bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Ini Kumpulan Hoaks Pasca Gempa Sulteng, Termasuk Soal FPI Evakuasi Korban



MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejatinya bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu memunculkan rasa empati. Sayangnya masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan sejumlah berita bohong atau hoaks.


Hal itu diungkapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menemukan sejumlah berita hoaks yang berkaitan dengan bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala, Palu dan Mamuju.

“Kami punya 70 tim verifikator untuk melakukan klarifikasi dan verifikasi setiap isu yang oleh mesin pengais disinyalir sebagai hoaks,” kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu di Jakarta, Selasa 2 Oktober 2018.


Contoh hoaks yang beredar di jaringan internet baik melalui situs maupun media sosial dan platform pesan tersebut seperti kabar meninggalnya Wali Kota Palu, Hidayat meninggal. Padahal, faktanya yang bersangkutan tidak meninggal dan kini turut melakukan aksi tanggap darurat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah.


Kabar bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa retak juga merupakan hoaks karena faktanya bendungan tersebut dalam keadaan aman dan terkendali setelah dilakukan pengecekan oleh pihak Polsek Mamuju Gowa.

Terdapat juga korban musibah yang merupakan foto kejadian gempa tsunami aceh 26 Desember 2004, tetapi disebarluaskan kembali sebagai dokumentasi korban gempa dan tsunami di Palu. Kemudian bakal adanya gempa bumi susulan juga merupakan hoaks.


Menurut Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melakukan konfirmasi tidak ada satu pun negara di dunia dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti.

Hoaks berikutnya adalah beredarnya foto gerak cepat relawan Front Pembela Islam (FPI) yang melakukan evakuasi korban gempa Palu. Faktanya dalam gambar yang beredar, relawan FPI membantu korban longsor di Desa Tegal Panjang, Sukabumi.

Begitu juga dengan informasi penerbangan gratis dari Makassar menuju Palu gratis untuk keluarga korban merupakan berita bohong karena pesawat Hercules TNI AU yang menuju ke Palu diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat-obatan, makanan siap saji, dan alat berat.


Sedangkan pemberangkatan dari Palu diprioritaskan untuk mengangkut pengungsi diutamakan lansia, wanita dan anak-anak serta pasien ke Makassar.

Atas maraknya berita hoaks yang beredar tersebut, Kominfo mengimbau seluruh masyarakat tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak jelas sumbernya.

Apabila menemukan informasi yang diduga mengandung hoaks, masyarakat dapat melaporkannya melalui laman aduankonten.id, email aduankonten@kominfo.go.id atau akun twitter @aduankonten. (Rayyan Bahlamar).



sumber

[url=Ini Kumpulan Hoaks Pasca Gempa Sulteng, Termasuk Soal FPI Evakuasi Korban][b]Ini Kumpulan Hoaks Pasca Gempa Sulteng, Termasuk Soal FPI Evakuasi Korban[/b][/url]

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.