Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1306
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a16e55596bde691498b4567/yaudah-3-kuliah-kerja-nyata
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata? bercerita tentang kehidupan gue selama KKN. Meski cerita ini pada dasarnya bergenre romance-comedy, pada kesempatan kali ini gue berusaha membubuhkan genre horror sesuai apa yang gue alami. Bukan, gue bukan indigo. Dan bukan, gue juga bukan seorang yang kebetulan dilindungi oleh seekor harimau atau seorang kyai dari Jawa. Tapi meskipun begitu, gue bakalan bikin cerita
Lapor Hansip
23-11-2017 22:12

Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?

Past Hot Thread
Selamat datang di thread ketiga yang merupakan lanjutan dari Yaudah Gue Mati Aja dan Yaudah 2: Challenge Accepted.

Sebelumnya, ijinkan gue buat memperkenalkan diri. Bagi pembaca setia kisah gue, pastinya kalian udah enggak asing dengan nama Muhdawi. Tapi bagi pembaca yang baru masuk ke thread ini, pastinya kalian asing dengan nama yang enggak biasa itu. Perkenalkan, nama lengkap gue Muhammad Danang Wijaya. Biasanya orang-orang manggil gue Dawi yang diambil dari singkatan nama gue Muhdawi. Kalian bisa panggil gue Dawi, atau kalo mau ikut-ikutan manggil gue Sawi juga enggak masalah. Gue orangnya idem, apa yang lo mau, kalo gue bisa, pasti gue usahakan. Anyway, langsung aja masuk lebih dalam ke thread ini. Sekali lagi gue ucapkan, selamat datang di thread ini.

Quote:RULES:
- Selalu ikuti dan patuhi Rules SFTH dan Grand Rules H2H.
- Dilarang kepo yang berlebihan di thread, apabila mau bertanya lebih jauh, seperti biasa gunakan PM.
- Silakan apabila anda menganggap tulisan ini hanyalah sebuah ilusi dan karangan belaka, justru itu sangat baik karena tidak akan ada yang mencoba mencari tau identitas tiap karakter yang gue sebutkan di sini.


Quote:
FAQ

Q:Cerita kedua gimana, Wi? Udah tamat?
A: Belum, sama sekali belum tamat. Tapi sejujurnya udah gue close. Karena ada masalah teknis dan gue enggak mungkin pake alasan lupa password lagi karena passwordnya aja gampang banget buat diingat, jadi gue bakalan ngomong jujur. Ada kesalahan dari gue dalam menuliskan cerita, dan karena gue hanya orang biasa, anggaplah kesalahan dan cerita itu hanya angin lalu.

Q: Cerita ketiga masih nyambung?
A: Masih, karena emang pada dasarnya cerita ini merupakan season 3. Buat yang masih belum terima gara-gara kentang, untuk sementara tolong anggaplah Yaudah 2: Challenge Accepted berupa time skip.

Q: Kentang enggak ini?
A: Gue usahain enggak. Gue bakalan lebih berhati-hati buat nulis cerita ketiga ini.

Q: Genrenya apa ini, Wi?
A: Mengikuti cerita sebelumnya, genre masih romance - comedy


Sinopsis


Index
Diubah oleh dasadharma10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 11 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 61 dari 66
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
17-09-2018 16:16
tombo kangen wii... wlopun mung sitok tok..
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
17-09-2018 17:11
Ahhhhhhhhhh, gimana nih gw udah lupa ceritanya dan udah hilang feel nya emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
17-09-2018 19:30
hmm...trus gmna nih
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
17-09-2018 20:19
jadi lu udahan marah² nya? gitu doank? gak sampe berubah jadi raksasa warna ijo? emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
18-09-2018 05:57
PART 77

Peduli. Satu kata yang akhir-akhir ini baru gue sadari apa makna sebenarnya. Dateng ke ulang tahun temen dekat lo, itu peduli. Nungguin orang tua atau saudara lo yang lagi sakit, itu peduli. Ngadain baksos pengumpulan dana buat korban bencana alam, itu peduli. Peduli bisa dalam bentuk apa aja, seberapapun skalanya.

Tapi bukan itu yang gue sadari belakangan ini. Peduli yang gue pahami ini jauh lebih dasar. Bukan dalam sebuah tindakan, tapi sebuah dasar yang pada akhirnya berupa tindakan.

Dasar? Apa itu? Rasa kemanusiaan? Bukan. Kalo emang peduli itu suatu perwujudan dari rasa kemanusiaan, gue bisa aja dateng ke semua acara ulang tahun semua orang di sekitar gue, bahkan orang yang gue enggak kenal. Kalo emang peduli itu suatu bentuk dari rasa kemanusiaan, bisa aja gue nungguin orang sakit tanpa gue kenal siapa orang itu dan tanpa harus gue tau kenapa dia bisa dirawat di rumah sakit, ya, meskipun itu terdengar random banget. Ya… harusnya lo juga ngelakuin apa yang barusan gue omongin. Ya itu kalo emang dasar dari peduli lo itu rasa kemanusiaan.

Ya tapi enggak perlu selebay itu dong, Wi. Peduli itu enggak perlu lebay. Lhah, kalo emang rasa peduli itu berdasarkan rasa kemanusiaan, harusnya lo kayak gitu juga dong, harusnya selebay itu juga, kan sama-sama manusia. Ya, nggak?

Justru karena itu akhirnya gue sadar kalo peduli itu lebih dari sekedar rasa kemanusiaan. Mungkin lebih tepatnya tindakan lanjut dari sebuah pemikiran ‘memposisikan.’ Ya, satu kata asing yang bisa dibilang menjadi dasar sebuah tindakan. Gimana kalo posisi gue ada di orang yang lagi kesusahan itu? Gimana kalo gue yang ulang tahun dan enggak ada yang dateng? Gimana kalo gue yang sakit dan enggak ada yang nunggu? Gimana kalo gue yang kena bencana dan enggak ada yang bantu?

Lhoh? Bukannya itu sama aja kayak rasa kemanusiaan? No, dude! Lo bayangin di depan lo ada kucing kelaparan yang meang-meong dan kemudian dengan ikhlasnya lo potekin lele goreng yang ada di piring lo buat dia. Lo peduli, tapi apa itu karena kemanusiaan? Kalian bahkan bukan mahkluk yang sama, bukan spesies yang sama, tapi kenapa lo peduli sama kucing itu? Why bother?

Sama kayak yang barusan gue omongin, lo barusan ngerasain yang namanya ‘memposisikan.’ Ya, memposisikan, gimana kalo posisi lo lagi curhat tentang perut kosong dan tiba-tiba ada mahkluk random yang dengan senang hati berbagi buat lo. Itulah yang gue maksud belakangan ini gue maknai dengan peduli, sebuah dasar dimana lo akhirnya bertindak setelah memposisikan diri di posisi mahkluk lain yang lagi kesusahan. Bukan karena merasa sesama orang kulit hitam ataupun kulit putih. Atau bahkan karena sesama manusia. Hanya sesimpel karena lo mikir, gimana kalo lo yang ada di posisi dia.

Gue peduli ke Cassie, ya mau dilarang segimana juga gue pasti bakalan tetap peduli sama dia. Meskipun Melly bentak-bentak gue, ngatain gue segala macam kebun binatang juga percuma. Gue udah terlanjur memposisikan diri gue di posisi Cassie, enggak gampang buat orang yang terlanjur peduli buat menjauh gitu aja. Sama kayak trit ini, gue udah nulis panjang lebar kayak gini, apa iya lo bisa ngejauh gitu aja tanpa komen dan rate? Haha, bercanda. Meskipun sedikit ngarep juga.

No…! That was totally a joke! Ya… meskipun lo enggak ketawa. Kisah komedi enggak selalu bikin ketawa, kan?
Tindakan peduli dari satu orang dan yang lainnya emang kadang berbenturan. Meskipun maksudnya sama, tapi sering banget membuat permasalahan tersendiri. Contohnya waktu lo peduli sama gebetan lo dan tiba-tiba ada cowok atau cewek lain yang juga peduli sama gebetan lo. Ya maksudnya sama, peduli sama dia, tapi sering kali malah timbul masalah. Berantem pukul-pukulan di depan kosan gebetan lo misalnya.

Haha, itu sih bukan peduli, tapi cari muka. Sama dalam tindakan, tapi beda-beda tipis. Lo bantuin bersih-bersih kamar kosan temen lo, itu peduli. Lo bantuin bersih-bersih kamar gebetan lo, itu bukan peduli. Sesuatu yang lain, mungkin modus. Ya, emang kadang susah bedain peduli sama modus.

Gue sama Melly sama-sama peduli sama Cassie, tapi kenapa kita ribut? Sama-sama peduli, gue enggak ada modus apa-apa, begitu juga Melly, tapi kenapa bisa ribut? Setelah gue pikir-pikir berulang kali, ternyata alasannya sepele. Terkadang rasa peduli yang tadinya ikhlas, di tengah jalan bisa aja jadi terpaksa. Begitu juga gue dan Melly, kita berdua sama-sama peduli karena terpaksa. Ya, terpaksa.

Kalo aja gue sama Melly sejak awal peduli karena enggak terpaksa, gue yakin enggak bakal seribet itu. Melly peduli tapi enggak mau ngelakuin hal lebih dari yang selama ini udah dia lakuin, makanya dia enggak pengin ada orang lain yang merusak zona nyamannya. Dia tutup pintu rapat-rapat supaya masalah enggak menyebar kemana-mana. Istilah kerennya segel, enggak ada yang boleh keluar dan enggak ada yang boleh masuk.

Begitu juga dengan gue. Gue peduli, tapi enggak mau kalo Cassie ketergantungan sama gue dan akhirnya masuk ke zona nyaman gue lebih jauh lagi. Gue pengin bantu dia, tapi begitu gue tau ada suatu hal yang enggak gue pahamin, gue malah ngejauh. Yang padahal, itu semua malah makin memperkeruh keadaan.

Ya wajar aja sih kalo menurut gue. Enggak semua orang bisa bener-bener peduli sama orang lain. Maksud gue bukannya gue meragukan Melly tuh enggak sepenuhnya peduli sama Cassie, tapi kenyataannya kayak gitu, kan? Apa mungkin … peduli itu ada batasannya? Entahlah. Yang jelas, pada akhirnya Melly mau menerima masukan dari orang lain dan move on dari bentuk pedulinya yang dulu jadi pedulinya yang sekarang. Begitu juga dengan gue, daripada terus ngejauh pada akhirnya gue cari cara buat bener-bener membantu Cassie.

Yah… namanya juga temen, udah semestinya peduli satu sama lain, kan? Ngaku temen tapi enggak peduli sama orang lain, yakin itu temen? Jangan-jangan deket cuma karena sama-sama enggak pengin sendiri aja, eh.

Cukup dengan Cassie, sekarang pindah ke satu cewek yang bener-bener gue peduliin. The one and only, Emilia Rosa. Kalo ngomongin Emil, ah…, lebih dari sekedar peduli sih kalo dia. Dia pengin support gue kayak yang gue lakuin ke dia.

Contoh riilnya dia enggak suka, benci, dan dendam sama orang yang ngomongnya dengan nada tinggi atau ngebentak. Tapi di depan gue, saat sama gue, dia lupain itu semua cuma buat bikin gue bisa lega sama perasaan gue sendiri. Lebih dari sekedar melewati zona nyaman, malahan menurut gue dia sengaja mengorbankan dirinya. Just like a hero. A cute random hero, ah… heroine. Dan menurut gue, thats the next level of caring.

