• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Danau-Danau Di Fujigoko: Danau Yamanakako, Saiko, Motosuko, Dan Shojiko

komunitasjalan2
TS
komunitasjalan2
Danau-Danau Di Fujigoko: Danau Yamanakako, Saiko, Motosuko, Dan Shojiko
Ulasan tentang danau pertama, yaitu Danau Kawaguchiko, sudah saya bahas pada tulisan Mengenal Danau-danau di Fujigoko (1): Danau Kawaguchiko. Kali ini saya akan membahas keempat danau sisanya, yang akan saya mulai dari Danau Yamanakako.


Danau Yamanakako


Danau ini merupakan danau terbesar di antara ke-5 danau di Fujigoko. Danau ini juga menjadi danau yang tertinggi di antara danau-danau di Fujigoko (berada di ketinggian 980,5 meter dari permukaan laut) dan menjadi danau tertinggi ketiga di Jepang, dan menjadi danau yang memiliki jaringan infrastruktur pariwisata terbaik kedua setelah danau Kawaguchiko. Jika dilihat dari Danau Kawaguchiko, posisi Danau Yamanakako ini ada di sisi tenggara danau Kawaguchiko.



Danau Yamanakako dilihat dari Myouyama [foto: Dmitrii Kouznetosv/wikimedia]


Lalu apa saja yang menarik dari Danau Yamanakako ini? Yang paling utama, Danau Yamanakako ini populer di antara para pecinta olah raga outdoor. Di danau ini wisatawan dapat melakukan berbagai jenis olah raga air, mulai dari memancing, naik kapal, wind surfing, water skiing, dan bahkan berenang. Bahkan di waktu tertentu di sekitar area danau ini juga bisa melakukan aktifitas olahraga lain seperti paragliding. Intinya, jika kalian suka olah raga outdoor, danau ini menarik untuk dikunjungi.



Perahu wisata di Danau Yamanakako [foto: Ogiyoshishan/wikimedia]


Selain fasilitas olah raga outdoor, di sekitar danau ini juga terdapat banyak fasilitas untuk wisatawan seperti tempat perkemahan (biasanya dipadati oleh atlet saat musim panas), aneka hotel dan penginapan tradisional, serta pemandian air panas. 2 yang paling terkenal adalah Benifuji no Yu (memiliki pemandangan ke arah Gunung Fuji) dan Ishiwari no Yu (tidak memiliki pemandangan ke Gunung Fuji).



Gunung Fuji dilihat dari Danau Yamanakako [foto: Alpsdake/wikimedia]


Tambahan informasi, di antara Danau Yamanakako dan Danau Kawaguchiko ada sebuah tempat wisata bernama Oshino Hakkai. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata yang terdapat di sebuah desa kecil bernama Oshino, yang memiliki 8 kolam kecil sebagai daya tarik wisatanya. Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas lain mulai dari restoran, toko souvenir, hingga sebuah museum ruang terbuka kecil, Hannoki Bayashi Shiryokan, yang memiliki koleksi beberapa rumah tradisional Jepang.


Akses dari Tokyo

Untuk mencapai Danau Yamanakako ini paling mudah menggunakan bus. Ada banyak opsi bus dari Stasiun Tokyo dan Stasiun Shinjuku yang berhenti di Danau Yamanakako dengan durasi perjalanan rata-rata 2,5 jam dan biaya antara 1750 yen hingga 2050 yen. Namun jika punya rencana untuk naik kereta sampai ke Stasiun Kawaguchiko, dari stasiun tersebut dapat naik retro bus menuju ke Danau Yamanakako. Biayanya kira-kira 900 yen*, dan waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit.


Danau Saiko


Danau ini ukurannya jauh lebih kecil dibanding Danau Yamanakako dan Danau Kawaguchiko. Infrastruktur wisatanya juga kurang terbangun, dan pemandangan ke arah Gunung Fuji terhalang oleh gunung lainnya. Bagian yang paling menarik dari danau ini adalah karena jaraknya tak begitu jauh dari bermacam jalur hiking, sehingga danau ini menarik perhatian para pecinta aktifitas outdoor seperti berkemah, memancing, dan ainnya. Danau ini juga berada di wilayah hutan Aokigahara yang terkenal sebagai hutan bunuh diri. Aokigahara memiliki beberapa gua (diantaranya Bat Cave, Ice Cave, dan Wind Cave) yang terbentuk akibat proses alami selama bertahun-tahun, dan gua-gua tersebut menjadi salah satu daya tarik tambahan dari Danau Saiko ini.



Danau Saiko dan Aokigahara [foto: Alpsdake/wikimedia]


Selain Aokigahara, ada beberapa fasilitas lain yang terdapat di sekitar Danau Saiko. Yang pertama adalah Iyashi no Sato yang merupakan museum ruang terbuka yang memiliki puluhan rumah tradisional dan juga toko-toko kerajinan. Lalu ada Koyodai, sebuah gunung kecil yang populer akan pemandangan musim gugurnya. Dan Yurari, sebuah pemandian air panas dengan desain modern.



Danau Saiko dan Gunung Fuji [foto: Amarpreet.singh.in/wikimedia]


Akses dari Tokyo:

Salah satu cara termudah menuju ke danau ini adalah naik kereta maupun bus dan turun di Stasiun Kawaguchiko. Dari Stasiun Kawaguchiko, tinggal naik retro bus menuju ke Danau Saiko. Harga tiket tergantung Anda berhenti di halte mana.


Danau Motosuko


Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di antara ke lima danau di Fujigoko, namun infrastruktur pariwisatanya kurang terbangun dibanding kedua danau lain yang sudah saya sebut sebelumnya. Akses menuju ke danau ini pun terbilang lebih sulit, khususnya jika menggunakan transportasi publik. Bagaimanapun, danau ini terkenal sebagai salah satu tempat strategis untuk menikmati pemandangan ke arah gunung Fuji dan pemandangan danau ini dapat dilihat pada pecahan uang kertas 1000 yen.



Danau Motosuko [foto: Captain76/wikimedia]


Salah satu daya tarik lain dari danau ini karena posisinya tak jauh dari lokasi pelaksanaan Fuji Shibazakura Festival. Festival tersebut merupakan festival bunga yang diadakan pada pertengahan bulan April hingga awal Juni. Lokasi venue hanya berjarak 3 kilometer dari Danau Motosuko, dan setiap kali festival digelar, bisa menarik perhatian ratusan ribu pengunjung.



Fuji Shibazakura Festival [foto: wikimedia]


Danau Shojiko


Merupakan danau terkecil diantara ke-5 danau dan populer sebagai tempatnya untuk melakukan berbagai aktifitas outdoor. Danau ini membatasi hutan Aokigahara, dan berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, sama seperti Danau Motosuko dan Danau Saiko. Diduga ketiga danau tersebut memiliki saluran air bawah tanah sehingga ketinggian permukaan airnya selalu sama.



Danau Shojiko [foto: Alpsdake/wikimedia]


***


*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.


**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.





[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/700-mengenal-danau-danau-di-fujigoko-2-end-danau-yamanakako-saiko-motosuko-dan-shojiko/][url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/700-mengenal-danau-danau-di-fujigoko-2-end-danau-yamanakako-saiko-motosuko-dan-shojiko/]SUMBER[/url][/url]
























0
3.8K
24
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.