komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Pulau Kapal Perang Berhantu Di Nagasaki, Gunkanjima (2-End)
Gunkanjima bisa jadi merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang paling populer di dunia ini. Diluar fakta bahwa pulau ini hanya berisi reruntuhan, Gunkanjima memang menarik jika dilihat dari berbagai sisi, baik dari sisi sejarah hingga cerita-cerita unik yang menghiasi tempat ini. Saya nggak akan mengupas segi sejarah karena sudah saya singgung dalam tulisan sebelumnya (baca: Gunkanjima, Pulau Kapal Perang Berhantu di Nagasaki 1). Saat ini saya ingin fokus mengulik dari segi tour ke Gunkanjima.


Maket Gunkanjima [foto: Yoppy/flickr]

Tour ke Gunkanjima


Hingga tahun 2005, Gunkanjima masih ditutup untuk umum dengan alasan keamanan. Hanya wartawan saja yang diijinkan untuk meliput tempat ini. Baru pada tahun 2009 Gunkanjima mulai dibuka untuk publik, dan mulai bermunculanlah tour menuju Gunkanjima.


Wisatawan berkunjung ke Gunkanjima [foto: At by At/wikimedia]


Tak sulit untuk mengikuti tour ke Gunkanjima. Wisatawan bisa datang langsung ke titik-titik pemberangkatan kapal menuju Gunkanjima yang ada di Nagasaki Port, seperti di Nagasaki Port Ferry Terminal dan Tokiwa Terminal. Namun lebih disarankan bagi wisatawan untuk melakukan reservasi terlebih dulu, baik via online maupun offline. Kenapa? Ada 2 alasan utama. Pertama, karena tour ke Gunkanjima bisa sangat ramai oleh wisatawan, khususnya saat akhir pekan maupun pada musim liburan. Kedua, karena tour sewaktu-waktu bisa dibatalkan jika kondisi cuaca tidak memungkinkan. Dengan melakukan reservasi, setidaknya wisatawan bisa mengamati jadwal perkiraan tour yang ditawarkan oleh masing-masing operator.


Wisatawan dan jalur khusus yang sengaja dibuat untuk memudahkan aktifitas wisata di Gunkanjima [foto: Yoppy/flickr]


Ada banyak perusahaan yang mengelola tour menuju Gunkanjima, namun secara garis besar ada 2 tipe tour yang ditawarkan. Pertama, tour mengelilingi pulau menggunakan perahu. Disini wisatawan hanya bisa mengamati Gunkanjima dari laut saja (tidak turun ke pulau). Lamanya tour tipe ini kira-kira 2 jam, dengan biaya bervariasi antara ¥3000*-4000*. Kedua, tour yang singgah ke pulau. Tour tipe ini mengajak wisatawan untuk mengelilingi sebagian kecil wilayah Gunkanjima, biasanya disisi barat-selatan pulau. Jangan berharap akan mampir ke reruntuhan bangunan yah, karena secara resmi wisatawan tidak boleh mendekati puing-puing di Gunkanjima dengan alasan keamanan. Lamanya tour ini kurang lebih 3-4 jam (lengkap dengan staff berbahasa Inggris/Jepang tergantung masing-masing operator), dan biayanya antara ¥3000*-5000*.


Wisatawan dan reruntuhan Gunkanjima [foto: Yoppy/flickr]


Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut seputar tour ke Gunkanjima, bisa intip info yang disediakan oleh 3 operator berikut ini: lihat disinidisini, dan disini.

Apa saja yang bisa dilihat di Gunkanjima?

Jawaban yang paling utama tentu saja reruntuhan bangunan. Tapi reruntuhan apa? Bangunan apa saja yang pernah ada di Gunkanjima? Berikut peta fasilitas yang ada di Gunkanjima.


Peta fasilitas di Gunkanjima [foto: SUMBER]


Dan inilah beberapa bangunan/struktur ikonik yang masih bisa ditemukan di Gunkanjima.

Blok 65

Struktur ini bisa dibilang yang paling ikonik di Gunkanjima. Bagi yang pernah nonton Skyfall-nya James Bond (tahun 2012), di blok inilah tempatnya Raoul Silva, musuh Bond, bersembunyi. Bangunan ini memiliki bentuk U, terdiri dari 9 lantai, dan dulunya berfungsi sebagai apartemen. Terdapat kira-kira 317 apartemen di bangunan ini, dan uniknya (sekaligus yang cukup membuat merinding), di beberapa apartemen masih bisa ditemukan barang-barang sisa penghuni terdahulu seperti kulkas, jam dinding, televisi, dan lain-lain. Lho, kenapa kok ngeri? Ah, mungkin itu karena imajinasi saya yang super canggih jika menyangkut hal-hal yang berpotensi mengarah ke cerita horor maupun thriller (mau bilang penakut aja susah amat ya? Haha). Inilah blok 65 tersebut dan contoh barang yang bisa ditemukan disana.


Blok 65 [foto: Jordy Meow/wikimedia]


Stairway to Hell
Tangga ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa bangunan di Gunkanjima. Karena cukup tinggi dan curam, agak sulit untuk mendaki tangga ini dan akhirnya dijuluki Stairway to Hell.


Stairway to Hell [foto: Jordy Meow/wikimedia]


Sekolah
Di Gunkanjima ini juga terdapat sekolah lho. Bangunan sekolah dibangun pada tahun 1958 dan termasuk salah satu bangunan termuda di Gunkanjima. Bangunan sekolah terdiri dari 7 lantai yang dibagi untuk SD dan SMP. Sekolah ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti ruang musik, olah raga, dan ruang multi fungsi. Ngomong-ngomong, berdasarkan pengakuan para penjelajah yang sudah pernah menghabiskan malam di Gunkanjima, konon sekolah ini termasuk salah satu bangunan paling berhantu di Gunkanjima.


Salah satu ruang kelas [foto: Snotch/flickr]


Kuil
Nggak sulit untuk menemukan kuil di berbagai penjuru Jepang. Jadi tak heran di Gunkanjima juga terdapat kuil, yang sebagian strukturnya masih tersisa hingga saat ini. Inilah penampakan kuil di Gunkanjima.



Kuil [foto: Hisagi/wikimedia]




Trivia

-Walau Skyfall mengambil latar belakang Gunkanjima, namun shootingnya dilakukan di sebuah studio di Inggris. Shooting memang nggak dilakukan di Gunkanjima takut bangunan di sana sewaktu-waktu bisa hancur.

-Ada beberapa alasan kenapa Gunkanjima juga dijuluki pulau berhantu. Selain karena pulau tersebut kini kosong tak berpenghuni, juga karena banyaknya kisah suram yang pernah terjadi di pulau itu. Sejak batu bara di Gunkanjima mulai di eksplorasi, banyak warga Cina dan Korea yang sengaja dikirim ke pulau tersebut untuk dijadikan pekerja kasar dan tak sedikit yang menjadi korban dalam periode pertambangan tersebut.

-Takjub melihat bentuk Gunkanjima yang menyerupai kapal perang? Jangan takjub terlalu lama karena bentuk tersebut bukan bentuk asli pulau Hashima. Ya, saat dibeli oleh Mitsubishi pulau ini hanya berupa bongkahan karang dengan bentuk tak beraturan. Setelah melalui proses reklamasi berkali-kali, barulah Gunkanjima memperoleh bentuknya seperti saat ini.

[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/609-gunkanjima-pulau-kapal-perang-berhantu-di-nagasaki-2-end/]SUMBER[/url]




































1
6.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.