• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Gokil Ada Helm Anti Begal buatan Anak SMK, Bagaimana Gan?

lontongsayur18
TS
lontongsayur18
Gokil Ada Helm Anti Begal buatan Anak SMK, Bagaimana Gan?

Foto Kompas.com

Gokil Ada Helm Anti Begal buatan Anak SMK, Bagaimana Gan?


Makin resah enggak sih gan, soal marakya kriminalitas di jalanan? Bikin was-was kalau kita pulang larut malam, apalagi kalau motor yang kita pakai masih baru, nyesek kalau tiba-tiba diminta sama pembebal.

Tapi menarik nih gan, baru lihat berita ternyata ada anak SMK Negeri 1 Purworejo, yang baru saja mengembangkan helm anti begal. Kreatif banget si.

Dua orang siwanya Gede Bagus dan Agung Budi, punya ide buat menciptakan teknologi helm anti begal. Jadi melalui siste mikrokontroler, helm yang mereka buat terkoneksi dengan sistem kelistrikan yang ada pada motor. Wah bagaimana tu gan?

Jadi caa kerjanya juga dipraktikan seperti yang diberitakan Kompas.com, buat menunjukkan cara kerja fitur anti begal itu. Jadi, ketika begal merampas motor dan kepingin melairkan diri, pemilik cukup menekan tombol yang ada pada helm, untuk mematikan sistem kelistrikan motor.

Canggih gaaan. Jadi semacam remote gitu ya.

"Tombol tersebut kirim sinyal frekuensi ke modul yang ada di sepeda motor, dan seketika itu bisa mematikan kelistrikan serta membunyikan sirine motor buat menarik perhatian orang sekitar," kata Eko Wahyu guru pembimbing jurusan Teknik Kendaraan-bermotor Ringan (TKR) SMKN 1 Purworejo kepada Kompas.com.

Namun, sinyal yang dikirim helm ke motor jangkauannya hanya 50 meter, tapi itu sudah cukup keren ya gan.  Sinyal tersebut memberikan perintah untuk mematikan kelistrikan dari koil yang ada pada sepeda motor.


Foto Kompas.com

Jadi saat sesi demonstrasi, motor yang dikontrol dari jauh itu langsung mati, bahkan tidak bisa nyala lagi, sebelum tombol pada helm dinyalakan kembali.

Teknologi ini memang masih dalam tahap pengembangan gan, malahan sempat mencoba menggunakan fitur perintah suara, tapi penggunaan voice command tidak efektif karena membuat baterai cepat habis.

Wah pemerintah ke mana ini? Sudah ada teknologi-teknlogi canggih yang dihasilkan anak bangsa, harusnya cepat tanggap membantu buat pengebangan dan patennya. Ini nilai intelektualnya luar biasa.

Jangan biarkan si anak-anak kreatif tersebut berjuang sendirian. Nanti malah ujun-ujungnya dicntek sama perusahaan asing, dan kita enggak dapet apa-apat. Ayok gan viralkan.

Salam cendol.
2
12.8K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.