Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b6f2cd89b091d608b457a/manusia-dan-takdir-bisakah-kita-memilih-takdir
Manusia adalah sosok mahluk yang unik, dimana hidupnya di bumi penuh dengan hal yang abstrak. Tak bisa di prediksi dan ditentukan oleh orang lain, jalan hidup seorang manusia berbeda-beda namun semua itu adalah pilihannya menjadi orang baik atau sebaliknya. Lalu bagaimana dengan "Takdir" ini hal yang gelap dan masuk ranah ghaib takdir adalah sesuatu dimana manusia sebagai mahluk lemah ta
Lapor Hansip
14-09-2018 15:19

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?

icon-verified-thread


Manusia adalah sosok mahluk yang unik, dimana hidupnya di bumi penuh dengan hal yang abstrak. Tak bisa di prediksi dan ditentukan oleh orang lain, jalan hidup seorang manusia berbeda-beda namun semua itu adalah pilihannya menjadi orang baik atau sebaliknya.

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?

Lalu bagaimana dengan "Takdir" ini hal yang gelap dan masuk ranah ghaib takdir adalah sesuatu dimana manusia sebagai mahluk lemah tak bisa memilih. Layaknya ketetapan hidup yang harus dijalani bahkan sebagian takdir itu adalah ujian bagi setiap insan.

Layaknya diri kita yang tidak tahu akan lahir di rahim siapa, bersuku dan ras apa ? Mau itu jadi suku Jawa, Batak, Sunda, Bugis, Papua itu semua hal yang tak bisa kita pilih karena tahu-tahu lahir dengan selamat di iringi tangisan.

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?

Banyak orang mempertanyakan takdir, namun tapi semakin di cari dan di gali manusia semakin bingung dan buta tentang ketetapan dari takdir tersebut, maklum saja ranah takdir memang bukan urusan manusia. Karena manusia sebenarnya hidup dengan mempunyai pilihan namun takdir adalah ketetapan yang sudah digariskan untuk individu manusia tersebut.

Terkadang ada anak muda membawa pacarnya jalan-jalan, tiap hari jalan bahkan sampai malam dan gelap-gelapan hingga kebanyakan jalan sang wanita pun masuk angin sembilan bulan. Orang tua pun marah dengan santai si anak muda tadi berkata " Ini takdir dari Tuhan " Bodoh namanya itu bukan takdir namun pilihan ada hukum sebab akibat disana. Bila belajar akan pintar, bila Bekerja dapat uang, bila main suntik anak orang ya bisa melendung sembilan bulan. Pilihannya cuma dua "Mau" atau "Tidak" itu adalah pilihan untuk masa depan seorang manusia.

Jadi tak patutlah manusia ini bersandar pada takdir seakan-akan manusia ini sudah pasti jalan hidupnya seperti itu. Sadarlah hidup manusia selalu dihadapkan pada berbagai macam pilihan ketika ia melangkah pada pilihannya maka takdir mengikutinya bisa pilihannya gagal bisa jadi berhasil. Hidup memang unik bukan ? Usaha dan kerja keras pastinya akan berbuah kesuksesan bandingkan dengan manusia yang pemalas yang tak mau berusaha dan berkata ini "Takdir Tuhan" aku menjadi miskin, susah dll. Sungguh manusia seperti ini salah dalam memahami takdir.

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?

Jadi perlu di pertegas bahwa berhati-hatilah dalam memahami takdir. Kehidupan manusia selalu berteman dengan rasa sedih dan takut. Sedih pada apa yang terjadi di masa lalu dan takut untuk melangkah di masa depan, dua rasa ini selalu menghantui. Namun sebagai manusia yang bijak hendaklah kedua rasa tadi di hilangkan dengan selalu berfikiran positif. Lupakan masa lalu sonsonglah masa depan, karena hidup sesungguhnya merupakan pilihan, dan takdir adalah ketetapan yang tidak bisa kita hindarkan seperti contohnya kelahiran dan kematian. Jadi takdir tak usahlah diperdebatkan, hanya buang waktu dan tenaga kita saja juragan.

Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa juga untuk seruupuutt

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?

c4punk@2018


https://m.kiblat.net/2016/07/23/rasu...diperdebatkan/


profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
15-09-2018 20:23
Quote:Original Posted By wis.udah
kalo kaya miskin sehat sakit itu termasuk takdir bukan atau emg sebuah pilihan ?


Pilihan kalau ikhtiarnya dah jalan....takdir kalau trnyata hsil berbeda dari usahanya...
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
15-09-2018 22:25
Quote:Original Posted By c4punk1950...


kalau bisa di tentukan matinya itu hanya cara mati dan itu sebuah pilihan, tapi intinya dia mati...emoticon-Big Grin

Mati itu takdir, tapi cara untuk mati itu pilihan...emoticon-Embarrassment

sama2 gan..

mati memang sebuah takdir krna setiap makhluk hidup ditakdirkan untuk mati
sedangkan baik dan burukny dlm menghadapi kematian itu sebuah pilihan.
tapi berbeda dgn kecelakaan, krna kecelakaan itu mrupkan takdir, pilihanya hanya berhati2.
gtu kan?
Quote:Original Posted By c4punk1950...


Pilihan kalau ikhtiarnya dah jalan....takdir kalau trnyata hsil berbeda dari usahanya...

berusaha merupakan pilihan, hasil merupakan takdir. gt kah?
jadi miskin dn sakit itu takdir, sdngkan kaya dan sehat itu pilihan, atau terbalik?
Diubah oleh wis.udah
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
15-09-2018 22:50
semua udah di tetapkan gan....
mo gmnapun emoticon-Big Grin
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
15-09-2018 23:06
Quote:Original Posted By wis.udah
mati memang sebuah takdir krna setiap makhluk hidup ditakdirkan untuk mati
sedangkan baik dan burukny dlm menghadapi kematian itu sebuah pilihan.
tapi berbeda dgn kecelakaan, krna kecelakaan itu mrupkan takdir, pilihanya hanya berhati2.
gtu kan?

berusaha merupakan pilihan, hasil merupakan takdir. gt kah?
jadi miskin dn sakit itu takdir, sdngkan kaya dan sehat itu pilihan, atau terbalik?


yup seperti itulah bre...emoticon-Embarrassment
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
16-09-2018 13:46
Quote:Original Posted By danQe
semua udah di tetapkan gan....
mo gmnapun emoticon-Big Grin


ya begitulah
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
16-09-2018 21:17
emoticon-Sundul
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
16-09-2018 21:20
kalo ane kasih duit ke ente, itu kehendak bebas ane ngasih duit ke ente atau itu takdir ente dapet rejeki lewat ane?
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
16-09-2018 22:10
Simpelnya Takdir itu jalan hidup elu,elu bebas nentuin cara hidup elu sendiri,mau nyerah mati sekarang boleh,mau jadi transgender boleh,jelek terus operasi..pilihan jalan hidup bebas ini bisa disebut takdir mubram..

Tapi inget elu bukan Tuhan,elu cuma wakil Tuhan di bumi yang harus tunduk sama ketetapan atasan elu.
ada batasan-batasan yang elu gak boleh langgar nah batasan jalan hidup ini disebut takdir mualaq.

Baik mubram dan mualaq gak bisa dipisahkan jadi rangkaian takdir manusia.
Diubah oleh arynurcahyanto
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
17-09-2018 00:57
Quote:Original Posted By 442tactician
kalo ane kasih duit ke ente, itu kehendak bebas ane ngasih duit ke ente atau itu takdir ente dapet rejeki lewat ane?


Quote:Original Posted By arynurcahyanto
Simpelnya Takdir itu jalan hidup elu,elu bebas nentuin cara hidup elu sendiri,mau nyerah mati sekarang boleh,mau jadi transgender boleh,jelek terus operasi..pilihan jalan hidup bebas ini bisa disebut takdir mubram..

Tapi inget elu bukan Tuhan,elu cuma wakil Tuhan di bumi yang harus tunduk sama ketetapan atasan elu.
ada batasan-batasan yang elu gak boleh langgar nah batasan jalan hidup ini disebut takdir mualaq.

Baik mubram dan mualaq gak bisa dipisahkan jadi rangkaian takdir manusia.


Sepertinya free will terbatas emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
19-09-2018 07:16
Quote:Original Posted By raysat3d
secara ringkas, iya, terlahir termasuk salah satu takdir
segala kejadian yg ga bisa diubah karena terbatas waktu, itu disebut takdir
miskin, sakit, bodoh, disebut nasib karena masih ada waktu mengubah

sebab akibat, cuma bisa menjelaskan "bagaimana itu terjadi"
tapi ga bisa menjelaskan "kenapa itu terjadi"

tergantung "apalah itu" nya gan, kalo nasib bisa diubah, kalo takdir ga bisa
contoh mau ngubah takdir Indonesia merdeka tahun 1945, gimana caranya ?


