fzl16Avatar border
TS
fzl16
[AMH Challange #3] Apa yang membuat studio Kyoto Animation begitu spesial?
Hallo gan sis penghuni setia AMH ataupun para anime pecinta anime dimanapun kamu berada selamat datang di thread saya. Saya hadir turut meramaikan event AMH challange yang ke-3 yang kebetulan tema yang diangkat adalah studio favorit. Dimana studio yang akan saya bahas adalah Kyoto Animation atau yang lebih familiar disebut KyoAni, Mengapa kyoAni memiliki banyak penggemar? Apa yang membuat KyoAni begitu spesial ? Mari simak bahasan berikut ini.

Warning! Mengandung beberapa spoiler dari garapan KyoAni

Kyoto Animation didirikan pada tahun 1981. Meskipun didirikan pada tahun 80an, mereka hanya menghasilkan 7 seri dan 2 OVA sampai dengan 2007. Hari ini mereka telah memproduksi 21 anime dan beberapa OVA. Produksi pertama yang mereka hasilkan adalah Fullmetal Panic Fumoffu. Produksi mereka yang paling terkenal adalah Clannad, The Shape of Voice, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, K-ON, Hyouka, dan lain-lain. Juga cukup dikenali bahwa garapan mereka memiliki karakter animasi yang sangat ekspresif. Contoh yang kemarin ditayangkan, Violet Evergarden.



Jadi untuk thread ini saya bertanya kepada sekelompok orang apa yang terlintas dalam benak mereka ketika saya menyebutkan KyoAni ada beberapa kata yang cocok dengan KyoAni. Salah satu yang muncul berulang-ulang adalah moe. Ini adalah salah satu kata yang mempolarisasi komunitas ini selama bertahun-tahun. Banyak orang, termasuk saya, menyukai gaya seni yang imut dan perasaan riang dan orang lain menyebut gaya itu tidak cocok untuk cerita yang lebih rumit. Misalnya yang terbukti salah jika kita melihat anime seperti Madoka atau Made in Abyss, meskipun mereka tidak diproduksi oleh KyoAni, itu masih membuktikan bahwa mungkin untuk menciptakan sesuatu yang agak rumit dengan gaya seni yang imut.



Namun, menentukan kualitas anime dengan melihat sesuatu yang sepele seperti studio produksinya adalah kesalahan yang sering membuat penggemar anime tidak tertarik menontonnya, termasuk saya. Bukankah itu benar? Hal pertama yang membuat KyoAni menonjol adalah mereka melatih para animator potensial di sekolah animator mereka sendiri. Kebanyakan studio seperti A-1 Pictures atau Madhouse mengandalkan freelancer. Hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun keduanya memiliki berbagai macam cara untuk dipilih, mereka tidak dapat benar-benar menguasai satu genre seperti KyoAni yang melakukan genre Slice of Life. Poin plus lainnya adalah bahwa KyoAni membayar pekerja mereka dengan gaji per waktu daripada membayar mereka untuk setiap frame. Jika mereka akan membayarnya per frame, itu berarti semakin banyak job yang mereka hasilkan, jadi mereka dapat fokus pada kualitas daripada kuantitas.



Ada berbagai macam kata yang dapat kamu gunakan untuk menjelaskan mengapa kamu menyukai acara KyoAni. Tetapi jika kamu mengatakan seperti "Saya menyukainya karena moe", sebagian akan benar tetapi tidak ada salahnya. Saya pribadi menonton acara KyoAni untuk karakternya. Jangan salah paham, karakter disini bukan hanya unsur "moe" saja, tetapi lebih ke perkembangan karakternya, bisa dibilang karakter adalah instrumen utama KyoAni. Mari kita lihat Clannad After Story. Adegan yang paling berkesan bagi saya secara pribadi, selain kematian, adalah adegan di lapangan atau bertemu teman. Atau bagaimana dengan Hibike Euphonium dimana lagi melalui animasi kita dapat melihat perkembangan hubungan antara Reina dan Kumiko. Alasan mereka menonjol pada saya adalah seberapa tulus dan jujur yang mereka rasakan pada penonton dan itu adalah sesuatu yang dikuasai KyoAni.

KyoAni berhasil menciptakan di hampir setiap penampilan karakter yang bisa dihubungkan dan itu adalah sesuatu yang sangat saya sukai. Apa yang membuat KyoAni hebat adalah gaya yang menarik dari penceritaan cerita visual. Itu berarti menggunakan animasi untuk menceritakan sebuah kisah.
"Tapi, bukankah setiap anime menceritakan sebuah kisah melalui animasi?". Tidak, ada banyak cara untuk menceritakan sebuah kisah. Banyak judul anime mengkisahkan cerita melalui karakter dan dialog mereka, Tetapi KyoAni lebih spesial yaitu dengan mengandalkan kisah cerita dengan animasi. Berikut ini contohnya:

Koe no katachi
Spoiler for Mengandung spoiler berat!:


Secara keseluruhan, KyoAni adalah studio paling menarik di luar sana, setidaknya menurut saya. Kebijakan mereka luar biasa dan sesuatu yang dapat saya dukung tanpa ragu-ragu. Cara mereka menceritakan kisah melalui animasi cukup langka dan sesuatu yang harus kita apresiasi.
Terimakasih telah membaca thread ini. And see you in the next one..

Spoiler for Sumber Referensi:

tata604
tatagraha21
tatagraha21 dan tata604 memberi reputasi
7
10.3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.