onizuka2992
TS
onizuka2992
IndoCoin - Indonesian Crypto Currency, Launching: 21 Mei 2014


Lapak Bitcointalk| Website Resmi | Facebook
Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara


21 Mei 2014 - 11:00 WIB


Bitcoin, atau bisa dibilang crypto currency secara umum masih belum dikenal secara luas di masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya penetrasi internet di Indonesia, dan juga masih terbelakangnya Indonesia di sisi teknologi saat ini. Penyebab lainnya adalah kurangnya resources, karena informasi-informasi tentang bagaimana menggunakan crypto currency secara kebanyakan tersedia dalam Bahasa Inggris yang secara tidak langsumg menghambat masyarakat Indonesia dalam mengenali teknologi crypto currency ini.

Sebenarnya, Bitcoin atau crypto currency secara keseluruhan, bukanlah hal yang patut ditakuti, hanya saja perlu dipahami, bagaimana cara kerjanya, atas dasar apa system ini bekerja, dsb.

Saya sendiri secara pribadi percaya, bahwa crypto currency adalah salah satu bentuk mata uang yang paling demokratis yang pernah ada, bagaimana tidak? Sifatnya sepenuhnya yang open source yang artinya, semua orang dapat secara bebas melihat isi dari kode tersebut, bahkan dapat juga berpartisipasi secara aktif dalam pengembangannya. Sepenuhnya transparan karena semua transaksi tercatat didalam buku besar yang dikenal sebagai block chain, tapi sekaligus anonym. Karena sifatnya yang terdesentralisasi, membuat crypto currency ini hampir mustahil untuk dihancurkan, selama masih ada yang menggunakan. Dengan biaya transaksi yang sangat rendah (atau tidak ada sama sekali, pada transaksi skala kecil), coba bandingkan dengan kartu kredit, paypai, atau system pembayaran lainnya, pasti akan kelihatan keunggulan dari crypto currency ini.


Tentu kita pernah dengar payment processor yang dinamakan paypai, sebuah payment processor raksasa dari Amerika Serikat. Pernahkah kita membayangkan, bagaimana kalau suatu saat perusahaan tersebut bangkrut? Tentu saja saldo yang kita punya di paypai akan hangus. Pernah dengar Liberty Reserve? Liberty Reserve adalah perusahaan sejenis paypai berbasis di Costa Rica. Perusahaan tersebut ditutup oleh FBI pada Mei 2013 lalu karena kasus money laundry. Bagaimanakah nasib para pengguna Liberty Reserve? Tentu saja uang mereka lenyap begitu saja tanpa asap, karena sifatnya yang tersentralisasi. Hal yang sama bias terjadi di lembaga keuangan tersentralisasi lainnya, termasuk Bank. Tapi karena Bank, ada yang namanya LPS, kita bias bernafas lega.

Memperkenalkan IndoCoin,
IndoCoin adalah turunan dari Bitcoin, yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan utama memperkenalkan teknologi crypto currency kepada masyarakat Indonesia secara luas. Saya berharap, dengan adanya IndoCoin, masyarakat Indonesia bisa secara langsung mencicipi dan mengenali lebih dalam, bagaimana sih teknologi crypto currency itu? Apa keunggulan IndoCoin dibandingkan yang lainnya? Dan lain sebagainya.
Sebagai penggagas IndoCoin, saya secara pribadi akan menyediakan dukungan awal bagi mereka yang berminat mencicipi. Dukungan, panduan memulai, dan support, akan disediakan di website resmi IndoCoin yang bisa diakses di http://www.indocoin.org dimana berbagai macam pertanyaan bisa diluncurkan disini.
IndoCoin akan mulai beroperasional pada tanggal 21 Mei 2014 pada pukul 11:01 WIB dimana semua orang dapat mulai menambang, bertransaksi, dan menggunakan IndoCoin. Source code dari Indocoin akan saya posting di Github sesaat setelah launching, bagi teman2 programmer dipersilahkan untuk mengunduh dan mengotak-atiknya


Pertanyaan Pertanyaan Umum
Spoiler for FAQ:


TL;DR Sinopsis bagi yang malas baca
Spoiler for sinopsis:


Bagi yang masih memiliki pertanyaan bisa langsung reply thread ini, akan saya jawab sebisanya. Agak bingung juga, salah kamar nggak ya lapak ane taruh disini emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh onizuka2992 09-06-2014 05:51
0
11K
109
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
HYIP / Money Game / PTC / Autosurf
HYIP / Money Game / PTC / Autosurf
icon
20.2KThread1.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.