• Beranda
  • ...
  • Japan
  • Yuk, Kenali Etika di Onsen Jepang Sebelum Mencoba!

japanlist
TS
japanlist
Yuk, Kenali Etika di Onsen Jepang Sebelum Mencoba!
Onsen atau pemandian air panas alam menjadi salah satu aktivitas yang disukai orang Jepang terutama di musim dingin. Topografi Jepang yang berupa pegunungan membuat Jepang memiliki banyak onsen. Kalau kalian tertarik untuk mencoba onsen, ada baiknya kenali dulu etika yang berlaku di Jepang dalam menikmati onsen supaya tidak salah ketika mencoba onsen di Jepang, karena beda budaya tentunya beda kebiasaan, kan?

Nah, apa saja yang etika perlu diperhatikan ketika saat menggunakan fasilitas onsen? Berikut rangkumannya.


1. Melepaskan sepatu


Spoiler for Rak Sepatu:


Kebanyakan tempat onsen menggunakan tatami atau tikar Jepang untuk lantai mereka, jadi memakai sepatu atau sandal luar ruangan adalah hal yang terlarang untuk dilakukan ketika memasuki onsen. Pastikan untuk melepaskan dan menyimpan sepatu di tempat penyimpanan sepatu yang telah disediakan.


2. Lepaskan Semua Baju dan Simpan di Loker


Spoiler for Loker:


Satu hal yang harus dipahami, berani mencoba onsen berarti siap untuk bertanpa busana ria. Karena memang seperti itu peraturan onsen di Jepang. Semua harus berendam tanpa pakaian penutup, termasuk handuk. Umumnya tempat onsen menyediakan loker buat para pengunjungnya di ruang ganti. Jadi semua barang bawaan termasuk baju bisa disimpan di loker ini. Walau pun pencurian bisa dibilang hal langka di Jepang, tapi kalau ingin lebih tenang bisa juga menggunakan loker koin untuk menyimpan barang-barang berharga seperti ponsel atau dompet.


3. Mencuci Badan Sebelum Berendam


Spoiler for Basuh Dulu Gan:


Salah satu etika yang harus diingat sebelum berendam di onsen adalah mencuci badan dengan bersih terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan. Setelah badan bersih, baru kita bisa berendam.


4. Masuk ke Dalam Onsen Dengan Tenang


Ketika masuk ke dalam air, jangan mencipratkan air kepengunjung lain atau membuat gaduh yang bisa menyebabkan pengunjung lain merasa tidak nyaman.


5. Jangan Menaruh Apa Pun di Dalam Air Onsen


Tidak di perkenankan untuk membawa apa pun masuk ke dalam air. Diperbolehkan untuk membawa handuk ketika berendam, tapi handuk yang dibawa tidak boleh ditaruh di dalam air. Selama kita berendam letakkan handuk tersebut di atas kepala.


Spoiler for Anduk di atas kepala:


6. Jangan Mengambil Foto


Umumnya tempat-tempat onsen tidak memperbolehkan pengunjungnya mengambil foto, dan biasanya memang tidak diperkenankan membawa kamera ke dalam onsen.


Spoiler for Do not Take a Pict:


7. Berendam Dengan Tenang


Berendam di onsen adalah saatnya rileksasi, karena itu jangan membuat kegaduhan seperti teriak-teriak, ngobrol keras-keras, dan sebagainya. Nikmati saja kehangatan air onsen yang membuat tubuh rileks.


Spoiler for Mari Berendam:


8. Keringkan Badan Setelah Berendam


Terakhir, selesai berendam pastikan untuk mengeringkan badan dengan handuk yang dibawa sebelum kembali ke ruang ganti baju.

Nah, itu tadi beberapa etika yang perlu diketahui sebelum mencoba onsen di Jepang. Selamat mencoba onsen!



Sumber

Spoiler for Hot Thread:



HeAVen_DoG
HeAVen_DoG memberi reputasi
1
5.5K
7
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Japan
Japan
icon
1.3KThread629Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.