Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
278
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98868b12e257c0438b456b/mari-berpolitik
Politik menurut Aristoteles adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki. Prof. Miriam Budiharjo menyatakan politik adalah, macam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu. Dalam konteks negara, politik dapat diartikan seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun non-konstitusional.
Lapor Hansip
12-09-2018 10:22

Mari Berpolitik

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mari Berpolitik

Quote:
Politikmenurut Aristoteles adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki. Prof. Miriam Budiharjo menyatakan politik adalah, macam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu. Dalam konteks negara, politik dapat diartikan seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun non-konstitusional. Kita buang dulu cara non-konstitusional. Selain jahat, juga menimbulkan banyak korban. Contoh dari politik non-konstitusional adalah kudeta dan pemberontakan.


Beberapa tahun belakangan Negara Kita Indonesia ramai dengan kata politik. Mulai dari konstelasi Pemilihan Kepala Daerah, sampai nanti puncaknya di tahun 2019 dengan pemilihan anggota legislatif dan Presiden. Sudahkah kita memahami apa itu politik? Sudahkan kita turut berpartisipasi aktif dalam berpolitik? Atau jangan-jangan kita tidak tahu apa itu politik dan abai dengan politik itu sendiri. Padahal, dilihat dari maknanya, segala kebijakan yang menyangkut hajat hidup kita, Warga Negara, adalah produk dari politik.

Contoh sederhana saja, penyusunan UU yang mengatur soal pajak. Kita, sebagai warga negara yang baik dan pembayar pajak tentu punya kepentingan dengan UU ini. Contoh lain, kita seorang eksportir. Tentu sangat berharap ada paket kebijakan (entah UU atau Peraturan Pemerintah) yang melindungi kita. Jika Wakil kita di DPR yang dipilih lewat proses politik, orientasinya tidak untuk kesejahteraan rakyat, apakah kita bisa berharap produk (UU) yang mereka hasilkan pro dengan kepentingan rakyat?

Mari Berpolitik

Terbayang tidak jika kita abai terhadap politik, tidak ikut proses politik, dengan alasan bodo amat, ga ada hubungannya sama gw. Apa yang akan terjadi? Kita sama saja menggadaikan nasib kita pada bandit-bandit tidak jelas. Apa kita tidak bosan melihat anggota legislatif kita, orang-orang pemerintahan kita tiap hari dikeler KPK karena maling duit kita? Anggaran negara kan duit kita, duit pajak yang kita bayarkan pada negara.

Yang terlihat sedikit pintar bukan pintar beneran ya, menggaungkan golongan putih. Ini sama saja abai terhadap proses politik. memangnya dengan kamu menjadi golongan putih, kamu bisa memperbaiki keadaan? Kenapa tidak kamu salurkan gagasan mu lewat saluran yang sudah ada? Merasa tidak cocok dengan yang sudah ada? Buat saluran sendiri. Negara menjamin kok pembuatan ormas, LSM, bahkan partai politik untuk bersuara. Menyuarakan aspirasi mu yang tidak tertampung di saluran yang sudah ada.

Mari Berpolitik


Hari ini suara pemilih muda, atau sering disebut pemilih milenial sedang diperebutkan. Ini peluang buat kita anak-anak muda untuk masuk ke politik Masuk di sini adalah memberikan saran dan masukan program yang membawa manfaat. Jika tahu ada Bakal Caleg yang bermasalah, bisa kamu koreksi. Ke mana? Silahkan merapat ke partai yang kamu anggap sesuai. Tidak perlu muluk-muluk, datangi saja DPD/DPC Partai di daerah mu. Ajak mereka diskusi soal apa_apa yang daerah mu butuhkan, potensi apa yang bisa dikembangkan. Jangan bilang ga akan ditanggapi kalau belum mencoba.

Kalau kamu tinggal di desa, punya nyali dan punya skill, datangi Kepala Desa mu. Tanyakan Dana Desa nya dipakai untuk apa. Sah kah? Sah! Wong rakyat memang dianjurkan untuk mengawasi dana desa kok. Jika kamu punya ide kreatif penggunaan dana desa, itu lebih mantab lagi. Ajukan saran mu, nanti akan dibahas dan jika memang membawa manfaat, pasti akan dijalankan. Inilah wujud nyata berpolitik yang bisa kita, anak muda lakukan.

Last, dari pada mengutuk kegelapan, mari kita nyalakan sesuatu untuk membuat sekitar kita menjadi terang. Dari pada mengutuk bejatnya perilaku politisi negeri ini, yang bahkan panci pun diembat tak kembali. Lebih baik kita berbuat sesuatu untuk negeri ini. Mari Berpolitik, untuk Indonesia yang lebih baik. Salam Damai.


Ciao.

Sumber Referensi : sini
Sumber Gambar : sini, sini
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 11
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:20
yg santun, jujur, gak korup gak SARA, dan yg penting mah, gak jualan agama...
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:26
kalau udah masuk partai, baru bisa ngomong politik.. sekarang semuanya udah pake duit.. politik juga pake duit.. udah sekarang mending belajar dulu yang rajin, kumpulin duit, masuk partai, baru ikut partai ya syukur syukur jadi anggota dprd/dpr.. nyoblos cuman bisa bikin sakit atii..
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:38
gw nyoblos yang gw kenal aja.. sebodo amat partainya.. kalau temen gw ada yang nyaleg udah pasti gw pilih. Daripada milih yang gw pribadi ngga kenal
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:42
manusia adalah makhluk zoon politicon yang artinya selalu berpolitik. sepertinya begitu yg ane ingat dari pelajaran sosiologi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:43
Makanya gan ayo sama2 pilih PSI. Partai Sekuler Indonesia

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:53
yang disana politiik dagelan emoticon-Ngacir
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 20:57
kalau dari pengertian nya sih, dengan cara apapun politik itu tidak baik. yang benar, melawan politik
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:01
yang pasti prinsip ane tu Salam Netral dan Yuri Shall Conquer The World
emoticon-Cool
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:03
Yang muda, yang lebih kritis emoticon-Big Grin
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:12
gw sih gapernah golput, tp gw ngerasa pilihan gw kalah mulu wkwk
Diubah oleh PriaBertopeng
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:17
berpolitik sih fine2 aja cma jgn govlok
kek bbrpa golongan yg pen debat pilpres pke bahasa inggris emoticon-Cape d... (S)
Mau benci sih silahkan, mau cari2 kesalahan y silahkan, cma nyatanya kbnyakan malah nunjukin kegovlokannya sendiri emoticon-Ngakak (S)
0 1
-1
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:24
mejeng dulu di tred
politik
kata bang iwan
politik itu kejam bre
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:28
Quote:Original Posted By LaSeixas
yg santun, jujur, gak korup gak SARA, dan yg penting mah, gak jualan agama...


kenyataannya skrg gimana bree.. emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:33
saran berpolitik bagi kaum muda. yg baru punya Katepeh
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:48
Kalo ente ngomongin politik, berarti ente uda tuir... emoticon-Wkwkwk
Ayo kita berpolitik praktis yang baik, demi kemajuan kita bersama, mulailah dari lingkup rumah, dengan memberikan kesempatan berbicara pada anggota keluarga, berarti kita mulai berpolitik praktis yang baik...
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:50
daripada mikir politik mending ngopi karo ngomongke rondo anyaran.
0 1
-1
Mari Berpolitik
16-09-2018 21:54
Tapi harus cerdas juga kalo berpolitik yaa
1 0
1
Mari Berpolitik
16-09-2018 22:19
Quote:Original Posted By agenavatar
gw nyoblos yang gw kenal aja.. sebodo amat partainya.. kalau temen gw ada yang nyaleg udah pasti gw pilih. Daripada milih yang gw pribadi ngga kenal

Nah ini rada masuk akal... Namanya teman, pasti sudah tau seperti apa track recordnya... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By adrianfuzagame
Makanya gan ayo sama2 pilih PSI. Partai Sekuler Indonesia

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Gw pilih Partai Komunis Syariah saja om... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 23:02
Ane dari kecil udah diajarin untuk berpolitik bebas aktif gan
0 0
0
Mari Berpolitik
16-09-2018 23:21
ane percaya dari bayi pun kita sudah berpolitik, seni untuk mendapatkan sesuatu. nggak cuma masalah kekuasaan
0 0
0
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia