• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Gangguan Penglihatan Akibat Sinar Ultraviolet yang Mengintai Kesehatan Mata

dewidew668Avatar border
TS
dewidew668
4 Gangguan Penglihatan Akibat Sinar Ultraviolet yang Mengintai Kesehatan Mata


Berada di wilayah tropis membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak terpapar sinar matahari .Tak heran jika melindungi tubuh dari bahaya paparan matahari adalah penting. emoticon-Jempol


Paparan sinar matahari tak cuma berdampak buruk pada kulit, tapi juga mata . Astrianda N Suryono, dokter spesialis mata dari RS Ciptomangunkusumo, mengatakan "bahwa 80 persen informasi dari luar masuk melalui indera penglihatan sehingga kesehatan mata penting untuk dijaga"

Radiasi sinar ultraviolet memiliki panjang gelombang 100-400 nanometer. Sinar ultraviolet memiliki energi besar, tak terlihat, dan dapat menimbulkan kerusakan. di langsir dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...kesehatan-mata Hal itu membuat paparan sinar ultraviolet bakal menimbulkan beberapa gangguan penglihatan seperti berikut.

Quote:




Area konjungtiva atau lapisan tipis pelindung bagian putih pada mata bisa terkena imbas efek buruk sinar ultraviolet. Gangguan yang bisa muncul ialah pterigium 


Pterigium merupakan pertumbuhan jaringan fibrovaskuler di area konjungtiva. Pertumbuhan jaringan bisa semakin tebal dan membuat penglihatan terganggu. Gangguan ini biasa timbul pada orang yang sering beraktivitas di luar ruangan serta para peselancar sehingga gangguan mata ini juga dikenal dengan sebutan 'surfer's eye'. 

Quote:




Photokeratitis merupakan peradangan pada jaringan kornea. Kondisi ini mengganggu penglihatan lantaran adanya kekeruhan pada kornea. "Kalau terpapar sinar ultraviolet sangat hebat, kornea tidak akan bening dan jernih lagi karena peradangan," ujar wanita yang akrab disapa Tria ini.


Quote:




Katarak merupakan kondisi umum dan natural yang dialami oleh orang berusia 60 tahun ke atas. Namun, bukan berarti katarak tak mungkin terjadi pada mereka yang berusia di bawah 60 tahun.

Keruhnya lensa berpengaruh terhadap masuknya cahaya pada mata. Katarak kortikalis dapat membuat penderitanya melihat benda seolah berbayang pada satu mata.


Quote:





Seperti halnya lensa mata, bagian retina juga dapat mengalami degenerasi karena faktor usia. Pada retina, kondisi ini disebut degenerasi makular. 


Degenerasi makular merupakan gangguan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki. Penderitanya bisa kehilangan penglihatan akibat kerusakan macula atau bagian tengah retina. 

Semoga Informasinya bermanfaat ya gan emoticon-Jempolemoticon-Betty


0
737
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.