andika.1stravelAvatar border
TS
andika.1stravel
Ini Para Penjaga Perut Ribuan Pengungsi dan Relawan di Palu


Ini Para Penjaga Perut Ribuan Pengungsi dan Relawan di Palu

Palu - Proses evakuasi korban bencana gempa 7,4 magnitudo di Palu, Sulawesi Tengah, menguras energi para relawan dan TNI/Polri. Jauh dari lokasi itu, puluhan orang juga tengah sibuk, berburu waktu, memastikan perut mereka yang di lokasi gempa tetap terjaga aman.

Di belakang Korem XIII/Merdeka Tadulako, Palu, Sulteng, Kolonel CBA Frans Surya Ginting dari Kabengdam XIII/ Merdeka Manado, tengah memegang penggorengan dan sedang memasak tempe di sebuah wajan besar.

Di sisi lainnya, puluhan pasukan TNI tengah memotong daging, memasak air, dan memasak nasi dan memasukkannya ke dalam pembungkus. Pukul 06.30 WITA, 3000 nasi bungkus harus segera dikirimkan ke lokasi pengungsi di lapangan.

"Kami menargetkan 9 ribu makanan tersebar setiap harinya dari dapur ini," kata Frans saat berbincang dengan detikcom, Selasa (2/10/2018).

Jumlah mereka sekitar 60 orang, terdiri dari personel TNI AD, gabungan Divisi 1 Kostrad dan pasukan TNI AD Lainnya. Frans mendapatkan tugas, ketepatan waktu pengiriman makanan harus tepat. Di dapur dadakan berukuran 20 meter persegi itu, sudah berdiri banyak peralatan masak, mulai dari,panci, wajan, pisau, termasuk berkarung-karung beras, daging, tempe, bawang putih dan merah.

Frans bercerita, kesulitannya adalah soal kepastian bahan pokok yang masuk ke Palu, serta ketersediaan air bersih.

"Kesulitannya dari awal pasca bencana semua sulit. Baik listrik, PDAM, perekonomian tidak berfungsi dan ini masih pake genset," kata dia.

Namun, Frans menyebut makanan yang dibuat timnnya tidak kalah dengan masakan rumah lainnya. Masakan mereka dijamin memiliki rasa da bergizi.

"Semua punya spesialiasi. Bahkan setiap orang bisa masak di sini. Ada tukang potong daging, tukang masak nasi dna sebagainya," kata dia.

________

Tetap semangat pak emoticon-Swedia
0
1.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.