ideotlogi
TS
ideotlogi
Kiat Menghasilkan Foto Keren Menggunakan Drone | #Aslinyalo




Apakah Agan atau Sista hobi fotografi? Sudahkah coba menekuni drone photographyalias fotografi menggunakan drone? Bingung mau mulai dari mana?

Nah buat Agan dan Sista yang sedang menekuninya, atau baru mau coba-coba, ane ingin berbagi kiat-kiat fotografi drone yang ane susun dari hasil wawancara dengan fotografer profesional yang juga kawan ane sendiri. Namanya adalah Abel Brata. Kalian bisa mengunjungi akun instagram agan Abel untuk melihat hasil karya fotonya yang telah dimuat di berbagai media.

emoticon-Motret Silakan disimak ya, GanSis! emoticon-Peluk


1. Persiapan sebelum mulai memfoto menggunakan drone


Hal yang paling utama adalah Agan dan Sista harus menyiapkan drone dan baterai, tanpa dua benda ini ya kita gak bakal ngapa-ngapain.

Selanjutnya siapkan smartphone atau monitor untuk menampilkan preview kamera drone (apabila remote drone tidak menyediakan monitor bawaan).


2. Rekomendasi gear (dari yang murah hingga yang mahal)


Karena yang kita bahas adalah fotografi memakai drone, maka pastinya spesifikasi kamera drone yang kita pilih akan menjadi faktor yang cukup penting. Disarankan menggunakan merek drone yang sudah terpercaya seperti DJI atau Parrot drone. Jika budget menjadi kendala, bisa melirik budget drone yang agak murah seperti DJI Spark, Xiaomi Mi Drone, Xiro Xplorer (discontinued, tetapi harganya sekarang murah).



Secara keseluruhan, drone keluaran DJI paling direkomendasikan karena sudah sangat matang secara kualitas hardware maupun software. Fitur keamanannya juga sangat baik.

3. Teknik pengambilan gambar saat siang dan malam


Perbedaan memfoto siang dan malam adalah faktor cahaya: siang berlimpah cahaya matahari; sebaliknya malam kekurangan cahaya.

Pada siang hari ada kalanya matahari bersinar terlalu terik sehingga hasil foto menjadi terlampau terang. Untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk, kadang diperlukan filter ND (Neutral Density) tambahan. Terutama untuk tipe-tipe kamera drone yang tidak memungkinkan pengaturan diafragma/aperture seperti DJI Spark atau Mavic Pro.




Sedangkan pada malam hari, di saat cahaya sangat minim, untuk perekaman foto diperlukan rana atau shutterspeed lebih lambat sehingga hasil foto terlihat lebih jelas meskipun kondisi nyata kekurangan cahaya.



4. Bagaimana memfoto objek diam dan objek bergerak? Begini caranya!


Untuk pengambilan objek diam, cenderung tidak sulit selama kondisi cahaya memadai. Contohnya seperti foto Patung Pembebasan Irian Barat yang berada di tengah-tengah lapangan Banteng, agan Abel mencoba sudut pandang lebih dekat supaya hasil foto lebih dramatis.



Untuk objek bergerak agar tajam, diperlukan pengaturan shutterspeed cepat. Yang sulit dilakukan pada waktu malam hari tanpa menaikkan ISO. Pada siang hari, tidak masalah. Hanya seringkali diperlukan skill manuver yang cukup lincah untuk mengejar objeknya.



Contohnya bisa Agan dan Sista lihat pada foto di atas: cahaya lampu dan mobil yang bergerak dapat tertangkap dengan ciamik dan tajam.

5. Menjual hasil fotografi drone ke mana?


Untuk Agan dan Sista yang hanya hobi bermain drone, mungkin tidak sempat berpikir untuk menjual hasil karya foto atau video dari drone sendiri.  Tetapi bagi para fotografer profesional, kecanggihan drone dalam menjangkau sudut sulit tentu membuka kesempatan penghasilan yang lebih luas.

Ane menyarankan supaya kalian untuk mengunggah (upload) ke media sosial masing-masing. Selain untuk portofolio, juga dapat menghasilkan penjualan. Sekadar info, foto-foto agan Abel pernah lho dibeli oleh klien yang melihat di Instagram.




Selain itu, ada banyak situs web stock photos yang memperbolehkan kita menjual hasil karya foto drone kita, seperti: DronePilotsIndonesia.com, iStockPhoto, GettyImages, Shutterstock, Fotolia, Dreamstime, dan EyeEm.

Kesimpulan
Supaya Agan dan Sista bisa menghasilkan foto berkualitas menggunakan drone, sebaiknya perhatikan merek serta fitur drone yang dipakai, kondisi cahaya (siang atau malam), dan pergerakan objek foto.

Apabila Agan dan Sista cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang berkualitas menggunakan drone, cobalah jual di berbagai situs web stok foto sebagai sumber penghasilan. Sambil menekuni hobi, sembari menambah pundi-pundi.
emoticon-thumbsup

* * *



Abel Brata Photo
Instagram Abel Brata

* * *

Diubah oleh ideotlogi 14-09-2018 07:05
Iqiramadan21faiqakbar0203syifaamalia491
syifaamalia491 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
12.1K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
Photography
icon
14.2KThread4.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.