hmmmmm mantappp emoticon-Embarrassment
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
03-10-2018 07:34
takdir
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
27-10-2018 08:15
Quote:Original Posted By doyanoncom
takdir tidak bisa di ubah
contoh dalam hal ini pekerjaan
seperti prabowo sudah 2 x dia nyalonin presiden tapi takdir berkata lain, seberapa kerasnya dia berusaha tapi tuhan tetap yang menentukan emoticon-Big Grin


Takdirnya prabowo milik tuhan atau milik rakyat? emoticon-Big Grin
Goblok bgt lu
Diubah oleh fuzzyparadoxx
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
27-10-2018 08:23
ane mau beli suatu barang di toko (beli bebas apa aja), tokonya punya banyak barang untuk di jual tapi ane milih untuk beli sabun dan makanan. Apakah itu takdir?
Apakah niat ane yg beli ke toko itu baru takdir?
Kenapa ane bisa tau kalo ane mau ke toko? emoticon-Big Grin
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
27-10-2018 08:26
Quote:Original Posted By arynurcahyanto
Simpelnya Takdir itu jalan hidup elu,elu bebas nentuin cara hidup elu sendiri,mau nyerah mati sekarang boleh,mau jadi transgender boleh,jelek terus operasi..pilihan jalan hidup bebas ini bisa disebut takdir mubram..

Tapi inget elu bukan Tuhan,elu cuma wakil Tuhan di bumi yang harus tunduk sama ketetapan atasan elu.
ada batasan-batasan yang elu gak boleh langgar nah batasan jalan hidup ini disebut takdir mualaq.

Baik mubram dan mualaq gak bisa dipisahkan jadi rangkaian takdir manusia.


Oversimplified version of life emoticon-Ngakak
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
27-10-2018 12:07
Kita yg memilihnya...

Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
29-10-2018 11:26
Quote:Original Posted By fuzzyparadoxx


Takdirnya prabowo milik tuhan atau milik rakyat? emoticon-Big Grin
Goblok bgt lu


gak usah ngomong kasar.....intimidasi luh gak bakalan orang lain takut, karena kamu cuma sekedar keyboard warior......gue tahu dalam kehidupan nyata luh pasti sering di bully jadi cuma bisa melampiaskan kekesalan lo cuma lewat forum atau sosmed emoticon-Big Grin
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
29-10-2018 16:33
Quote:Original Posted By doyanoncom
gak usah ngomong kasar.....intimidasi luh gak bakalan orang lain takut, karena kamu cuma sekedar keyboard warior......gue tahu dalam kehidupan nyata luh pasti sering di bully jadi cuma bisa melampiaskan kekesalan lo cuma lewat forum atau sosmed emoticon-Big Grin


Bocah, apa2 jawabannya takdir gak mau mikir lebih keras.
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
26-02-2020 19:00
Iya gan... Tread bagus 🙏

Kalau aaya bisa pilih takdir lahir dimana.. pilih lahir di Amerika/Jepang lah.. emoticon-Cape d...
0 0
0
Manusia Dan Takdir, Bisakah Kita Memilih Takdir ?
14-03-2021 21:19
manusia itu hidup dalam (setidaknya) 3 macam area :
1 area "diluar kendali"
2 area "dipengaruhi"
3 area "dalam kendali"

1 area di luar kendali
area pertama adalah area dimana terdapat banyak hal yang terjadi diluar kendali kita.
contoh : kita lahir di belahan bumi mana, suku apa, laki/wanita, warna kulit apa, rambut warna apa, sempurna atau cacat, dsb.

2 area yang dipengaruhi
area kedua adalah area dimana terdapat berbagai hal yang terjadi dan itu mempengaruhi kita. area ini juga diluar kendali kita.
contoh : kita lagi tidur di bus, tahu2 bus masuk jurang dan meledak. kita lagi di hutan lalu ndak sengaja terkena panah pemburu nyasar. dsb.

3 area dalam kendali
area ketiga adalah area dimana segala sesuatunya terjadi dalam kendali penuh kita.
contoh : kita mau belajar atau istirahat, mau jujur atau curang, mau taat hukum atau langgar hukum, dsb.

area pertama dan kedua tak usah dipusingkan. karena manusia tak akan dimintai pertanggungjawaban pada area ini.
itu sudah ditetapkan. kita tinggal terima jadi dan tak punya kuasa untuk menolak.

yang perlu kita perhatikan adalah area ketiga. karena ada dalam kendali penuh kita. dan segala macam hal yang ada pada area ini tergantung kita. dan kita akan dimintai pertanggungjawaban atas segala tindakan kita pada area ini.
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia