• Beranda
  • ...
  • Computer Stuff
  • [COC] Mahasiswa Tingkat Akhir Backup File Skripsi Kalian di Google Drive #AslinyaLo

rendyconanAvatar border
TS
rendyconan 
[COC] Mahasiswa Tingkat Akhir Backup File Skripsi Kalian di Google Drive #AslinyaLo




Halo semuanya, balik lagi sama gue dan kali ini gue mau membahas hal-hal yang berbau teknologi. Gue mau membagikan sedikit pengalaman yang cukup membantu untuk mahasiswa tingkat akhir atau bagi kalian yang saat ini sedang dalam masa mengerjakan skripsi. Mengapa gue membuat thread ini? Karena ketika gue kuliah saat itu masih banyak dari mereka yang tidak menggunakan cara ini. Biasanya file skripsi hanya disimpan di dalam flashdisk saja dan juga di dalam komputer/laptop yang digunakan emoticon-EEK!

Pernah kejadian suatu kali, ketika gue bersama teman satu perjuangan ingin mengerjakan bersama. Dia lupa tidak membawa flashdisk karena filenya ada di dalamnya sehingga sangat disayangkan bukan masa hanya karena lupa jadi tidak bisa ngerjain ketika di luar rumah. Nah, mungkin dari kalian juga ada yang sedang menghadapi tugas akhir atau skripsi ini. Maka dari itu, gue akan memberikan sedikit tips untuk melakukan backup file. Langsung saja deh ya! emoticon-Peace





Sumber gambar: milik pribadi saat TS dinyatakan lulus sidang

Foto tersebut diambil saat gue mendapat gelar S. Kom (Sarjana Komedi). Komputer sih, pastinya banyak dari kalian yang tidak menyangka kalau TS lulusan Komputer. Tips sederhana untuk backup file skripsi ini mungkin diambil dari cara termudah. Pastinya banyak juga dari kalian yang sudah mengerti dan tahu soal Google Drive ataupun Dropbox. Kita dapat menggunakan media tersebut untuk melakukan backup berbagai macam data-data penting yang pastinya dengan adanya jaringan internet kita kapanpun dan dimanapun dapat membuka file penting tersebut emoticon-thumbsup

Kalau seperti ini tidak usah repot kalau flashdisk atau harddisk eksternal tertinggal karena data kalian sudah disimpan di tempat yang sangat tepat. Hanya butuh koneksi internet data kalian bisa dibuka. Gue mau memberikan sedikit masukkan dan tips untuk kalian yang saat ini mungkin masih menggunakan flashdisk untuk data penyimpanan. Lebih baik backup juga data kalian di dalam Google Drive karena kalian tidak pernah tahu bisa saja komputer/laptop bahkan flashdisk bisa saja bermasalah suatu saat nanti emoticon-Takut (S)

Penyimpanan di dalam Google Drive pun lumayan lho bisa sampai 15 GB sehingga bisa memuat cukup banyak file penting. Ikuti langkah di bawah ini untuk menyimpan data penting (tugas akhir atau skripsi) kalian:



Masuk terlebih dahulu ke email kalian, pastikan kalian sudah memiliki gmail terlebih dahulu. Kemudian klik aplikasi google (lingkaran merah) dan pilih drive (kotak merah).



Kemudian akan masuk ke tampilan drive kalian, ikuti langkah seperti pada gambar untuk melakukan upload file yang ingin kalian upload. Kotak merah menginformasikan berapa besar kapasitas file yang sudah dimiliki dalam Google Drive.





Setelah selesai terupload maka file akan terlihat seperti pada gambar. Silahkan mencoba dan selalu backup file penting kalian. Terutama untuk mahasiswa tingkat akhir jangan biarkan file skripsi yang sudah dikerjakan semaleman bahkan hingga tidak tidur lenyap begitu saja. Kan gak lucu, simpan dengan aman di dalam Google Drive emoticon-thumbsup




Demikian tips sederhana dari TS yang juga melakukan hal yang sama saat melakukan skripsi. Kalau file kalian tidak melebihi dari 25 MB bisa juga di backup melalui email. Kurang lebih caranya sama dan sangat mudah, hanya simpan di dalam draft saja. Semoga tips sederhana ini membantu kalian, jangan lupa backup gan!

emoticon-Hai




Sumber Tulisan: Asli Tulisan TS emoticon-Peace
emoticon-nulisah






tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
22.1K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.