alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ba31de91a9975255e8b4567/mengapa-kita-suka-melanggar-aturan
Lapor Hansip
20-09-2018 11:11
Mengapa Kita Suka Melanggar Aturan?
Past Hot Thread
Mengapa Kita Suka Melanggar Aturan?

Kadang saya bingung dengan orang-orang (semoga saya tetap tidak termasuk) Yang suka melanggar aturan. Apa sih yang sebenar nya ada di dalam pikiran mereka? Peraturan, se-absurd dan se-ngga penting apapun tujuannya adalah untuk diri sendiri dan manusia yang ada di sekitarnya. Contoh, aturan penggunaan helm. Hakekat dari penggunaan helm itu apa sih? Melindungi diri dari kemungkinan cedera di kepala saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

Maksudnya baik kan? Jangan mentang-mentang anda pemain debus yang kebal beton, dan aspal lalu anda seenaknya tidak pakai helm waktu naik motor. Polisi kok menegur saya? Menilang saya? itu karena polisinya sayang situ boss. Makanya polisi ingatkan situ, besok kalau naik motor pakai helm. Lha tapi ini kan kepala saya. Kalau ada apa-apa urusan saya lah. Iya tahu kok situ hebat, nanti kalau isi kepala keluar kena benturan dengan aspal, kan situ yang bersihkan sendiri kan?

Lagi pula sudah amanah Undang-Undang kalau tugas seorang polisi ya memberikan tindakan bagi pelanggar aturan. Akan jadi lucu kalau polisi lihat pelanggaran kok diam saja. Kalau tidak mau urusan sama polisi, gampang. Jangan melanggar aturan apapun yang dibuat oleh negara. Baik di level pusat sampai aturan RT. Jamin hidup mu akan aman, damai, sentausa.

Mengapa Kita Suka Melanggar Aturan?


Quote:
Yang Masih menjadi misteri dan pertanyaan besar adalah. Mengapa orang suka sekali melanggar peraturan, yang jelas-jelas dibuat untuk mengatur hidupnya agar aman. Apakah manusia sudah sedemikian cueknya dengan hidup mereka, hingga aturan pun seolah tidak mereka butuhkan.


Pelanggaran terhadap aturan lalu lintas sebenarnya hanyalan contoh kecil. Contoh yang lebih besar, silahkan ke lapas Sukamiskin. Tempat yang indah bagi mereka garong-garong uang rakyat. Yang masauk ke sana itu orang salah, tapi bukannya dihukum, tapi malah menambah kesalahan lagi. Temuan ambudsman bisa menjadi contoh betapa sukanya kita melanggar aturan, meskipun kita dipercaya memegang amanah jabatan.

Dari beberapa contoh di atas, orang melanggar aturan itu disebabkan beberapa hal. Pertama, wataknya begitu, tidak sayang nyawa, ingin praktis plus malas baca aturan, sehingga tidak tahu aturan. Tidak memakai helm masuk dalam kategori ini. Sudah tahu mau naik motor, aturannya ya pakai helm. Tapi atas nama kepraktisan, ogah ribet, helm pun dibuang. Nyawa? urusan Tuhan boss. Lha terus Tuhan beri otak buat apa? Kalau kena tilang ngeyel karena alasan jalannya cuma dekat. Padahgal di UU, mau jauh mau dekat naik motor ya pakai helm.

Kedua, ingin jadi kaya. Ini untuk penghuni Sukamiskin dan kriminal lainnya. Mau itu maling kelas teri, kalau motif malingnya sebab uang, pasti pengen kaya. Soal dia tidak kaya-kaya, itu urusan lainnya. Manajemen permalingan nya buruk berarti. Kalau manajemen baik, pasti beda. Contoh eks Napi Korupsi. Mantan Maling saja boleh jadi anggota dewan kok. Gugat ke MA, menang! Opo ora sangar.

Ketiga, takut menderita. Memangnya kamar yang lebih luas tidak ada fee tambahannya? Jangan bohong lah. Contoh lain, ngurus surat penting lewat calo. Ini kan contoh takut menderita, ogah kerja, ogah capek, tapi hasil nyata. Bisa? Bisa. Bayar ja boss, beres perkara.

Well, ada yang mau nambahin apa yang sudah saya tulis? Monggo kita diskusi. Ayo lah siapa saja anda, apapun latar belakang anda, yuk dari sekarang mulai belajar taat pada aturan. Jangan melanggar dan jadi Warga Negara yang baik. Salam Damai.


Ciao.

Sumber Referensi : sini
Sumber Gambar : sini
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
20-09-2018 21:03
aturan ada untuk dilanggar,
dan pelanggaran ada untuk dibenarkan.emoticon-Cool
siklus kehidupan.
0
20-09-2018 21:58
Quote:Original Posted By khtanks
aturan ada untuk dilanggar,
dan pelanggaran ada untuk dibenarkan.emoticon-Cool
siklus kehidupan.

Kalau dipikir dalam, ada benarnya om... emoticon-Big Grin
0
20-09-2018 23:26
Karena Aturan yg ada cuma bisa melarang tanpa memberikan solusi
Cth:
1. Dilarang merokok tapi gak disediakan tempat khusus buat perokok
2. Jangan buang sampah disini tapi tempat sampah gak disediakan
Ane pernah ngelewatin jalan lintas di Sumatra ada tumpukan sampah dipinggir jalan lengkap dengan tulisan "dilarang buang sampah disini'
Tapi sepanjang perjalanan ane gak liat tempat pembuangan sampah yg disediakan khusus. Orang2 kan bingung jadi mau buang dimana lagi??
3. Dilarang parkir tapi lahan parkiran gak ada penambahan padahal pertumbuhan kendaraan bermotor di negara kita tercinta ini sangat fantastis
0
21-09-2018 05:24
Kalo saya sih biarin aja tuh pengendara lalu lintas yg tidak taat. Kecelakaan. Mati... Lumayan ngurangin jumlah penduduk
0
21-09-2018 05:34
Quote:Original Posted By dragonasty
Karena Aturan yg ada cuma bisa melarang tanpa memberikan solusi
Cth:
1. Dilarang merokok tapi gak disediakan tempat khusus buat perokok
2. Jangan buang sampah disini tapi tempat sampah gak disediakan
Ane pernah ngelewatin jalan lintas di Sumatra ada tumpukan sampah dipinggir jalan lengkap dengan tulisan "dilarang buang sampah disini'
Tapi sepanjang perjalanan ane gak liat tempat pembuangan sampah yg disediakan khusus. Orang2 kan bingung jadi mau buang dimana lagi??
3. Dilarang parkir tapi lahan parkiran gak ada penambahan padahal pertumbuhan kendaraan bermotor di negara kita tercinta ini sangat fantastis

Jadi kurang solusi ya om??? Tapi semisal untuk korupsi, hal kayak gini ga berlaku dong... Kan gaji sudah besar... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By VRIK
Kalo saya sih biarin aja tuh pengendara lalu lintas yg tidak taat. Kecelakaan. Mati... Lumayan ngurangin jumlah penduduk

Kasihan om, mereka kan punya keluarga juga... emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
21-09-2018 05:43
Pecinta tantangan mungkin....
emoticon-Ngakak
Diubah oleh tiobiennyo
0
21-09-2018 05:50
ane gak langgar
0
Lapor Hansip
21-09-2018 06:00
Balasan post kingndas
Quote:Original Posted By kingndas
paradox

kalo ada peraturan tapi ngga ada yg melanggar,

buat apa ada peraturan

emoticon-Malu

wah, bener juga bre emoticon-Leh Uga
1
21-09-2018 06:10
Banyak yang bilang, Damai itu indahemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Ngacirngaciremoticon-Ngacirngaciremoticon-Traveller
Diubah oleh farid369
0
21-09-2018 06:11
damai itu Indah Gan
0
21-09-2018 06:13
karena aturannya tidak tegas dan konsisten ditegakkan oleh aparatnya juga...
0
21-09-2018 06:15
Breaking The Rules Is Indonesian stereotype

and its a fact 😁
0
21-09-2018 06:17
Ada lagi ndo org2 yg bilang, aturan2 itu dbuat manusia, dia cuma mw nurut sm aturannya Tuhan...
Akhirnya #gantisistem byk tuh spanduknya dijalan2...
Udh sok paling bnr, sok dia yg paling ngerti aturan Tuhan...
Gw cm bisa doain semoga org2 ky gt cepet ketemu sm Tuhan...
Aminn...
0
21-09-2018 06:20
karena semua berasal dari kebebasan koruptor yg meradang, jadi kadang rakyat sipil berfikir bisa bebas dengan melanggar. Toh koruptor hukumannya aja ringan emoticon-Bata (S)emoticon-Mad (S)
0
21-09-2018 06:34
Hmm.. ane sendiri juga kadang gemes sama orang-orang yang nggak bisa tertib gitu gan, nggak nyadar kalau aturan yang dibuat juga untuk keselamatan kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Ya kaya yang agan TS jabarin, ada bahkan banyak orang-orang berkendara sepeda motor nggak mengenakan helm, udah gitu ngebut lagi. Terus di sekolah juga banyak peraturan yang dilanggar terutama oleh siswa-siswa yang bandel. Kalau ane sendiri sih lebih milih amannya aja gan, males juga kena hukuman atau denda dsb terlebih aturan dibuat kan juga untuk keselamatan kita, untuk kerapian dan kebersihan lingkungan sekitar kita misal peraturan buanglah sampah pada tempatnya atau jangan buang sampah di sungai dsb.
0
21-09-2018 06:35
Terlalu lama dijajah gan, 3.5 abad, 32tahun...
0
21-09-2018 06:37
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Siapa kita? Indonesia emoticon-Malu (S):

Secara psikologis, keinginan kita utk bebas membuat perbuatan melanggar aturan menjadi terlihat keren, lebih berani dan tdk pengecut. Lebih jauh, melanggar aturan juga bahkan membuat kita seolah2 punya kekuasaan lebih dibanding mereka yg tidak. Padahal itu cuma semu aja.

Ane curiga para koruptor jg punya mentalitas seperti itu, level akut. Mereka saling membanggakan kelakuannya melanggar aturan.
0
21-09-2018 06:39
sebenarnya kalo manusia udah bisa saling menghargai dan saling mikirin satu sama lain ya gak perlu peraturan gan

kayak di gambar pekiwan tuh..

kalo itu motor2 yg brenti di zebra cros mikirin pejalan kaki yg mau nyebrang ya kaga bakal brenti di situ

kalo itu pengendara motor mikirin gimana ribetnya orang lain nulungin, gimana macetnya jalan, gimana sedihnya keluarganya kalo dia (amit2) kecelakaan dan cedera parah gara2 ga pake helm ya dia pasti pake helm
0
21-09-2018 06:52
mungkin aturan itu untuk , dilanggar kek nya
0
21-09-2018 07:01
aturan dibuat untuk dilanggar, ya hanya sebagian kecil masyarakat yang sadar akan aturan
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.