• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mau Kurus? Lakukan 10 Kebiasaan Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Kamu

calvinharefaAvatar border
TS
calvinharefa
Mau Kurus? Lakukan 10 Kebiasaan Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Kamu
Apakah kamu sedang dalam proses penurunan berat badan? Apakah cara yang kamu lakukan berhasil? Mungkin kamu sudah berusaha keras dalam menurunkan berat badan kamu, namun untuk menurunkan 1 kg saja sangat susah.



Pasalnya, tubuh yang gemuk dengan lemak dimana-mana akan menyebabkan penyakit. Maka dari itu orang yang memiliki badan gemuk melakukan cara apapun untuk menunrunkan berat badannya. Dari berolahraga, konsumsi obat diet bahkan sampai melakukan cara yang ekstrim yaitu penyedotan lemak.

Nah, agar kamu tidak melakukan cara yang salah, saya akan memberikan 10 kebiasaan yang dapat kamu lakukan dalam aktivitas kamu sehari-hari.


1.  Ganti Sarapan Kamu Dengan Buah Pisang
Pisang adalah buah tropis yang banyak disukai banyak orang. Buah pisang banyak mengandung serat, potassium, vitamin C, dan karbohidrat. Karena itu kita dapat mengganti pola sarapan kita dengan buah pisang. Cara ini banyak digunakan orang yang ingin menurunkan berat badan mereka, dan cara ini memang sudah terbukti berdasarkan orang-orang yang telah mencobanya.




Seperti teman saya yang menggunakan metode ini dapat menurunkan berat badannya 1 hingga 3 kg dalam waktu seminggu.

BACA JUGA : Strategi Jitu Menghasilkan Uang Dengan Menjadi Penulis Artikel Lepas


2. Mengurangi Porsi Makan



Mengurangi porsi makan bukan berarti mengurangi frekuensi makan. Kamu tetap dapat makan 3 kali sehari, namun kamu harus mengurangi porsi makan kamu . Alangkah baiknya kamu sarapan dengan buah pisang agar proses penurunan badan lebih cepat.



3.  Mengunyah Makanan Pelan-pelan
Mungkin banyak orang yang menganggap cara ini sepele, tapi dengan cara ini kamu akan lebih cepat kenyang dan demikian kamu dapat mengurangi porsi makan kamu.

Selain daripada itu, dengan mengunyah makanan secara perlahan dapat membuat makanan dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang ada dimulut. Kalori yang masuk pun akan menjadi lebih sedikit.

BACA JUGA : TIPS LULUS CPNS 2018


4.  Perbanyak Minum Air Putih
Air putih sangat penting bagi tubuh. Air putih meningkatkan kinerja ginjal, membantu metabolisme tubuh dan membuat kulit tampak lembut dan cerah.




Selain manfaat-manfaat tersebut, air putih juga dapat menurunkan berat badan. Minumlah air putih kurang lebih 0,5 liter atau segelas air sebelum makan. Cara ini akan membuat porsi makan kamu berkurang.


5.  Konsumsi Makanan Kaya Serat



Mengkonsumsi makanan karya serat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tentunya dapat menurunkan berat badan. Makanan karya serat memilik beberapa manfaat yang diantaranya adalah :
- Menurunkan kolesterol tinggi
- Membersihkan saluran Pencernaan
- Memperlambat penyerapan glukosa
- Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
- Mengendalikan gula darah
- Dan tentunya menurunkan berat badan

Makanan yang mengandung banyak serat antara lain pisang, alpukat, pepaya, kacang polong, brokoli, jagung, pir dan beras merah.

BACA JUGA : 6 CARA MENGHASILKAN UANG DARI INSTAGRAM DENGAN MUDAH


6.  Minum Air Jeruk Nipis di Pagi Hari


Jeruk nipis memiliki manfaat positif bagi tubuh. Dengan rutin minum segelas air hangat yang dicampur jeruk nipis di pagi hari akan mempercepat proses penurunan berat berat badan kamu.
Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C akan menyerap kalsium dalam sel-sel lemak sehingga menurunkan berat badan.



7.  Aktif Bergerak
Apakah anda termasuk orang yang malas gerak atau mager? Sebaiknya jangan deh, karena jika kita malas bergerak, itu akan memicu berat badan yang bertambah karena tidak mengeluarkan energi apapun.




Untuk aktif bergerak caranya gampang banget lho, kamu dapat mulai membiasakan pergi dengan jalan kaki. Atau kamu dapat mengubah kebiasaan naik lift ataupun eskalator dengan naik tangga.



8.  Kardio
Bukan hanya mengubah pola makan saja, kamu juga perlu membakar kalori dengan cara berolahraga. Kardio merupakan latihan yang menggerakkan seluruh tubuh kita, contohnya berlari, bersepeda ataupun berenang.




Dengan melakukan kardio kamu akan melepaskan banyak energi dan akan membakar kalori di tubuh kamu.



9. Yoga
Olahraga lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan yoga. Yoga adalah olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian dari India mengatakan bahwa olahraga yoga dapat melancarkan percernaan dan menghilangkan lemak di perut.




Kamu dapat melakukan yoga di dalam rumah atau diluar ruangan. Kamu cukup melakukan yoga selama 10-20 menit setiap harinya agar tubuh dapat melakukan metabolisme tubuh dengan maksimal.



10.  Jaga Pola Tidur dan Hindari Stres
Pernah kah kamu merasakan stres? Dan saat itu juga kamu ingin makan? Itu disebabkan karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat mengganggu hormon-hormon lainnya. Dan pada saat itu kamu akan merasa lapar dan selalu ingin makan.




Jangan lupa untuk menjaga pola tidur kamu, karena ketika kamu kurang tidur, hormon leptin (hormon yang menyebabkan rasa lapar) dan hormon ghrelin akan terganggu.


Sebenarnya tidaklah sulit untuk menurunkan berat badan, dan kamu tidak perlu mencoba cara-cara yang berbahaya. Kamu cukup mengikuti tips yang saya berikan dan aku yakin berat badan kamu akan berkurang.

Jika kamu suka dengan artikel saya, kamu dapat share ke teman-teman kamu, dan jangan lupa untuk memberikan komentar serta menanyakan seputar menurunkan berat badan. Sekian dari saya dan selamat mencoba.
0
1.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.