kaniarfAvatar border
TS
kaniarf
[AMH Challenge #3] The Legend of Ghibli Studio
emoticon-Ultahemoticon-Selamat



Berbicara soal studio animasi Jepang, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas studio yang satu ini. Mungkin agan sista pecinta anime akan menganggap apa yang ane akan bahas ini sudah basi, "so last year"kalau kata anak milenial. Tapi mau bagaimana lagi, studio yang satu ini memang studio favorit ane banget.


Ane memang lahir di tahun 90-an dan baru kenal dunia per-anime-an di awal tahun 2000-an. Tapi bukan berarti ane tidak tau studio animasi yang muncul sejak tahun 1985 ini loh. Buat gansis yang bukan pecinta anime, pasti merasa bingung dengan apa yang akan ane bahas. Nah gansis bisa simak dulu beberapa informasi singkat mengenai Ghibli Studio berikut ini.


Spoiler for Sekilas Mengenai Ghibli Studio:


Masih asing dengan Ghibli Studio karena tidak pernah memperhatikan studio mana yang memproduksi anime favorit gansis? Gak masalah kok, tapi gansis pasti kenal dengan karakter yang satu ini kan?




Namanya adalah Totoro. Totoro merupakan karakter imajinatif dari sebuah anime movie berjudul “Tonari no Totoro”, film animasi yang rilis di Jepang tahun 1988 silam. Tonari no Totoro bisa dikatakan sebagai film yang melambungkan nama Ghibli Studio. Tak hanya di Jepang, film ini mendapat banyak apresisasi di luar Jepang. Saking populernya, Tonari no Totoro bahkan rilis pula di Amerika dengan judul “My Neighbor Totoro”yang kemudian keluar versi Dubbing Disney-nya pada tahun 2006.




Totoro seolah membawa angin segar bagi Ghibli Studio. Satu demi satu film Ghibli kemudian menjadi film animasi sukses sepanjang masa. Film-film tersebut adalah Kiki’s Delivery Service (1989), Princess Mononoke (1997) dan Spirited Away (2001).Serta dua film terakhir Hayao Miyazaki sebelum pensiun yaitu Kaze Tachinu (2013) dan Kaguya-hime no Monogatari (2013) juga termasuk yang cukup sukses dipasaran.




Film animasi Ghibli memang berbeda, selain banyaknya pesan mendalam yang terkandung pada setiap judul filmnya. Grafisnya pun sangat halus dan cenderung menentramkan hati. Sering kali menampilkan keindahan alam Jepang dalam bentuk animasi yang seolah nyata, studio Ghibli sukses menciptakan branding yang mampu melekat di hati dan pikiran para penikmat filmnya, bahkan brandingitu dapat diterima lintas generasi. Tak heran jika Ghibli Studio mampu bertahan hingga lebih dari 30 tahun (tepatnya 33 tahun) saat ini.

Kesuksesan Ghibli yang bertahan hingga puluhan tahun memicu terbentuknya museum yang diberi nama “Mitaka Shiritsu Animation Bijutsukan” atau lebih dikenal dengan “Mitaka no Mori Ghibli Studio” di daerah Mitaka, Tokyo. Disini  para pengunjung dapat menambah wawasan mengenai produksi atau segala sesuatu yang menyangkut hal-hal di balik layar pembuatan animasi.




Menyandang status “Legend”bukan berarti Ghibli tidak melakukan perkembangan. Justru Ghibli termasuk salah satu studio yang mampu bertahan dengan kemajuan produksi animasi di Jepang. Masuknya sutradara baru bernama Hiromasa Yonebayashi setelah 30 tahun berdirinya Ghibli diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik pada animasi karya Ghibli Studio berikutnya.

Julukan Disney versi Jepang, juga sepertinya sangat diperhatikan oleh Ghibli. Terbukti  bahwa Ghibli saat ini tengah mengonsepkan sebuah Theme Park dengan tema film-film animasi suksesnya seperti layaknya Disney Land. Saat ini Ghibli Theme Park masih dalam tahap proses pembangunan dan rencananya akan dibuka pada tahun 2022 mendatang. Wah benar-benar studio yang memperhatikan kepuasan para fansnya ya. Makin cinta deh ~

 
emoticon-Pelukemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-Big Kiss



Quote:
Diubah oleh kaniarf 16-09-2018 06:25
tata604
tata604 memberi reputasi
6
2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.