• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • #Aslinya Lo, Masih Bersama Honda CB 100 - K3 tahun 1978 yang selalu menjadi cerita .

gondronk90Avatar border
TS
gondronk90
#Aslinya Lo, Masih Bersama Honda CB 100 - K3 tahun 1978 yang selalu menjadi cerita .

Hallo Gan , selamat malam, bertemu lagi dengan ane si gondronk90.
Berhubung ada event COC, Otomotif, ijinkan ane untuk ikut meramaikan event ini dengan thread sederhana ini.




Otomotif secara hafariah adalah suatu cabang dari ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis, dan truk. Sedangkan teknik otomotif menggabungkan mekanik listrik, eletronik, keselamatan dan lingkungan matematika, fisika, kimia, dan beberapa ilmu tertentu.


Bacaan diatas, merupakan permulaan dari thread ane di COC Otomotif gan dan sis.
Okelahlah gan, kali ini TS sedikit dan agak berbobot mengambil judul Biarpun Tua Tetap Terjaga dan Pede aja. Mungkin bagi agan sis , pasti tidak akan kaget bila kita sekarang dijalanan raya banyak motor klasik berseliweran gan sis.
Ane sendiri sebenarnya juga merupakan salahsatu dari beribu atau beratusan orang yang hobi koleksi motor tua gan sis. Kalau ane sendiri sebenarnya memiliki motor tua sejak ane bekerja di ibukota Jakarta, intinya ane dapat motor pada waktu belum ramainya pecinta motor tua.

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)


Cb 100 - K3 (1976-1981)

(Sumber : Mbah Google)

Punya ane adalah CB 100 K-3, jika berdasarkan dari kapasitas mesin adalah 99cc, namun lambat laun dan perkembangan jaman, cb K3 ane , ane stroke up menjadi 200 cc gan sis hehehe. Oiya gan dan sis, sebenarnya Top Speed CB K-3 ane ini jika masih original adalah 100 km/h, dan pengapian masih menggunakan platina gan sis.
Untuk ukuran ban sendiri , depan : 2.50-18, Belakang : 2.75 -18, serta dilengkapi dengan rem tromol. Untuk Kapasitas tangki adalah 10 liter gan sis. Sebenarnya CB ane, sudah lama ane pengen memiliki motor CB K3 ini , dulu berhubung pas lulus kuliah, ada salahsatu teman yang menjual nya karena ada kebutuhan yang mendesak, terus ane beli dah dalam kondisi apa adanya gan sis.





Beberapa tahun silam CB ane ini, ane pernah menjadikan sebagai alat transportasi untuk bekerja di Ibukota gan sis, banyak cerita tentang kendaraan ane ini gan sis. Sempat juga pernah mogok dari perjalanan dari bekasi menuju karawang, dibantu dengan salahsatu orang di pinggir jalan dan seorang anak club CB dari Ngawi gan sis. Dari awal itulah, ane mulai banyak kenal dengan beberapa banyak anak cb, namun ane sendiri hamper jarang ikut touring hehehe. Karena kesibukan dengan dunia pekerjaan , paling cb sebagai transportasi dari rumah ke tempat kerja, sama kalau weekend keliling kota naik motor cb K3 Kesayangan ane.




K3 ane sih sebenarnya sudah banyak yang dirombak gan sis, mulai dari mesin nya, arm motor, pelek, sampai shock depan dan belakang. Namun untuk Nomer mesin, dan rangka masih aslinya loh gan sis hehehe. Waluapun jadul tahun tua, ane tetep jaga tuh heheheh,. Sebenarnya sekarang mah banyak motor CB yang didesain body nya namun mesinnya sama suratnya bukan CB K asli heheheh. Bukan bermaksud gimana sih, tetapi memiliki motor tua, memang lebih afdol punya motor tua bukan hanya bentuknya saja, namun surat dan kelengkapan deh gan sis hehehe.



Oiya gan sis, berikut tips ane untuk merawat motor tua kalian gan sis

1. Selalu cek bensin dan oli dulu ya gan sis hehehehe
2. Carilah bengkel yang bias dipercaya dan paham tentang trouble sepeda ente gan
3. Sering-seringlah bertanya dengan mekanik di bengkel ente
4. Kalau motor ente tiap hari buat bekerja dan PP, Cek Busi motor , jangan lupa cek Oli, Cek kopling, lampu sein, Lampu jarak jauh dan deket, klakson, Rantai, dan kondisi ban depan , belakang gan sis
5. Hati-hati kalau di jalan gan sis, tidak perlu ngebut, tapi hati hati dalam berlalu lintas yak.
6. Ikutlah komunitas pencinta motor tua gan sis.
7. NO bleyer gan sis………………………


Cekidot gan sis, CB 100 Ane dengan Honda Win Punya Kawan sedang menuju Jalur Pendakiaan Gunung Lawu



Dalam hal perawatan mesin Honda CB ane, memang sangat perlu gan sis. Hal ini ane lakukan agar mesin selalu prima di track baik nanjak ataupun lurus gan sis, sebenarnya CB ane sudah Bored up an sampai 200 cc sekarang gan sis, silinder dari bandul udah menggunakan punya Tiger heheh. Dalam hal mesin mulai dari Bandul, setelan kamprat, sampai dengan noken, dan rasio memang di preposisi dari mekanik ane untuk motor harian yang bukan hanya mengandalkan kecepetan saja, namun penuh dengan penghitungan hehehe (katanya mekanik ane). Oiya selain mesin dalamnya, untuk kaki-kaki seperti arm, skok depan , dan belakang harus balanced, dan jangan lupa dudukan mesin in ke rangka juga harus dikuatkan (biasanya kalau Head mesin udah ganti, harus pakai dudukan mesin seperti tiger ataupun megapro), supaya tidak getar waktu berjalan.




Dokumen : Mekanik ane (Yusufhayu - Gondang Sukoharjo)

Ini penampakan CB ane sekarang, dimana sudah banyak perubahan perlahan -lahan, namun tidak menghilangkan corak tangki originalnya, dan yang pasti masih bersurat CB K3, bukan surat motor GL, ataupun Megapro yang jadi Cb-Cb nan hehehehhehe, karena sekarang banyak .


Demikian Thread singkat jelas padat menurut catatan yang diketik oleh ane AGAN Gondronk 90, semoga selalu menghibur dan minimal paham sedikit-sedikit tentang motor kesayangan ane. Bagi ane Motor Tua, selalu ada Surat lengkap dan Bukan Motor Beda Surat yang di sulap menjadi CB, karena bagi ane motor CB selalu banyak cerita dan selalu enjoy merawatnya. CB 100 Menolak Lupa, dan Punah
JANGAN LUPA CENDOL, RATE 5, KOMMENT BERMUTU, SHARE KE MEDIA SOSIAL KALIAN





Sumber : Foto dan koleksi motor Pribadi, ketikan Pribadi
Diubah oleh gondronk90 28-09-2018 13:37
0
14.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.