News
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bb182f42e04c8944d8b4567/anthonius-gunawan-rela-korbankan-nyawa-demi-penumpang-pesawat
Kondisi menara ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu pascagempa. (Foto: Kompas.com) Palu - Peristiwa gempa bumi di Palu, menyisakan kisah heroik seorang petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Mutiara Sis Al Jufri. Anthonius Gunawan Agung, rela mengorbankan nyawa demi penumpang pesawat bisa terbang dengan selamat. Saat gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang Palu, pesawat Batik hendak lepas landa
Lapor Hansip
01-10-2018 09:14

Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat

Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Kondisi menara ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu pascagempa. (Foto: Kompas.com)

Palu - Peristiwa gempa bumi di Palu, menyisakan kisah heroik seorang petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Mutiara Sis Al Jufri. Anthonius Gunawan Agung, rela mengorbankan nyawa demi penumpang pesawat bisa terbang dengan selamat.

Saat gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang Palu, pesawat Batik hendak lepas landas dari Bandara Mutiara Sis Al Jufri. 

Saat itu Anthonius Gunawan Agung, petugas ATC sedang memandu agar pesawat bisa lepas landas.

Akibat mengemban tugas inilah, Agung tak sempat menyelamatkan diri dan memilih melompat dari menara pengawas bandara.

"Beliau belum dapat turun karena pesawat belum take-off. Beliau menunggu pesawat Batik hingga airborne. Setelah pesawat airborne, kondisi gempa sudah semakin kuat. Beliau akhirnya memutuskan melompat dari cabin tower (lantai empat).

Akibatnya, beliau mengalami patah kaki," ungkap Direktur AirNav Indonesia, Novie Riyanto melalui keterangan tertulis kepada pers.

Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat

Agung yang mengalami luka patah tulang di sekujur tubuhnya sempat akan dibawa ke Balikpapan. Namun sebelum berangkat dengan helikopter, Agung sudah meninggal dunia. 

Jenazah Agung akhirnya diserahkan kepada pihak keluarga di Makassar. Atas dedikasinya memastikan keselamatan penerbangan, AirNav Indonesia pun memberikan penghargaan dengan menaikkan pangkat Agung dua tingkat.

“Safe flight Batik Air... Take Care“

Aksi Agung yang rela mengorbankan nyawa demi menyelamatkan penumpang mendapat apresiasi dari pilot Batik Air yang melakukan kontak terakhir dengannya. Melalui akun Instagram miliknya @Icoze_ricochet menceritakan kata terakhir Agung saat roda pesawat Batik Air terangkat dari landasan.

”Batik 6231 runway 33 clear for take off’. This was his last transmission to me then we replied. 

Thank you for keeping me and guarding me till I’m safely airborne. Then he jumped out of tower broke his leg and arm. Wing of honor for Anthonius Gunawan Agung as my guardian angel at Palu. Rest peacefully my wing man. God be with you,“
 tulis Sang Pilot.


Jasa Agung mengemban tugas mendapat apresiasi dari warga net. Tak sedikit yang menyebutnya sebagai pahlawan dengan mencantumkan tagar #RIPAnthoniusGunawanAgung.

Selengkapnya: Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Diubah oleh batamnews
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Lapor Hansip
01-10-2018 11:49
Balasan post nenen.binal
Al Fatihah sent emoticon-Smilie
Sehat pret,,? lama ga liat ente nongol.. Hehe
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 11:55
Rest in peace brother ... emoticon-rose
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 12:13
Hero
emoticon-Matabelo
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Lapor Hansip
01-10-2018 12:30
Balasan post rajakadall
Quote:Original Posted By rajakadall
bravo, pengabdian dan pengorbanan yg tulus bagi masyarakat
di tengah rejim yg penuh pencitraan tipu muslihat dan korbankan rakyatnya


ini contoh manusia laknat hatinya busuk emoticon-Embarrassment

musibah kemanusiaan gini masih dipolitisasi emoticon-Embarrassment

takutlah sama Allah, Dia Maha Teliti dan semua perbuatan, ucapan akan dipertanggungjawabkan di hari akhir emoticon-Embarrassment

gw gk tau, lo kubu mana, ntah nastak atau nasbung, atau malah buzzer tukang adu domba, atau troller yang dipelihara, tapi semua ucapan lo akan dimintai pertanggungjawabannya di hari akhir emoticon-Embarrassment
1 0
1
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Lapor Hansip
01-10-2018 12:31
Balasan post ndimie2006
Quote:Original Posted By ndimie2006
Al Fatihah sent emoticon-Smilie Sehat pret,,? lama ga liat ente nongol.. Hehe


hamdalah, sehat emoticon-shakehand emoticon-Embarrassment

semoga ente juga sehat emoticon-Embarrassment
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Lapor Hansip
01-10-2018 12:36
Balasan post rajakadall
semoga abis ini ente dan keluarga ente spt mak ente, bapak ente, mak gelap simpanan bapak ente, kena azab ya blok, pingin liat apakah ente bisa ngomong seperti ini lagi..
0 2
-2
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 12:37
Quote:Original Posted By aaa84aaa
semoga abis ini ente dan keluarga ente spt mak ente, bapak ente, mak gelap simpanan bapak ente, kena azab ya blok, pingin liat apakah ente bisa ngomong seperti ini lagi..


Khusus buat orang yg me politikan bencana orang laen

emoticon-Angkat Beer
0 2
-2
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 12:38
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 12:46
pas lg urus pesawat pas gempa juga ya ? emoticon-Berduka (S)
0 1
-1
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 12:52
klo ga lompat mgkn malah hidup deh
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
Lapor Hansip
01-10-2018 14:06
Balasan post thanosjing
Quote:Original Posted By thanosjing
klo ga lompat mgkn malah hidup deh


Itu lantai paling atasnya kan rubuh. Ketimpa juga dia kalau ga lompat. Lagian lagi kondisi gitu susah berfikir jernih. Sama kayak orang2 yang lompat pas kejadian 9/11. Lagian gua kok ga pernah liat ya ada tangga darurat di control tower bandara
1 0
1
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 14:58
Quote:Original Posted By codimo
perasaan bani kardus jauh ebih menipu masyarakat indonesia emoticon-Angkat Beer


Masa sihemoticon-Big Grin
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
2 1
1
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 15:58
Klo ga lompat gmn ya gan itu kan tinggi 4 lantai emoticon-Frown
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 17:08
The Real Hero :siapgan
Sementara Doi Menyelamatkan Puluhan Orang,:tepuktangan
dan Sebagian lagi Bigot disini Mengajak Mati Ratusan sampe teriak TRUK BIRemoticon-Angkat Beer

RIP Broemoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
2 2
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 19:30
Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan YME dan ditempatkan di tempat terbaik di sana... emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 19:36
Quote:Original Posted By antost
Klo ga lompat gmn ya gan itu kan tinggi 4 lantai emoticon-Frown


gak tau ane gan, wong menaranya ambruk gitu
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 20:10
Ini baru mati sahid, ga seperti sebelah yang selalu gembar gembor untuk mati sahid tapi ga ada pengorbanan seperti yang petugas atc ini berikan.
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 20:35
Kisah keren.. Profesional dan penuh pengabdian terhadap tugasnya.. A Hero..
RIP.. emoticon-Turut Berduka

0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 21:00
Salut..masih memikirkan keselamatan orang lain walaupun keadaan darurat.,tindakan nyata bukan koar2 terus kabur..
0 0
0
Anthonius Gunawan, Rela Korbankan Nyawa Demi Penumpang Pesawat
01-10-2018 23:42
Quote:Original Posted By rajakadall
bravo, pengabdian dan pengorbanan yg tulus bagi masyarakat
di tengah rejim yg penuh pencitraan tipu muslihat dan korbankan rakyatnya


Quote:Original Posted By codimo
perasaan bani kardus jauh ebih menipu masyarakat indonesia emoticon-Angkat Beer


orang lg beduka malah di kaitin sama politik, dongok dasar. emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia