimasi Biaya
Apakah liburan ke Jepang itu mahal? Big no! Di thread kali ini ane mau cerita pengalaman waktu ke Jepang bulan Februari lalu, yang sangat sangat low budget wahaha



Foto di atas waktu ane baru mendarat banget di Bandara Internasional Kansai emoticon-Big Grin

Oke jadi langsung aja, yang mau dibahas sekarang adalah persiapan. Apa aja yang harus disiapin, lalu biaya dan lain sebagainya akan ane bahas di sini

Persiapan Tiket

Yang pertama harus disiapin tentu saja tiket, yakali mau berangkat tapi ngga ada tiket emoticon-Frown
Nah untuk urusan tiket ini, sebaiknya dibeli ketika lagi promo dan dari jauh - jauh hari. Beberapa maskapai itu secara rutin mengadakan semacam bazar gitu, nah saat bazar inilah waktu yang tepat untuk beli tiket, karena harga bisa turun sampe sekitar sejutaan atau bahkan lebih. Tapi ada juga nih diskon - diskon yang datangnya dadakan, diskon yang semacam ini bisa didapetin infonya kalau kita subscribe ke newsletter maskapai yang bersangkutan. Dan.. diskon dadakan ini yang biasanya lebih gede potongannya, karena waktunya pun ga lama dan tiketnya terbatas.

Nah cerita dikit nih, ane beli tiket di bulan Desember 2016, niatnya untuk berangkat September 2017, tapi karena satu dan lain hal, keberangkatan diundur ke Februari 2018. Sebenernya waktu beli tiket, modalnya hanya nekat karena kebetulan lagi ngga ada uang hahaha. Tapi karena udah pengen banget, dan kebetulan dapet harga yang tergolong sangat murah, jadi akhirnya memutuskan untuk beli aja hahaha.


Quote:



Oh iya waktu itu ane terbang langsung dari Bandung, ngga lewat Bandara Soekarno Hatta emoticon-Big Grin
Rutenya itu Husein Sastranegara Intl. Airport - Kuala Lumpur Intl. Airport 2 (Transit) - Kansai Intl. Airport

Persiapan Dokumen

Selanjutnya, tentu dokumen - dokumen yang dibutuhkan, atau simpelnya adalah paspor sama visa.

Jadi, Jepang itu termasuk ke negara yang bebas visa, tentunya dengan syarat kita memiliki e-paspor. Jadi ane memutuskan untuk bikin e-paspor aja biar ngga usah ribet ngurus visanya. Nah tapi bebas visa di sini bukan berarti ngga ngurus visa sama sekali ya, bebas visa yang dimaksud itu ngga perlu ngajuin dokumen ini itu, lalu wawancara dan segala macem seperti pengajuan visa pada umumnya. Temen - temen ane banyak yang ngira bahwa bebas visa itu artinya ngga perlu ngurus visa sama sekali, makanya ane jelasin dikit hahaha.

Nah, buat bikin e-paspor itu emang membutuhkan effort lebih kalau untuk orang yang domisilinya di luar Jakarta, Surabaya atau Medan, karena e-paspor hanya bisa dibuat di kota - kota yang ane sebutkan tadi. Karena ane orang Bandung, jadi berangkatlah ke Jakarta untuk bikin e-paspor (ane bikin di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soekarno Hatta, kebetulan antrian paspornya terbilang kosong dibanding kantor imigrasi kelas 1 lainnya)

Setelah jadi e-paspornya, barulah ngurus visanya ke Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Prosesnya gampang banget, masuk, isi form, dipanggil, kasihin e-paspor ke tellernya, udah deh beres. Besoknya sekitar jam 2an udah bisa diambil. Jadi hanya butuh waktu 1 hari dan ngga ada biaya apapun emoticon-Big Grin

Persiapan Penginapan

Nah untuk penginapan, jangan berpikiran untuk nginep di tempat yang fancy dengan segala macam fasilitas ya. Buat sebuah mindset "penginapan hanya untuk tidur, sisanya di luar" hahaha. Untuk menekan biaya, cari penginapan yang tipenya 1 kasur aja. Jadi nanti nginepnya itu di dalem kamar dengan beberapa kasur bertingkat gitu. Udah dipastikan jauh lebih murah ahaha (oh iya untuk biaya nanti di bawah ya sekalian semuanya).

Tips selanjutnya adalah pilih penginapan yang lokasinya agak ke pinggir, harganya cenderung lebih murah dibanding tengah kota banget.

Waktu itu ane ngunjungin 2 kota, Osaka sama Kyoto, yang emang untuk masalah biaya ngga semahal Tokyo (tetep aja mahal sih wkwkw).

Perlu diketahui juga, transportasi di Jepang itu enak dan gampang banget, jadi jangan takut dengan penginapan yang agak ke pinggir kota dengan alasan susah untuk kesana kemari, buang jauh pikiran seperti itu hahaha.

Persiapan Itinerary

Nah ini, salah satu yang menurut ane harus ada, biar ngga jalan - jalan buta ahahaha.

Pertama tentuin dulu tempat yang emang pengen banget didatengin, baru setelahnya ke tempat - tempat yang kalau search di google tulisannya must visited place in blablabla ahahaha.

Beres dilist, pake google mapsnya guys untuk nyatet lokasi - lokasi tempatnya.

Udah ketauan nih lokasinya, baru bikin jalurnya, yang sekiranya deket bisa digabungin jadi hemat waktu juga ahaha. Dan ane sarankan nih, dalam sehari itu maksimal 3 aja yang dikunjungin, biar bisa nikmatin waktu dan ngga buru - buru di jalannya. Hilangkan pikiran dalam sehari harus kejangkau banyak tempat (ane pribadi sih gini, gatau kalau yang lain), apalagi pikiran untuk update media sosial di berbagai tempat, please kita liburan untuk nyenengin diri sendiri bukan untuk media emoticon-Frown(tapi bebas sih ini preferensi masing - masing hahaha).

Nah sampe itinerary ini selesai, persiapan untuk liburan menurut ane beres secara garis besar. Persiapan lain seperti di sana internet pake apa, transportasi gimana, dan lain - lain akan dibahas di thread selanjutnya emoticon-Big Grin

Estimasi Biaya

Nih ane kasih biaya waktu kemaren caw ke Jepang (Osaka-Kyoto). Ini udah dikonversi ke rupiah ya, dan dibuletin biar enak hahaha

Tiket PP
2.800.000++

Penginapan Osaka
230.000++ / malam

Penginapan Kyoto
210.000++ / malam

E-Paspor
655.000 + Biaya PP Jakarta
mycroft_holmes
tata604
nunu403
nunu403 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
29.8K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan Mancanegara
icon
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.