Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9e4ed131e2e6bd388b4568/perbedaan-hooligan--casuals--ultras--tifosi--mania-dalam-sepak-bola
Agan yang Cantik-cantik dan Ganteng-ganteng :ultahhore kali ini Gw mau memberikan Sedikit penjelasan nih PERBEDAAN HOOLIGAN , CASUALS , TIFOSI , ULTRAS , MANIA DALAM SEPAK BOLA Yang mungkin agan-agan disini masih banyak yang bingung apa sih perbedaan dari ke 5 suporter bola itu 
Lapor Hansip
16-09-2018 19:38

Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Past Hot Thread
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
 Hollaa!!! Agan yang Cantik-cantik dan Ganteng-ganteng emoticon-Ultah kali ini Gw mau memberikan Sedikit penjelasan nih PERBEDAAN HOOLIGAN , CASUALS , TIFOSI , ULTRAS , MANIA DALAM SEPAK BOLA Yang mungkin agan-agan disini masih banyak yang bingung apa sih perbedaan dari ke 5 suporter bola itu 

Nah,, Jadi Sepak bola selalu menghasilkan sisi-sisi unik yang menarik untuk diamati, termasuk para pendukung. Kedatangan mereka ke stadion tentu didasari oleh berbagai hal, mulai dari mencari hiburan, mendukung, atau bahkan menunjukkan sikap politik tertentu. Dari berbagai motif itulah kemudian muncul beberapa jenis pendukung klub sepak bola. Berikut 5 di antaranya: 



Quote:1. Hooligan.
 Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Hooligan adalah sebutan untuk fans sepak bola di Inggris yang mulai sering terdengar antara tahun 1960an. Dilansir dari thefirms.co.uk, sebutan ini merujuk pada sekelompok pendukung klub sepak bola Inggris yang gemar melakukan tur untuk mengikuti tim pujaan bermain di luar kota. Beberapa nama kelompok Hooligan yang terkenal antara lain adalah, Gooners, The Herd, Villa Hardcore, Zulu's Army, Headhunters, The Army, dan The Urchins.
Mereka memiliki tradisi "away day" alias mengawal tim kesayangan ke luar kota. Bagi sebagian orang, perilaku mereka terkesan urakan. Mulai dari minum-minum, bernyanyi, hingga melakukan kerusuhan telah lekat dalam imej mereka. Tak jarang, aksi fanatisme mereka kemudian memakan korban. Beberapa kali insiden penusukan antar kelompok Hooligan mewarnai sepakbola Inggris. Termasuk di antaranya tragedi Heysel dan Hillsborough.




Quote:2. Casuals.
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Antara tahun 1985-1990, pemerintah Inggris secara resmi melarang kegiatan Hooliganisme dalam bentuk apapun. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai respons atas tragedi Hillsborough yang menewaskan 96 orang pada tahun 1985. Hal itu membuat para Hooligan tak bisa mengenakan kostum tim kesayangan saat menonton sepak bola. Untuk mengatasi hal itu, Hooligan memilih untuk tetap datang ke stadion dengan mengenakan pakaian kasual yang kemudian melahirkan kelompok pendukung Casuals. 
Dilansir dari vice com, Casuals sendiri merujuk pada kelompok supporter yang datang ke stadion dengan mengenakan pakaian kasual alih-alih kostum dan identitas klub. Mereka lebih suka mengenakan celana jeans, kaos, jaket parka, dan sepatu sneakers, khas budaya populer di masa itu. Dalam perkembangannya, kelompok Casuals juga memiliki kedekatan dengan subkultur lain seperti musik rock n roll, fashion, dan geng motor. 




Quote:3. Tifosi.
 Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Tifosi sendiri pada dasarnya adalah bahasa Italia untuk kata "penggemar" atau fans. Sama seperti di Inggris, sepak bola juga telah menjadi bagian dalam budaya masyarakat Italia. Di Italia, penggemar sepak bola sangat terikat dengan stereotipe kedaerahan dan sikap politik. Supporter yang awalnya bertujuan mendukung tim kesayangan, malah terjebak pada saling ejek kota asal dan pilihan politik. 
Walaupun demikian, mereka bukanlah golongan supporter yang gemar bikin onar. Mereka khusus datang ke stadion untuk menonton bola dan bersenang-senang. Kelompok tifosi adalah kelompok yang didominasi oleh keluarga kecil bersama anak mereka atau kadang juga sekelompok wanita. Mereka datang ke stadion dengan segala pernak-pernik klub, termasuk jersey, syal, dan topi.  




Quote:4. Ultras.
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Berbeda dengan Tifosi, kelompok Ultras diklaim sebagai kelompok supporter yang lebih ekstrem. Pada awalnya mereka muncul pada akhir 1960an. Kala itu, pendukung dari klub-klub Italia membentuk semacam geng yang menempati tribun berdiri di belakang gawang dengan nama "Brigade", "Fedayeen", atau "Commando". Kelompok Ultras identik dengan gaya penampilan serba hitam, menggunakan scarf dan jaket hoodie. Mereka menonton pertandingan sambil berdiri dan terus menyanyi sambil kadang mengibarkan bendera atau membakar petasan.
Berbeda dengan Hooligan, Ultras cenderung memiliki sikap politik. Seringkali mereka menuliskan aspirasi mereka di spanduk-spanduk yang terpasang di stadion. Mereka adalah kelompok yang terorganisasi dengan baik, walaupun kadang lebih bersifat anonim. Tak jarang mereka akan memprotes pihak klub jika kebijakan klub dirasa kurang menguntungkan. 