End of Chapter Nine
profile-picture
veeboyzz memberi reputasi
1 0
1
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
18-09-2018 08:47
Wah nunggu chapter baru
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
18-09-2018 10:20
Inilah momen yang saya tunggu dari dawi selipan kata kata bijaknya dari pengalaman absurd dan random yang dia alami, duh berasa tua juga saya bacanya
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
18-09-2018 12:54
"Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan" om dawi banget emoticon-Big Grin apalagi kalo megang yang 9 juga emoticon-Embarrassment ane yakin ni trit bakalan tamat :nyantai
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
18-09-2018 22:29
lah datang2 masak end sih sawiii .

endingnya blm ada yaa ??

0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
20-09-2018 19:55
gw juga peduli wi sama emil...makanya emil buat gw aja
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
20-09-2018 21:51
baca dari awal lagi,biar dapet feelnya lagi,,
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
20-09-2018 22:14
what this? 2 chapter baru, gaya berceritanya berubah? apa karena emang ... ah sudahlah
Diubah oleh NgisupGue
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
20-09-2018 23:09
endingnya? gua yakin lu blm nikah wi emoticon-Ngakak
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
21-09-2018 19:17
Yap, sangat kentang sekali sodara sodara
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 09:22
Gila, udah setahun blum kelar juga ni tread. Kalo perhitungan ane, dawi seharusnya lulus tahun ini. Kan sempet cuti setahun kan? Apa gue yang salah tangkep?

Pokokmen lancar skripshit nya, lancar urusan RLnya.

Pesen sih, tapi lo pun juga bakal nglakuin ini tanpa gue pesen. Jangan sampe lu ninggalin cewek kayak emil wi, jangan sampeeee. Gila kalo sampe lakuin, 1juta banding 1 cewek kayak emil tu, lebay dikit gpapa lah. Keren lah kalian, ya walaupun absurd tapi banyak moral value juga dati cerita lo. Thanks a lot, dude. Keep going.
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 10:11
Quote:Original Posted By fichald
Gila, udah setahun blum kelar juga ni tread. Kalo perhitungan ane, dawi seharusnya lulus tahun ini. Kan sempet cuti setahun kan? Apa gue yang salah tangkep?

Pokokmen lancar skripshit nya, lancar urusan RLnya.

Pesen sih, tapi lo pun juga bakal nglakuin ini tanpa gue pesen. Jangan sampe lu ninggalin cewek kayak emil wi, jangan sampeeee. Gila kalo sampe lakuin, 1juta banding 1 cewek kayak emil tu, lebay dikit gpapa lah. Keren lah kalian, ya walaupun absurd tapi banyak moral value juga dati cerita lo. Thanks a lot, dude. Keep going.


kukira apdetanemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 12:52


Quote:Original Posted By gethuk.jogja
kukira apdetanemoticon-Blue Guy Bata (L)


Ya sorry deehh, wkwkwk. Jangan ngarep banyak lah sama si dawi dah gan, emang g disaranin terlalu ngarep sama manuasia juga sih
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 13:49
Quote:Original Posted By fichald
Ya sorry deehh, wkwkwk. Jangan ngarep banyak lah sama si dawi dah gan, emang g disaranin terlalu ngarep sama manuasia juga sih


iya gan. Ane gak nggarep si dawi tapi emilemoticon-Ngakak
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 15:51
baiklah para pemirsah, dengan ini page 61 ane gembok emoticon-Malu (S)
0 0
0
Yaudah 3: Kuliah Kerja Nyata?
22-09-2018 21:58
kentangnya kelamaan dah.. berjamur ntar😂😂
0 0
0
Halaman 61 dari 66
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
natsu-no-hanami-n2h---fiksi
Stories from the Heart
you
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia