bosentrendingAvatar border
TS
bosentrending
Apa Yang Terjadi Bila Nuklir Meledak Di Palung Mariana?

Dapatkah Anda bayangkan jika bom nuklir diledakkan di palung Mariana apa yang akan terjadi? Jelas, tidak ada orang waras yang mau melakukan itu, tetapi kemudian pertanyaan itu telah membangkitkan banyak minat di internet sampai seorang YouTuber muncul dengan jawaban yang paling ilmiah. Jadi baca terus untuk mengetahui apa yang terjadi ketika ledakan nuklir di palung Marianna terjadi.

Palung Mariana adalah palung paling dalam di planet ini



Seperti yang Anda ketahui, Palung Mariana adalah jurang paling dalam di planet ini yang mencapai 11 km kedalamannya dan 4.8 km lebarnya dan berada di Samudera Pasifik bagian barat, membuatnya menjadi area misterius dan sulit untuk dijelajahi. Bom nuklir yang dipertanyakan yang dianggap berdampak besar adalah bom Tsar Rusia Soviet.

Tsar Bomba mengemas muatan ledakan 58,6 megaton



Tsar Bomba yang terkenal dari Soviet Rusia menyimpan kekuatan ledak yang luar biasa. Ini adalah bom yang sama yang dimiliki Soviet sebagai pengancam terhadap blok barat selama masa perang dingin. Bom ini adalah paket ledakan super dahsyat dengan kekuatan ledak 58,6 megaton energi yang ketika meledak dapat menciptakan gelombang kejut yang bisa mengelilingi dunia sebanyak tiga kali. Bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika Tsar Bomba diledakkan di palung Mariana.

Sejumlah faktor harus dipertimbangkan



Sebelum menjatuhkan bom, ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan seperti bagaimana bom diledakan di bawah air. Faktor-faktor seperti kedalaman air dan tekanan juga harus dipertimbangkan untuk mencegah bom tidak hancur karena tekanan air. Tetapi bahkan jika bom itu hancur karena tekanan air yang amat kuat, radiasi dari bahan kimia bom akan menyebar ke seluruh lautan Bumi untuk waktu yang sangat lama.

Hasilnya akan sangat menghancurkan



Jika muatan bom dijatuhkan oleh kapal selam dan bom berhasil diledakkan, hasilnya akan sangat mengerikan.

Tsunami setinggi 120 Meter



Ledakan nuklir di Palung Mariana akan menyebabkan tsunami setinggi 120 meter yang akan menghabiskan seluruh Jepang dan seluruh Asia Tenggara. Setengah dari Australia dan Cina mungkin berakhir menjadi Atlantis kedua. San Francisco dan Los Angeles juga akan dilahap oleh gelombang tsunami setinggi 70 meter.

Inilah skenario yang lebih buruk



Jika Anda berpikir diatas adalah skenario hari kiamat, maka Anda akan salah karena skenario diatas hanya akan terjadi jika bom itu diledakkan hanya sedikit di bawah mulut Palung Mariana. Jika bom itu diledakkan tepat di dasar palung, hasilnya akan menjadi mimpi buruk bagi planet ini. Inilah yang akan terjadi.

Tsunami besar dan banjir



Daerah rawan tsunami akan menanggung beban samudera. Negara-negara di Asia Tenggara akan segera terendam di bawah air dan dihancurkan oleh tsunami seperti yang hanya Anda lihat di film. Kota-kota pesisir akan berada di bawah air dan kota-kota yang lebih jauh di daratan akan dibanjiri.

Gunung berapi di seluruh planet akan meletus



Gunung berapi yang aktif dan gunung berapi semi-aktif di seluruh planet akan meledak seperti kembang api tapi memuntahkan abu dan lava ke atmosfer. Awan abu akan menutupi banyak daerah yang berpenghuni di sekitar gunung berapi ini.

Kehancuran di mana-mana



Alasan utama untuk kehancuran super dahsyat ini adalah kenyataan bahwa Palung Mariana terletak di perbatasan lempeng tektonik Filipina dan pasifik. Adanya gangguan pada kedua lempeng ini berarti akan terjadi divergensi atau konvergensi pada planet. Entah bagaimana hasilnya akan menghancurkan bumi dan mematikan seisinya. Lempeng tektonik akan mengirimkan energi ledakan ke setiap sudut planet dengan kecepatan mach atau kecepatan suara. Anda bisa membayangkan kehancuran karena tsunami yang dihasilkan akan terlalu besar untuk dipahami. Selain itu, gempa bumi akan membuka permukaan bumi khususnya di sepanjang lingkaran api pasifik.

Bisakah kamu melarikan diri dengan pesawat?



Tidak! itu hanya terjadi di film-film seperti 2012. Pada kenyataannya, reaksi vulkanik raksasa akan membuat perjalanan udara akan sangat berbahaya. Aktivitas gunung berapi akan menyebabkan hujan asam terus menerus yang bersama dengan abu vulkanik akan menghalangi sinar matahari membuat perjalanan udara hampir tidak mungkin.

Kehidupan di bumi akan punah



Bencana yang sedang berlangsung akan berakibat fatal bagi manusia di mana Kehidupan di bumi akan hancur dan berakhir di ambang kepunahan dan mereka yang bertahan hidup pada akhirnya akan binasa yang berarti kehidupan di bumi akan punah semuanya.

Benua baru akan terbentuk



Meledakkan bom seperti Tsar Bomba di kedalaman 2 km dari bagian bawah Palung Mariana akan membuat lubang besar di kerak bumi yang menyebabkan magma meledak dan menciptakan pancuran magma di seluruh bumi. Kekuatan pancuran magma akan menciptakan benua baru.

Bumi akan terdorong keluar dari orbit



Kekuatan mematikan dari ledakan akan mendorong bumi keluar dari orbit yang akan membawa bumi sangat dekat dengan matahari. Dengan begitu, bumi dan seisinya akan terbakar dan bisa jadi berakhir seperti Venus.

Atau bumi terdorong menjauh dari matahari



Dalam skenario alternatif, ledakan itu juga bisa mendorong bumi lebih jauh ke luar angkasa; akibatnya bisa mendorong bumi lebih jauh dari orbitnya ke angkasa menciptakan musim dingin yang permanen.

Atau kemungkinan besar bisa menghancurkan bumi



Dampak mematikan bersama dengan kekuatan lempeng tektonik dapat menghancurkan planet itu secara terpisah sehingga membunuh manusia secara instan dan melemparkannya ke angkasa. Itulah yang terjadi ketika ada ledakan nuklir di palung mariana.

Manusia bukan makhluk bodoh dan mereka telah melihat dampak Tsar Bomba diledakan di atmosfer, negara-negara nuklir telah menandatangani perjanjian pada 1963 di Moskow yang melarang tes senjata nuklir di atmosfer, ruang angkasa atau di bawah air untuk mencegah bencana nuklir.



Mudah-mudahan, orang-orang gila yang ada di pucuk pimpinan negara-negara tertentu tidak akan kehilangan akal mereka dalam melakukan hal yang tak terpikirkan semacam ini.


Sumber asli :

Youtube.com/Riddles If You Detonated a Nuclear Bomb In The Marianas Trench (Just Fantasy, not science!)

Trendingpost.net Here’s What Can Happen If a Nuclear Bomb Is Detonated in the Mariana Trench

Xkcd.com Mariana Trench Explosion
perihbanget
catros
catros dan perihbanget memberi reputasi
2
54.9K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.