Quote:5. Mania. 
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola

Kata "mania" seringkali digunakan oleh kelompok suppporter di Indonesia. Misalnya, Jakmania,  Bonekmania, atau Aremania. Menurut KBBI, kata "mania" adalah gangguan jiwa dengan ciri gejala kemarahan, kegelisahan, kekalutan, atau kebingungan yg berlebih-lebihan. Namun secara terminologi "mania" juga dapat diartikan sebagai kegembiraan yang dimanifestasikan oleh hiperaktivitas mental dan fisik. Atau juga dapat berarti antusiasme yang berlebihan dan kadang tidak beralasan.
Penulis buku asal Inggris Anthony Sutton dalam wawancara dengan vice com, menyatakan kekagumannya terhadap orang Indonesia yang gila bola. Di Indonesia, kelompok Mania bahkan rela bolos sekolah dan kerja hanya untuk datang ke stadion dan menyaksikan timnya bertanding. Mereka rela mengumpulkan uang bersama untuk dapat menyewa bus atau kereta ketika timnya bertanding di luar kota. Bahkan, mereka akan melakukan banyak hal termasuk membuat bisnis merchandise untuk dijual ke sesama supporter. "Tim lokal di Indonesia mempunya andil dalam memajukan ekonomi Indonesia," kata Sutton. "Setidaknya klub-klub ini memaksa penggemarnya menjadi wirausahawan."


 
 
Nah,,,, emoticon-2 Jempol Itu tadi Perbedaan 5 Kelompok Suporter di Sepak bola.... Jadi agan-agan disini termasuk Bagian Suporter Sepak Bola yang mana ??? Tulis di Kolom bawah yaaa.... emoticon-Kroasia
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 19:40
1 0
1
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 19:40
Juventus yang paling wah supporternya
Diubah oleh orang.pe.ak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 19:44
Quote:Original Posted By orang.pe.ak
Juventus yang paking wah supporternya


masa sihh gaann
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 19:52
intinya cuma kumpulan orang2 dungu di indon.... pengen gegayaan ngikutin hooligan kayak diluar.... tp apa daya indon otak primata cuma bisa anarkis yg ditonjolin.... wajar aja stadion di seluruh indo di kerangkeng..... biar para primata kagak lepas.....
bukti stadion di kerangkeng aja dah cukup buat menggambarkan suporter sepakSENSOR indon itu isinya mahkluk primata semua......
emoticon-Ngakak

keep goblog indon..... mimpi lu bisa di indon nonton bola gk ada kerangkeng.... !!!!
emoticon-Leh Uga






bata cendol gk ngaruh dalam kehidupan gw.... duh para suporter bola yg kejang2 udh dihina hina.......cuma mewek2 di forum ....
emoticon-Ngakak go fuck yourself indon
Diubah oleh nyosorbacok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuep dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 20:02
Quote:Original Posted By nyosorbacok
intinya cuma kumpulan orang2 dungu di indon.... pengen gegayaan ngikutin hooligan kayak diluar.... tp apa daya indon otak primata cuma bisa anarkis yg ditonjolin.... wajar aja stadion di seluruh indo di kerangkeng..... biar para primata kagak lepas.....
bukti stadion di kerangkeng aja dah cukup buat menggambarkan suporter sepakSENSOR indon itu isinya mahkluk primata semua......
emoticon-Ngakak

keep goblog indon..... mimpi lu bisa di indon nonton bola gk ada kerangkeng.... !!!!
emoticon-Leh Uga






bata cendol gk ngaruh dalam kehidupan gw.... duh para suporter bola yg kejang2 udh dihina hina.......cuma mewek2 di forum ....
emoticon-Ngakak go fuck yourself indon


Setiap lihat orang luapin emosi di dunia maya, rasanya mau ketawa, gimana gitu kayaknya.
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 20:43
klo di dunia politik ada nasbung sama nastak, bani ini bani itu, dsb
1 0
1
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 21:05
Quote:Original Posted By rausanvikri
Setiap lihat orang luapin emosi di dunia maya, rasanya mau ketawa, gimana gitu kayaknya.
emoticon-Leh Uga


padahal jelas2 kata "indon" itu hinaan orang malaysia buat orang sini, emoticon-Leh Uga
entah dia emang ga tau ato goblokemoticon-Leh Uga
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 21:56
oh begitu ya
0 1
-1
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
16-09-2018 22:05
#SEMETONDEWATA
#NORTHSIDEBOYS12
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 03:33
"Anthony Sutton dalam wawancara dengan vice com, menyatakan kekagumannya terhadap orang Indonesia yang gila bola. Di Indonesia, kelompok Mania bahkan rela bolos sekolah dan kerja hanya untuk datang ke stadion dan menyaksikan timnya bertanding."

Pujian ato hinaan itu Mister?emoticon-Big Grin
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 04:51
alle alle alle
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 05:33
Tak jarang mereka akan memprotes pihak klub jika kebijakan klub dirasa kurang menguntungkan.


Curva sud banget ini Bre emoticon-Ngakak (S)
Mirip ama Barra Bravasnya sepakbola amerika latin.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:35
klo doyan bikin ribut ga asyik ah
jadilah suporter yg santun, tertib dan damai
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:36
Mejeng dulu di trit sepak bola emoticon-Bola
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:37
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
Diubah oleh eggnostick
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:38
wah keren keren nih
Diubah oleh jonesforyou
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:47
yg penting mah fans boleh tp anarkis jangan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:48
good luck deh buat indonesia
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:49
gemboxx
0 0
0
Perbedaan HOOLIGAN , CASUALS , ULTRAS , TIFOSI , MANIA Dalam Sepak Bola
17-09-2018 17:52
Quote:Original Posted By raveme
curva nord sama curva sud bedanya apa bre?emoticon-Bingung (S)


Beda tribun aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia