alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a079ed44f9f92098b4567/inilah-perbedaan-k-drama-j-drama-tv-series-barat-dan-sinetron-indonesia
13-09-2018 13:45
Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia
Past Hot Thread
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

WELCOME THE THE THREAD


Dunia pertelevisian di Amerika Serikat dari era 1990an hingga kini disebut-sebut sebagai "Golden Era" karena sejak saat itu terus bermunculan acara serial televisi berkualitas semenjak munculnya serial TV The X-Files yang kemudian disusul dengan serial komedi drama situasi Friends. Sekarang ini serial tv barat atau Amerika kualitasnya menyaingi film layar lebar. Judul-judul terkenal seperti Game of Thrones dan The Walking Dead adalah contohnya.


Sedangkan untuk wilayah asia, acara serial televisi yang terkenal adalah dari Korea Selatan atau yang sering disebut K-Drama atau biasa disebut Drakor oleh orang-orang Indonesia. Kemudian juga Drama Jepang atau -J-Drama atau juga yang biasa disebut dengan Dorama yang mempunyai ciri khas tersendiri. Lalu bagaimana dengan dalam negeri? Indonesia sendiri menyebut serial televisi sebagai sinetron dan nampaknya masih mempunyai rating yang cukup tinggi di televisi. Lalu apa perbedaan Drakor, Dorama, Serial TV Barat (W-Series), dengan Sinetron? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Quote:
DARI JUMLAH EPISODE

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea


Drakor biasanya berjumlah tidak terlalu banyak dan sudah ditentukan sejak awal dan skenarionya sudah dirancang sedemikian rupa dari awal sampai akhir sehingga alur cerita tidak berantakan kemana-mana. Menurut Wikipedia, jumlah episode Drakor rata-rata mulai dari 16 hingga 100 episode dan tak lebih dari 200 episode. Jika rating cukup tinggi, maka akan berpotensi dibuatkan seaason berikutnya namun tidak semua. 


Dorama Jepang

Drama Jepang atau Dorama mempunyai episode yang lebih sedikit yaitu 8 sampai 12 episode, hal itu demi menjaga kualitas serial drama itu sendiri dan untuk mendapatkan jalan cerita yang padat dan tidak bertele-tele. Biasanya satu konflik akan selesai dalam satu episode dan konflik baru akan dimulai di episode yang selanjutnya dan menedekati akhir episode, konflik atau tujuan utama akan disajikan. Jika rating cukup tinggi, maka akan dibuatkan 1 atau bahkan 2 episode spesial. 


Series Barat

Series Barat biasanya berjumlah 10 sampai 30 episode setiap musimnya dan tayang setiap seminggu sekali. Game of Thrones adalah salah satu series barat yang dibuat HBO dengan hanya 10 episode per musimnya karena budget yang sangat mahal. satu judul Series barat bisa berjumlah banyak season seperti The X- Files yang lebih dari 10 season. Meski demikian, setiap season mempunyai ceritanya tersendiri jadi tidak akan membosankan.


Sinetron Indonesia

Jumlah episode sinetron Indonesia tidak ada aturannya, terserah sang produser. Selama rating masih tinggi dan banyak yang nonton, maka 30000 episode pun disikat, tak peduli jalan cerita, yang penting ada sejumlah manusia yang bergerak-gerak di depan kamera sambil ada dialog yang bisa didengar. Sinetron jaman dulu seperti Si Doel Anak Sekolahan atau Keluarga Cemara adalah segelintir sinetron Indonesia yang memakai sistem permusim dan satu musimnya berjumlah sedikit episode. Lain halnya dengan sinetron zaman sekarang yang satu hari bisa tayang 3 episode, karena aktor dan aktris kita memang hebat. 


Quote:
DARI SEGI GENRE

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Drama Korea hingga saat ini masih didominasi oleh romance akan tetapi selalu dibalut dan divariasikan dengan genre lain seperti fantasi dan lainnya. Contohnya Goblin yang mempunyai genre fantasy-romance yang beberapa waktu lalu sukses besar. Drama Korea dianggap memiliki spesialisasi membuat cerita romance yang disukai oleh penonton dan khususnya penggemar setianya.


Dorama Jepang

Berbeda dengan Drakor, Dorama memiliki genre yang sangat bervariasi bahkan terkesan nyeleneh dan unik. Seperti genre Kriminal, Medikal atau Kedokteran, School Life, Memasak, Musik, dan yang lainnya. Namun, akhir-akhir ini yang banyak muncul adalah genre crime atau tentang detekitif.


Series Barat

Kalau yang ini jangan ditanya lagi, genre series barat sangat banyak, mulai dari Action hingga fiksi ilmiah bahkan fantasi politik seperti Games of Thrones. Dengan budget yang super besar, series barat bisa membuat genre apapun menjadi menarik. 


Sinetron Indonesia

Apa saja dijual yang penting disukai oleh pemirsa, mulai dari religi, komedi, hingga romansa anak sekolahan sambil main motor-motoran. Genre fantasi seperti "Handsome-handsome Wolf" pun akan terlihat seperti komedi dan kemudian berganti ke era balapan anak motor. Pokoknya TS bingung sinetron Indonesia punya genre apa emoticon-Hammer2.


Quote:
TARGET PENONTON

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Sudah sangat jelas jika target penonton Drakor adalah para perempuan muda atau para gadis remaja yang sangat menggemari K-Pop dan suka Korea. Meskipun tentu saja ada segelintir pria yang sangat menyukai Drakor. usia rata-rata penggemar drakor adalah remaja dan dewasa muda.


Dorama Jepang

Dorama Jepang disukai oleh perempuan ataupun laki-laki. Ini dikarenakan beberapa judul Dorama merupakan adaptasi manga atau anime terkenal. Jadi, banyak laki-laki yang menyukai dorama. Namun, di Indonesia Dorama tidak begitu populer, akan tetapi terkenal di beberapa kawasan Asia lainnya.


Series Barat

Series Barat terkenal dengan aksi-aksinya yang seru dan keras, target penontonnya adalah pria yang memang sangat menyukai genre yang penuh aksi-aksi seru dan cerita yang tidak membosankan. Bahkan series seperti Vikings, dan Game of Thrones hanya ditujukan untuk pemirsa dewasa karena penuh dengan adegan yang brutal dan kekerasan.


Sinetron Indonesia

Target penonton untuk sinetron biasanya kepada mereka yang jarang atau bahkan belum bisa mengakses internet. Biasanya ibu-ibu muda yang sangat menggemari sinetron karena para pemainnya yang tamvan. emoticon-Betty


Quote:
DARI SEGI ALUR CERITA

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Memiliki alur cerita yang jelas dan sesuai tema yang diangkat, misalnya Full House yang mengisahkan sepasang suami istri yang terikat kimpoi kontrak karena sesuatu hal. Ceritanya dari awal sampai akhir terus berfokus ke sana dengan konflik yang berliku namun akan selesai pada akhir episode.


Dorama Jepang

Seperti yang disebutkan di atas, biasanya satu konflik kecil dalam Dorama akan selesai dalam satu episode dan kemudian akan dimulai konflik baru di episode berikutnya. Konflik utama akan memuncak dan mencapai klimaks dalam beberapa episode terakhir. Dengan demikian, Dorama memiliki alur cerita yang sangat padat.


Series Barat


Series Barat memiliki alur cerita yang sedikit rumit namun sangat berbobot seperti dunia di masa depan bahkan dunia fantasy, imajinasi tingkat tinggi menjadi ciri khas dari series barat. Satu cerita utama biasanya akan selesai dalam satu musim dan akan dimulai lagi di musim yang selanjutnya. Di setiap musim/season, perkembangan suatu karakter selalu terlihat dengan baik. 


Sinetron

Alur cerita yang dimiliki oleh sinetron seakan tidak ada tujuannya, bahkan seperti tidak punya skenario yang jelas. Yang penting ada dialog dan ada sejumlah manusia yang bisa bergerak di depan kamera dan para manusia itu yang penting sangat cantik dan tamvan. Karena jumlahnya yang puluhan ribuan episode dan tayang setiap hari, penulis skenario seperti asal tulis dan asal jadi. asal jadi uang, maksudnya. emoticon-Ngakak


Quote:
JUDUL-JUDUL TERKENAL


Drama Korea

Full House, Boys Over Flowers, Descendant of The Sun, Goblin, Endless Love, Winter Sonata, dll.


Dorama Jepang

Hana Yori Dango, 1 Litre of Tears, Hana Kimi, Death Note, My Boss-My Hero, Oshin, Great Teacher Onizuka, Tokyo Dogs, dll.


Series Barat

Game of Thrones, The Walking Dead, Prison Break, Band of Brothers, The X-FIles, The Flash, Arrow, Vikings, dll.


Sinetron Indonesia

Anak Jalanan (Street Boys), Ganteng-Ganteng Serigala (Handsome2 Wolf), Anak Langit (Sky Boys), Emak Ijah Pengen Ke Mekah (Mother Ijah Want To Mekah), Tukang Bubur Naik Haji (Pulp Seller Pilgrimage), Jodoh Wasiat Bapak (Father's Will).
Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia



Nah, favorit agan yang mana nih? emoticon-Wakaka


sumber referensi


Diubah oleh cintadine
0
Kutip
Balas
Tampilkan isi Thread
Urutan
Terlama
Halaman 5 dari 8
14-09-2018 19:50
Quote:Original Posted By koesdewangga
vote dorama yg diadaptasi dari komik / anime pasti disedot emoticon-Wink


Hanazakari no Kimitachi e ??
0
Kutip
Balas
14-09-2018 19:53
Lebih ke Dorama gan, kalau Korea sekarang kan juga banyak yang diangkat dari webtoon kan, kayak Cheese in the trap sama my ID is gangnam beauty. Kadang kan juga joinan sama Jepang kan ya (maksudnya kayak BBF yang aslinya dari komik Jepang atau Good Doctor dari Korea terua diadaptasi ke Jepang)


Tapi ya tetep Korea itu ya romance yang paling kuat, masih jarang banget ada Drakor yang ga ada unsur romance nya sama sekali (eneg/bosen liat romance mulu, kali-kali yang kocak/aneh gitu kek)

Kalau Dorama sih selama itu Dorama ga ada romance nya ya pasti romance itu ya ga akan ada disitu, tapi romance Dorama juga macem-macem sih misal cerita romancenya ga melulu sama kekasih/pacar, tapi juga keluarga macem ortu atau temen (persahabatan) gitu. Plus aktor/artis Dorama itu ga takut buat muka jelek/kocak. Makanya gokil. Tapi ketika mereka bikin scene yang menyentuh ya mewek dah. Pokoknya ane Dorama aja



Kalau TV Series western udah ga usah ditanya lagi, udah setara sama movie-movie yang digarap penuh dedikasi dan sungguh-sungguh. Apalagi kalau liat efek-efeknya itu. Beuhh top dah. Paling suka sama seriesnya Hannibal gan.
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:01
apa cuma gua yang fokus ke Indonesia nya doang emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:02
indonesia mah target emak emak pd nonton...
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:06
paling best mah ya western, kalo paling worst yaaa sinetron indonesia wkwk soalnya ga tertarik sama ceritanya
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:07
Ane lebih suka series amerika gan. Lebih banyak genrenya dan sekalian belajar vocabnya sekalian
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:14
Ane sukak trit enih...
emoticon-Goyang
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:25
sinet indo asli busuk, jgn bandingin sama barat,jepang, korea,bandingin lah sama negara berkembang cem thailand aja kalah jauh, coba liat project s, asli keren gk melulu ttg cinta sama bwrantem ala abg kaya
episodnya juga cuma 12
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:25
kok yg terlihat seperti sampah menjijikan malah dari indonesia sendiri yah, sedih aku😥
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:30
Terakhir nonton drakor yg goblin,
Dorama belum pernah.
Western banyak spt friiends, GoT, the original, dll

Terakhir nonton sinetron tahun 2008
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:31
series barat emang D'best emoticon-Angkat Beer
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:38
Favorit ane mah si Mr. Sarcastic emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:44
sineron jadul Tersanjung sampe season 666 emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:53
semua yang gue tonton
K-Drama : City Hunter
J-Drama : One Litre of Tears
Tv Series Barat : The Walking Dead
Sinetron : DENDAM
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:53
Harusxa sinetron indonesia dr thn ke thn semakin bermutu skrng mah semakin gk masuk akal gk jls dll.. Jd kangen sinetron indonesia yg dl eh mulai dr jin dan jun, tuyul n mbak yul, jinny oh jinny, wah cantikxa, si doel, keluarga cemara, 3 in 1,dll (judulxa seusai dng alur cerita filmxa)
Diubah oleh edv039
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:00
sinetron Indo paling yg model genre slice of life sih sekarang.

nonton k drama yg rom-com, j drama yg model school life
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:05
BGM musik dan soundtrack..
Drakor ma dorama gak jauh beda lah.. Opening scene kdang ada yg pake artis/to band, ada juga yg orisinil.. Tiap film punya style music sendiri(nyesuain tema)

Tv series barat gak terlalu merhatiin sih, tp klo kaya drama detektif to misteri kadang si musiknya bisa sampe kebawa" imajinasi dapet bgt..

Kalo sinetron, mayoritas opening/ending pake single hits band" yg naek daun.. Yg parah bgm nya itu" aja.. Klo lg ngebanyol dah ketebak soundnya apaan, apalagi klo ada konflik soundnya sama khas bgt..
Diubah oleh nnnnneeeeeooooo
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:09
Handsome handsome wolfemoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:13
Ane suka si Doel anak sekolahan gan, yg Laen Nye ga suka
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:15
Quote:Original Posted By cintadine

Wanjai, perbandingannya bikin ngakak
emoticon-Leh Uga
kok ftv yg judulnya nyeleneh macem "anakku bukan anakku tapi anak suami ibuku" ga dimasukin gan?
0
Kutip
Balas
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community