• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Silsilah Keluarga Dewa dan Dewi Mesir, Yunani dan Nordik [ mitologi ]

marvagathorz
TS
marvagathorz
Silsilah Keluarga Dewa dan Dewi Mesir, Yunani dan Nordik [ mitologi ]
Assalamualaikum

agan/sista , mimin/momod yang sangat baik

semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan

aamiinemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)



ok gan , kali ini ane mau share beberapa silsilah keluarga Dewa dan Dewi dari 3 tempat yaitu Mesir, 

Yunani dan Nordik. 



ok selamat membaca

semoga terhibur













1. Mesir

  Tahap baru mitologi Mesir kuno mungkin dipengaruhi oleh lingkungan alam dan peristiwa yang mempengaruhi Mesir itu sendiri. Sebagai contoh, pola siklus matahari dan pola musiman banjir Nil (yang memperkaya tanah) memainkan peran penting mereka dalam membangun air dan matahari sebagai simbol kehidupan.
Inti geografis dari peradaban Mesir kuno - Delta Nil yang subur, dikelilingi oleh tanah kering dan gurun (dihuni oleh kelompok para perampok dan pengembara). orang Mesir kuno menganggap tanah mereka sebagai surga bagi stabilitas yang tenang, yang pada gilirannya dikelilingi oleh banyak wilayah tanpa hukum - sehingga pada dasarnya menciptakan trikotomi keteraturan, kekacauan, dan pembaruan; tema yang integral dengan mitologi Mesir.

Di sisi lain, peristiwa sejarah juga memainkan peran mereka dalam membentuk mitologi pada akhir Periode Predinkastik, sekitar 3100 SM. Ini adalah zaman ketika firaun Mesir menyatukan kedua alam Atas dan Bawah, yang pada akhirnya menjadikan raja-raja itu sebagai fokus pujian dalam konteks religius. Dengan demikian firaun dikaitkan dengan entitas ilahi, dan karena berbagai prasasti dan ikonografi Mesir kuno (terutama dari periode dinasti ke-18 dan ke-19) menggambarkan raja-raja dalam gaya dewa matahari. Beberapa penggambaran ini bahkan memproyeksikan firaun sebagai inkarnasi dewa perang dan keberanian, Montu (dewa elang) atau sebagai personifikasi dari Mesir itu sendiri.
Dalam hal apapun, seperti untuk presentasi pohon keluarga dewa dan dewi Mesir kuno, infografik yang brilian dibuat oleh Korintel Briggs.

ini adalah daftar Dewa dan Dewi Mesir.





2. Yunani


  Mitologi Yunani, tidak seperti Veda Hindu atau bahkan Alkitab, tidak tersedia bagi orang Yunani kuno melalui kompilasi teks tunggal. Sebaliknya banyak karakter dan cerita mereka ditanggung oleh tradisi lisan yang dikembangkan selama Zaman Perunggu Mycenaean. Sekarang, tentu saja, contoh terbesar dari Yunani Klasik yang terinspirasi oleh 'nenek moyang' mereka berasal dari puisi epik Homer di Iliad dan Odyssey. karya-karya sastra epik ini harus dipandang lebih sebagai kumpulan tradisi cerita rakyat yang diwariskan turun-temurun dari sekitar abad 9-8 SM (tiga abad setelah meninggalnya the Mycenaean).
Bagaimanapun juga, para dewa, pahlawan, dan mitos monster, melambangkan berbagai cakupan, mulai dari ritual keagamaan hingga cuaca. Sederhananya, berbagai entitas ini menyediakan orang-orang Yunani kuno dengan makna siklus duniawi dan alami, yang agak membenarkan keberadaan mereka dalam kerangka mitologi. Dan secara historis, mungkin Theogony sang penyair Hesiod yang menyusun kisah asal mula mitologi Yunani pertama kali, sekitar tahun 700 SM. Dia diikuti oleh berbagai dramawan dan penyair Yunani lainnya (seperti Aeschylus, Sophocles, dan Euripides) yang memainkan peran mereka dalam memperluas dan bahkan memperbarui beberapa elemen dari mitologi Yunani yang sangat luas.

ini adalah hanya beberapa daftar Dewa dan Dewi yunani yang terbesar dan paling penting.





3. Nordik


  Di antara semua mitologi yang disebutkan di atas, mitologi Nordik mungkin memiliki asal-usul samar, dengan lingkup utamanya adalah dari tambal sulam tradisi lisan dan cerita lokal yang dikandung di Skandinavia. Untungnya, banyak dari beragam dongeng tua ini dikumpulkan dan disusun dalam manuskrip-manuskrip (terdiri dari teks-teks Nordik Kuno), pada sekitar abad ke-13 di Islandia. Salah satu karya sastra Nordik Kuno yang penting ini berkaitan dengan Prosa Edda, yang dianggap ditulis oleh sejarawan dan sejarawan Islandia, Snorri Sturluson, sekitar tahun 1220 M.

Karya sastra penting lainnya yang disusun dalam Nordik Kuno berhubungan dengan Poetic Edda. Seperti namanya, kompilasi terdiri dari puisi-puisi yang berasal dari sekitar tahun 1000 - 1300 M, dengan sebagian besar koleksi yang berisi teks dari Codex Regius (Buku Kerajaan), sebuah manuskrip abad pertengahan Islandia yang berasal dari sekitar tahun 1270 M. Codex Regius sendiri dianggap sebagai salah satu sumber yang paling penting yang masih ada untuk mitologi Nordik dan legenda Jermanik. John Bruno Hare, pendiri Internet Sacred Text Archive, mengatakan ini tentang konten terkait Poetic Edda.

ini adalah daftar silsilah yang mungkin masih samar mengani Dewa dan Dewi dalam Mitologi  Nordik.





ok, Sekian dari Ane gan
mohon maaf bila banyak kekurangan , harap di maklum

mampir ke thread ane yang lain gan

10 Naga Dari Berbagai Budaya Di Dunia [ mitologi ]
Inilah 12 titans Sebelum Olympian [ Mitologi Yunani ]
inilah bentuk dunia dari mitologi Nordik
Elf dan 13 jenisnya [mitologi]

atau bisa langsung ke blog ane gan

Mythians.blogspot.com

emoticon-I Love Kaskus (S)  Terima kasih  emoticon-I Love Kaskus (S)

fachri15
fachri15 memberi reputasi
2
49.7K
121
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.