alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a31a2582b2e16698b4572/mitos-mitos-angkat-beban-yang-bikin-motivasi-hilang
13-09-2018 16:45
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Past Hot Thread
Whaddap!?

Halo agan-agan, udah pada sobek-sobek belon ototnya? Tapi, yang paling penting sebenernya adalah motivasi gan. Itu yang perlu dijaga.
Paling susah juga soalnya, jujur aja deh emoticon-Big Grin

Memang, ngejaga motivasi atau bahkan buat memulai itu menjadi tantangan banget. Pun, ketika udah ada motivasi, ada aja hal atau omongan yang bisa bikin demotivasi semangat. Entah itu kondisi atau sebuah argumen yang terucap, namun cuma didasarin dari spekulasi dan 'katanya'.

Kalo agan pernah lagi nongkrong ngomongin soal kebugaran, tau sendiri obrolan bisa berubah jadi liar, atau bahkan ujung-ujungnya curhatin cewek. Kadang ada selipan-selipan argumen dari mulut temen yang bilang kalo misalnya: "Ah, lari mah gak lebih ngaruh daripada sepedaan," "Jangan diet itu bro, gak ngaruh," dan semacamnya.

Jika argumen itu berdasarkan data, bisa saja jadi benar, tapi tetep tidak seratus persen. Agan bisa anggep argumen invalid itu sebagai tanda ekspresi mitos yang bertebaran tentang kebugaran tubuh.

Ini ane mau share mitos weightlift dan bodyweight yang bisa bikin motivasi agan sirna.

Yang pertama, mitos: "Gak mungkin otot terbentuk dan kekuatan bertambah dengan latihan bodyweight."

Mentahin dengan: Kalo ada kemauan, pasti ada jalan. Emang gak akan langsung bisa terbentuk kalo baru pertama kali, semua orang tau ini, tapi kadang lupa. Ketika udah bisa khatam semua gerakan, baru lah ditambahin bebannya. Atau bisa ganti variasi gerakan yang berfungsi untuk menambah kekuatan. Agan bisa nambah power dengan melakukan gerakan yang lebih cepat dan menyelesaikan latihan dengan upaya yang maksimal. Tingkatkan volume latihan dan seimbangkan dengan kalori yang dibutuhkan, sehingga otot juga bisa semakin gede.

[img]Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang[/img]
Ini apa namanya kalo bukan strength gan? emoticon-Big Grin


Kedua, mitos: "Angkat beban bikin badan tebek (Betawi dari: tebal, Inggris: Bulky)

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Well, I don't think so...


Mentahin dengan: Betul emang bisa banget, tapi itu pun kalo emang agan maunya gitu, tergantung sama program dan asupan kalori. Tapi bukan berarti angkat beban PASTI bikin badan tebel, di mana-mana yang bisa bikin badan tebel gitu adalah makanan, workout atau enggak. Ada program latihan buat nambah ukuran otot. Tapi ada juga kok, program yang naikin kekuatan bahkan selaras dengan daya tahan otot, tanpa nambah ukuran otot.

Intinya apa yang dimakan sih, bukan angkat bebannya yang bikin badan tebek. Mungkin, karena yang lebih sering dilihat itu atlet-atlet angkat beban atau bodybuilder, jadi seolah praktik angkat beban bikin otot jadi gede.

Lalu, mitos: "Angkat beban gak baik buat persendian."

Mentahin dengan: Justru sebaliknya malah bagus banget buat sendi. Karena repetisi gerakan yang dilakuin itu bikin macam-macam jaringan tubuh yang nyambung ke sendi jadi lebih kuat. Kalo emang tiba-tiba punya masalah sendi, sebaiknya diperiksakan, jangan coba dirawat sendiri. Dan gak selamanya juga workout jadi terapi. Pokoknya pisahin dulu mitos-mitosnya deh.

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


Terakhir, mitos: "Segala jenis latihan beban bakal ngasih hasil yang sama."

Mentahin dengan: Tiap otot punya beberapa fungsi yang berbeda, dan ini bisa dikembangkan dengan latihan beban. Misal, otot bisa dibentuk untuk lebih kuat, tebal, cepat, tangkas dan bisa bikin kamu punya stamina lebih. Sangat memungkinkan untuk melatih otot-otot secara spesifik dan terpisah.

Riset tentang kebugaran dalam bidang olahraga menyatakan otot yang dilatih secara spesifik punya dampak yang lebih terlihat. Jumlah set dan repetisi, beban dan teknik yang memadai, sangat mungkin bisa menumbuhkan volume otot, menambah kekuatan, atau kecepatan, kelincahan, koordinasi dan daya tahan.

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


Ada lagi mitos kalo angkat beban bisa bikin badan pendek gan, dan yang paling santer adalah mitos anak-anak bisa terhalang pertumbuhannya karena angkat beban. Kalo ditanya "Kok bikin pendek?" Jawaban simpel, "Ya karena bebannya nahan tubuh bahkan jadi bikin badan pendek."

Banyak faktor tumbuh kembang, dan angkat beban itu bukanlah penyebabnya, tapi memang bisa dikorelasikan. Lempeng epifisis yang terletak di ujung tulang panjang punya andil mempengaruhi pertumbuhan anak. Genetik juga ngaruh, kalo emang gennya pendek, mau gak angkat beban pun segitu segitu aja. Korelasinya di angkat beban hanya karena itu sebagai salah satu aktivitas fisik. Teknik yang salah bisa bikin cidera, atau pun otot tidak berkembang semestinya. Dan aktivitas fisik gak cuma angkat beban kan.

Lengkapnya bisa agan lihat di sini.

Semoga motivasi agan gak hilang ya, anggeplah mitos-mitos itu karena orang iri kalo ente punya waktu buat bagusin bentuk badan. Jadi sekarang agan juga bisa balikin ke bisik-bisik iblis, pastinya tambahin dengan riset agan sendiri.

Jan lupa emoticon-Cendol (S) gan.
0
Kutip
Balas
Tampilkan isi Thread
Urutan
Terlama
Halaman 3 dari 4
14-09-2018 19:09
0
Kutip
Balas
14-09-2018 19:11
satu lagi...

kalo berhenti angkat beban, badan bakal melar.

emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
14-09-2018 19:16
nanya gan ane gak pernah ngegym tapi tiap hari latihan skiping, push up, pull up, dan tinju. Mau naikin berat badan dengan menu makan ayam, ikan, telur kok susah bener? Apakah perlu minum vitamin?
Btw jangan nyaranin ane beli whey protein mahalnya ga ketulungan.wkwkwk
0
Kutip
Balas
14-09-2018 19:21
Quote:Original Posted By kepala.lele
jangan di buka


Wkwkwkwkwkkwkwkwkw

Dah gak jaman cubit pipi yaaaa
0
Kutip
Balas
14-09-2018 19:45
cewe keker
-1
Kutip
Balas
14-09-2018 20:03
Quote:Original Posted By punpun48
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


Klo yg ini.. Ane siap nanggung beban hidupnya emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:20
Quote:Original Posted By inthebeechwoods
Aku tidak tergoda emoticon-Marah


Ah yang boneng Gan???
emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
14-09-2018 20:21
Quote:Original Posted By aaron81
Klo yg ini.. Ane siap nanggung beban hidupnya emoticon-Ngakak


Ane jadi terharu nih Gan...
emoticon-Mewek
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:00
Quote:Original Posted By kucingkuncung
apakah benar kalo gigi susu di celupin ke air putih jadi milkita?


ntab gan ane coba tar dirumah emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:25
Balasan post punpun48
Quote:Original Posted By punpun48
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


hmmmm wangiii emoticon-Angel
0
Kutip
Balas
14-09-2018 21:52
ada mitos lagi bre
katanya bikin biji mengkerut
0
Kutip
Balas
14-09-2018 22:05
Hm... ane kurang suka angkat beban gan..
0
Kutip
Balas
15-09-2018 01:04
emang kadang mitos bikin kita ragu bre
0
Kutip
Balas
15-09-2018 01:47
waduh ane aja jarang olahraga emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
15-09-2018 02:52
belom pernah angkat beban gan.
0
Kutip
Balas
15-09-2018 08:55
yang susah itu nangung beban hidup bre emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
15-09-2018 10:58
ane udh pernah latih otot tiap hari.. tp masalahnya ane kurus bgt emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
15-09-2018 12:09
cara ngasih cendol gimana si gan ? ane baru dimari emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
15-09-2018 12:25
ane terlalu mungil untuk olahraga angkat beban emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
16-09-2018 00:55
Tinggalin jejak lah dulu
0
Kutip
Balas
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community