News
Batal
KATEGORI
link has been copied
245
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9d59c0ddd7703f628b456b/kelanjutan-mobil-esemka-dipertanyakan-inilah-jawaban-sukiyat
TEMPO.CO, Yogyakarta - Inisiator mobil Esemka, Sukiyat, 63, mengaku heran dengan masih adanya sebagian pihak yang berusaha menjatuhkan Presiden Jokowi dengan terus bertanya soal kelanjutan mobil Esemka. “Jawaban untuk mobil Esemka itu, ya Mahesa, kok Pak Jokowi dionyo-onyo(dicemooh) terus ‘mana Esemka, mana Esemka’, ya Pak Jokowi nggak tahu,“ ujar Sukiyat usai dijenguk Presiden Jokowi d
Lapor Hansip
16-09-2018 02:13

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat

Quote:
TEMPO.CO, Yogyakarta - Inisiator mobil Esemka, Sukiyat, 63, mengaku heran dengan masih adanya sebagian pihak yang berusaha menjatuhkan Presiden Jokowi dengan terus bertanya soal kelanjutan mobil Esemka.

“Jawaban untuk mobil Esemka itu, ya Mahesa, kok Pak Jokowi dionyo-onyo(dicemooh) terus ‘mana Esemka, mana Esemka’, ya Pak Jokowi nggak tahu,“ ujar Sukiyat usai dijenguk Presiden Jokowi di RS Bethesda, Jumat 14 September 2018.

Baca: Geram Jokowi Dibully Soal Esemka, Sukiyat: Buat Mobil Tak Gampang

Mahesa memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dan sempat mejeng di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018). Mahesa merupakan terjemahan dari proyek panjang Esemka yang dikenalkan Jokowi saat masih menjadi Walikota Solo.

Mahesa akan diproduksi sebanyak 25 ribu unit mulai pada Januari 2019 oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat. Sukiyat menjabat sebagai presiden komisaris di perusahaan yang join dengan PT. Astra International Tbk. tersebut.

Simak: Makna Logo Kerbau di Mobil Mahesa, Si Pengganti Mobil Esemka

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
Prototip mobil Mahesa Nusantara. 4 Oktober 2017. TEMPO/Dinda Leo Listy

Sukiyat mengaku tak ada campur tangan Jokowi atau pemerintah untuk produksi massal Mahesa ini. “Saya tadi pas ketemu Pak Jokowi cuma minta kalau bisa dibantu memasarkan saja,” ujarnya. Toh, Mahesa sendiri dinilai tak memiliki saingan dan segemennya menengah ke bawah.

“Kalau segmennya menengah ke bawah kan nggak ada (produsen) yang mau menyentuh, kalau saya buat yang segmen menengah atas nanti perang (dengan produsen otomotif lain),” ujarnya.

Baca: Foto Mobil Esemka Garuda 1 Beredar, Begini Penampakan Pabriknya

Bekerjasama dengan PT. Astra International Tbk, menghasilkan dua unit anak pereseroan untuk menopang produksi Mahesa. Yakni PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD). Pembagian saham perusahaannya yakni 45 persen dikuasasi Sukiyat dan 55 persen dikuasai PT. Astra. “Pasarnya Mahesa terutama luar pulau Jawa, “ ujarnya.

https://otomotif.tempo.co/read/11267...t/full?view=ok


Makna Logo Kerbau di Mobil Mahesa, Si Pengganti Mobil Esemka

TEMPO.CO, Yogyakarta - Mobil Mahesa yang memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah siap diproduksi massal pada Januari 2019. Mahesa diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat, inisiator mobil Esemka.

Baca: Geram Jokowi Dibully Soal Esemka, Sukiyat: Buat Mobil Tak Gampang

Mahesa belakangan juga kerap dijuluki si kerbau besi dan menegaskan gambar kerbau sebagai logonya. “Mahesa itu kan maknanya kerbau, dan kerbau itu lambang pemerintahan yang agung, “ ujar Sukiyat, saat ditemui Tempo di Yogyakarta Jumat 14 September 2018.

Kerbau pada logo Mahesa itu, ujar Sukiyat juga sebagai simbol pencapaian tertinggi bagi masyarakat pedesaan. Warga desa yang penghasilannya berlebih akan memiliki banyak kerbau. Selain sebagai aset, banyaknya kerbau juga menunjukkan banyaknya sawah yang dimiliki. “Orang desa itu kalau berlebih ya punya kerbau, di bawahnya sedikit punya sapi, di bawahnya kambing, lalu ayam,” ujar Sukiyat.

Simak: Sukiyat Sebut Modal Produksi Mahesa Rp 1,5 Triliun, Investornya..

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
Mobiil pedesaan di GIIAS 2018. 3 Agustus 2018. TEMPO/Wisnu Andebar

Penggunaan logo kerbau pada mobil Mahesa menurut Sukiyat sudah sesuai karena mobil itu memang diproyeksikan untuk masyarakat pedesaan dan membantu aktivitas petani. “Pasar Mahesa terutama di daerah-daerah luar Jawa,” ujarnya.

Kelebihan mobil Mahesa itu menurut Sukiyat karena sifatnya yang multiguna. Satu alat bisa untuk semua kebutuhan petani. Spare part pun juga gampang dan akses untuk kredit juga akan mudah. “Kami kerjasama dengan PT. Astra International, jadi untuk pemasaran dan produksi relatif terjamin,” ujarnya.

Baca: Kisah Mobil Mahesa Menggunakan Mesin Traktor Buatan Yogyakarta

Untuk produksi Mahesa ini akan dipusatkan di pabriknya yang berada di Citeureup, Bogor; Cikarang – Bekasi; dan juga Klaten, Jawa Tengah.

https://otomotif.tempo.co/read/11267...a/full?view=ok



Beda dengan esemka Hendropriyono yang pabriknya sudah dibangun di Boyolali dan Bogor

Esemka bengkel Kiat Motor adalah cikal bakal mobil esemka yang asli. Ketika itu Pak Sukiyat memberdayakan anak2 SMK untuk merakit mobil.

Saat walikota solo tertarik mendukung program ini, bahkan memakainya sebagai kendaraan dinas, nama Jokowi makin melambung dan tercitra bagus di mata masyarakat.

Ketika Jkw akhirnya terpilih jadi presiden dibangunlah opini seolah olah Jkw pencitraan dgn menjanjikan esemka untuk dibuat jadi program mobil nasional.

Padahal sejak kasus mobil Timor, program mobil nasional sudah dilarang oleh WTO.

Quote:Original Posted By klanmatahari
Esemka ama buku putih hampir sama . Masih kayak barang ghoib. bilangnya ada tapi belum nampak ada. Dan keluarnya pas moment tertentu.


Investor sudah nanam 1,5T. Terlalu naif kalau dibilang cuma muncul 5 tahun sekali.

Esemka rajawalinya Jkw itu sejak 2010-2011 lho dan Kiat motor sudah riset jauh sebelumnya.

Waktu pilpres 2014 ada gitu Jkw bawa2 esemka?
Diubah oleh power.of.lobe.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:13

Eaemka Hendropriyono

Foto Mobil Esemka di Pabrik Boyolali

17 Agustus 2018 - 12:20 WIB, Oleh : Septina Arifiani 

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
Solopos.com, SOLO – Foto-foto yang diperkirakan merupakan mobil Esemka kembali muncul di media sosial Facebook. Kali ini foto-foto tersebut diunggah oleh akun Mas Jack Juventini di grup Boyolali Kota (Boykot) pada Rabu (15/8/2018).

Unggahan itu menyertakan tiga buah foto yang diperkirakan diambil dari sekitar pabrik Esemka di Sambi, Boyolali. Pada foto pertama, tampak sebuah papan dengan logo Esemka dan bertuliskan PT Solo Manufaktur Kreasi. Foto kedua menunjukkan sederet mobil berwarna terang yang tertata di luar pabrik. Dalam foto itu setidaknya terdapat 23 unit mobil. Sedangkan foto ketiga terlihat objek yang sama dalam posisi yang lebih jauh.

Mas Jack Juventini menuliskan keterangan pada postingan tersebut dengan kalimat “Semua butuh proses, Semua butuh waktu, Semua butuh sabar, Mobil esemka”. Hingga Kamis sekitar pukul 14.30 WIB, postingan tersebut telah mengudang 886 komentar dan telah 47 kali dibagikan.

Berita foto mobil Esemka di pabrik Boyolali menjadi berita terpopuler di Solopos.com dalam waktu 24 jam hingga Jumat (17/8/2018). Selain berita tersebut ada beberapa berita lain paling banyak diakses:

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat

http://m.solopos.com/news/read/20180...abrik-boyolali
Diubah oleh power.of.lobe.
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:18
Udah ada yang mesen 7000 unit kok
Masa dibilang gak jelas kelanjutannya
emoticon-Mad emoticon-Mad

Teknologi nya juga udah keren banget lho.
Ada Stealth mode, makanya jarang keliatan dijalan karena penggunanya sangat eksklusif, sangat ingin terjaga privasinya
emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:22
Quote:Original Posted By selldomba
Udah ada yang mesen 7000 unit kok
Masa dibilang gak jelas kelanjutannya
emoticon-Mad emoticon-Mad

Teknologi nya juga udah keren banget lho.
Ada Stealth mode, makanya jarang keliatan dijalan karena penggunanya sangat eksklusif, sangat ingin terjaga privasinya
emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Yang bilang ga jelas itu kan otak kriminal lu juga...

Jelas kok, cuma nunggu timing yg pas. Kemungkinan 2019 deket2 pilpres biar lu makin seneng... emoticon-Leh Uga
Diubah oleh power.of.lobe.
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:23
Mobil Betmen aje kalah ni
1 1
0
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:25
Quote:Original Posted By zelfrizk
Mobil Betmen aje kalah ni


Jelas kalah mobil betmen. Karena di dunia nyata mobil betmen tidak bisa dipakai.
0 1
-1
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:26
Quote:Original Posted By power.of.lobe.
Jelas kalah mobil betmen. Karena di dunia nyata mobil betmen tidak bisa dipakai.


ya sama kayak Esemka.

di dunia jokuwi doang bisa jalan.
1 0
1
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:29
Quote:Original Posted By zelfrizk
ya sama kayak Esemka.

di dunia jokuwi doang bisa jalan.


Lu kalau ga ngerti apa2 mending diem. Kelihatan tolol karena cuma bisa ngetroll.
0 3
-3
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:30
Quote:Original Posted By power.of.lobe.
Lu kalau ga ngerti apa2 mending diem. Kelihatan tolol karena cuma bisa ngetroll.


Homok kzl



TAMPAR AKU MAS TAMPARRRR

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh zelfrizk
1 2
-1
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:31
Quote:Original Posted By zelfrizk
Homok kzl


emoticon-Leh Uga


Nyampah aja kerjaan lu.., bodoh.
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:43
Quote:Original Posted By CATPUNK
jadi ini mobil termasuk katagori GHOIB yach gan ???.... emoticon-Wakaka

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Penampakannya di kampung gua nih sudah dijual seharga 70 jeti

Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:45
tuh kan apa ku bilang
0 0
0
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:46
Quote:Original Posted By cobabikinidnih
Sensitif banget lu, kayak roy suryo


Lu nyinyir kek emak2.

Kalau bukan cewek bisa jadi lu bencong emoticon-Ngakak
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:51
Ada nasbung yg pinteran dikit ga ya?

Yg ini otaknya masih kejauhan bahas mobil emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By cobabikinidnih
Cape lu dinyinyirin emak lu ya? Trauma?

Dasar anak kampung durhaka emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 02:57
Gak usah dibahas terus..Mobil esemka sudah gak ada kelanjutannya..
Esemka sudah memenuhi tugasnya untuk mengantarkan wiwi ke RI 1.


Mobil gak jelas yg sparepartnya nyomot dr merek sana sini.. sama gak jelasnya sama orang2 yg udah kena kibul sama program mobnas gak jelas emoticon-Big Grin
3 1
2
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:01
Quote:Original Posted By cobabikinidnih
Memang kejauhan lu bahas mobil, standar mobil plg tinggi buat lu kan mobil pertanian emoticon-Ngakak (S)

Ga nyampe lu bahas yg pakai mesin v

Jleb !!! emoticon-Ngakak (S)


Jlab jleb jlab jleb jembut..!!

Dari tadi mana ada komentar lu yg berani bahas soal mobil.
Gak bakal nyampe otak lu bahas mobil lawan gua.

Skip... mana nih nasbung dongo yg lain?
profile-picture
aioyups memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:02
Quote:Original Posted By CATPUNK
oooohhh.... msh tinggal di kampung yach.... emoticon-Sorry


Masalah buat lu?

Sanggup bantah pake argumen nggak?
Diubah oleh power.of.lobe.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:06
Quote:Original Posted By cobabikinidnih
Lu kira lagi adu nyali main berani2an. Pantesan kamseupay emoticon-Ngakak (S)
Lu kira UFC main lawan2 segala macam emoticon-Ngakak (S)

Turun omset lu ya? emoticon-Ngakak (S)


Kemampuan lu untuk memahami frasa aja masih sekelas balita.

Asli tolol.
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:11
Quote:Original Posted By otoy_doank
Gak usah dibahas terus..Mobil esemka sudah gak ada kelanjutannya..
Esemka sudah memenuhi tugasnya untuk mengantarkan wiwi ke RI 1.


Mobil gak jelas yg sparepartnya nyomot dr merek sana sini.. sama gak jelasnya sama orang2 yg udah kena kibul sama program mobnas gak jelas emoticon-Big Grin


Baca beritanya yg bener om.
0 0
0
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:13
Quote:Original Posted By cobabikinidnih
Balita mana bisa bermain frasa.

Blm lagi ditambah betapa tidak konsistennya watak lu menggunakan kata “skip” emoticon-Ngakak (S)

Asli kok tolol, asli itu tulen. Bodoh karena genetik ya begini hasilnya emoticon-Ngakak (S)

Jleb!!!!
Pake jembut jg boleh emoticon-Ngakak (S)


Ya ya ya..., gw paham memang kemampuan lu cuma nulis itu.
Ga bakal nyampe otak lu bahas mobil.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat
16-09-2018 03:15
Quote:Original Posted By CATPUNK
perbaiki dulu kosa kata loe baru loe ajak debat gw... males gw debat pake kata2 kotor....


Malah mewek...

Gw bukan ahli bahasa.
Ga usah ngeles, ngaku aja kalau otak lu gak nyampe.
Diubah oleh power.of.lobe.
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia