• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 13 Film Membingungkan Tentang Putaran Waktu (Time-Loop)

mx667Avatar border
TS
mx667
13 Film Membingungkan Tentang Putaran Waktu (Time-Loop)


Apa jadinya jika kamu terjebak dalam satu hari yang berulang-ulang dan kamu tidak bisa keluar dari situ? Tentu itu akan jadi sesuatu yang membosankan dan membingungkan yah? Bahkan mungkin itu akan jadi sesuatu yang lebih buruk dari kematian. Berikut ini ada daftar film bagus tentang putaran waktu alias satu hari yang berulang-ulang dengan berbagai konflik yang unik. Ada yang karena serangan alien, karena tempat misterius, karena mesin waktu atau hal yang lainnya. Pastinya sangat menarik.




1. Edge of Tomorrow (2014)



Di masa depan, Bumi telah dikuasai oleh alien dan manusia hampir punah. Terciptalah sebuah senjata khusus yang dapat digunakan untuk membasmi dan memburu para alien.

Suatu ketika, ada seorang prajurit bernama Cage yang terpaksa harus terjun ke peperangan padahal ia tak punya kemampuan sama sekali. Alhasil, dirinya meninggal dalam hitungan menit. Anehnya, setelah ia meninggal, Cage malah terbangun kembali tepat sebelum perang itu dimulai. Dari situ Cage mulai mengulang waktu di hari yang sama setiap kali ia meninggal. Dengan kemampuannya yang misterius itu, Cage harus mencari cara untuk memenangkan peperangan dan keluar dari putaran waktu tersebut.






2. Groundhog Day (1993)



Phill Connors adalah seorang reporter pembawa acara cuaca. Ia adalah orang yang sangat menyebalkan karena Phill itu seorang yang sangat sombong, cuek, dan suka menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap bahwa acara ini tidaklah penting dan aneh. Benar saja, saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung marah gak karuan dan ingin pulang. Namun saat terdapat badai salju, Phill jadi tak bisa pulang dan harus menginap disana. Sejak saat itu terjadi berbagai kejadian aneh yang dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya. Awalnya Phill merasa kesal dan bosan, namun pada akhirnya Phill tidak punya pilihan lain selain memanfaatkan waktu yang ada dari setiap peristiwa yang terjadi berulang-ulang untuk bersyukur dan lebih terbuka pada orang-orang di sekitarnya.






3. Looper (2012)



Di masa depan, dunia berubah sangat drastis dimana mesin waktu sudah jadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru dibentuk untuk mengatasi hal itu. Di sana terdapat sekelompok agen khusus yang bertugas untuk mengeksekusi berbagai orang misterius yang dikirim dari masa depan. Para agen itu disebut dengan Looper. Tidak diketahui siapa nama orang dari masa depan yang harus dieksekusi dan kenapa mereka dieksekusi. Tapi yang jelas, Looper tidak boleh melepaskan targetnya.

Suatu ketika, ada seorang Looper bernama Joe yang tak sengaja telah melepaskan target eksekusi-nya. Sejak saat itu ia jadi buronan dan harus mencari tahu kebenaran dibalik semua itu.






4. Source Code (2011)



Setelah menjalani sebuah misi militer, Captain Colter terkejut saat terbangun dengan memakai tubuh orang lain. Ia terbangun di sebuah kereta yang terdapat bom di dalamnya.

Ternyata Colter sedang berada dalam sebuah percobaan atau eksperimen dimana pikiran Colter dapat berpindah ke tubuh orang lain untuk tujuan tertentu. Ia jadi sangat bingung dan tak tahu tentang apa yang sedang terjadi karena setiap kali ia mati, Colter akan mengulang waktu. Namun, Colter punya misi yang lebih penting yaitu menemukan bom yang ada di dalam kereta dan menangkap sang pelaku pengeboman dalam waktu 8 menit. Hanya dengan cara itu Colter bisa bebas dari putaran waktu itu dan mengetahui kebenaran dibalik semua ini.






5. Triangle (2009)



Jess terdampar di sebuah kapal misterius bersama teman-temannya saat sedang berlibur. Tak disangka kapal tersebut menyimpan sebuah bahaya yang tersembunyi. Dari awal Jess sudah merasa ada yang aneh dengan kapal ini, seolah dia pernah berada disitu. Kapal yang nampak masih baru tersebut nampak kosong dan sepi, tapi sebenarnya mereka tidak sendirian. Ternyata di kapal itu ada seorang pembunuh bertopeng yang berusaha menghabisi mereka satu persatu. Hanya Jess yang mampu mengakhiri teror tersebut.





6. Timecrimes (2007)



Hector dan istrinya baru saja pindah rumah. Rumah barunya yang berada di dekat hutan nampak damai dan nyaman untuk ditinggali. Suatu sore Hector sedang meneropong halaman rumahnya, tak disangka ia melihat seorang wanita telanjang sedang berada di tengah hutan. Karena penasaran, akhirnya Hector mencoba menghampiri wanita tersebut. Saat itulah Hector mulai terjebak ke dalam mesin waktu dan harus melepaskan diri dari dirinya yang lain.





7. Before I Fall (2017)



Seorang gadis muda terjebak dalam satu hari yang berulang-ulang. Seperti putaran waktu yang tak ada hentinya, Samantha harus menemukan cara agar bisa keluar dari hari tersebut. Kehidupannya yang tampak sempurna tiba-tiba jadi terbalik dan kacau. Samantha mulai mencari tahu misteri dan rahasia dari setiap orang yang ada di dekatnya, dan memutuskan untuk membuat semuanya jadi lebih baik. Tidak hanya untuk dirinya tapi juga untuk orang-orang disekitarnya.





8. ARQ (2016)



Renton bangun di pagi hari yang mengejutkan saat ia diculik oleh sekelompok orang tak dikenal. Setelah ditelusuri, ternyata mereka mengincar sebuah program atau alat canggih bernama ARQ yang dimiliki oleh Renton. Setelah mengetahui hal tersebut, Renton berusaha untuk menghabisi orang-orang tak dikenal tersebut dan kabur dari situ. Tapi ia gagal dan harus tewas mengenaskan. Anehnya, setiap kali Renton dibunuh, ia akan kembali ke masa lalu dimana Renton baru saja bangun dari ranjangnya.

Saat itulah Renton menyadari bahwa ARQ bukanlah program sembarangan. Kini Renton harus mengulang waktu berkali-kali hingga ia berhasil menghabisi seluruh penjahat tersebut.






9. The Butterfly Effect (2004)



Evan Treborn adalah seorang pemuda yang punya masalah aneh dalam hidupnya. Sejak kecil ia sering kehilangan kesadaran dan ingatan di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Evan tak pernah tahu tentang apa yang terjadi saat ia kehilangan kesadaran, oleh sebab itu Evan selalu menulis segala aktivitasnya dalam sebuah catatan. Saat ia sudah bertumbuh dewasa, Evan duduk dibangku kuliah dan sejak saat itu ia tak pernah mengalami hilang ingatan lagi.

Di suatu siang, Evan mencoba untuk melihat catatan masa kecil-nya dimana ia sering mengalami hilang ingatan. Evan mulai mengingat suatu kejadian di masa lalunya dan secara misterius ia bisa kembali ke masa lalu saat ia masih kecil. Dari situ Evan menyadari bahwa dirinya bisa kembali ke masa lalu dengan membaca dan mengingat catatan masa kecilnya. Ada adegan dewasa.






10. Primer (2004)



Film ini tidak bisa dinikmati oleh semua orang, itu karena hanya orang-orang "niat" saja yang mau memahami film ini. Kenapa bisa begitu? Karena film ini sungguh rumit, membingungkan, dan bahkan membosankan. Banyak yang berkata bahwa, film ini hanya bisa dipahami kalau kita sudah menontonnya berulang kali.

Bercerita tentang dua orang sahabat bernama Aaron dan Abe beserta teman-teman lainnya yang tengah mengerjakan sebuah proyek ilmiah. Tak jelas apa yang mereka kerjakan, tapi tampak seperti sedang meneliti sesuatu. Setelah berbagai kegagalan, akhirnya Aaron dan Abe menemukan fakta bahwa mesin yang mereka kerjakan tersebut mampu digunakan untuk mengurangi massa sebuah benda. Tapi dibalik keberhasilan tersebut, terdapat sesuatu yang aneh. Dan mereka mulai berpikir kalau alat tersebut sebenarnya adalah mesin waktu.






11. Haunter (2013)



Saat Lisa berulang tahun yang ke-enambelas tahun, ia menyadari bahwa dirinya dan keluarganya terjebak dalam suatu putaran waktu. Setiap kali Lisa bangun dari tidurnya, keluarganya akan melakukan rutinitas yang sama tanpa mereka sadari. Lisa yang mengetahui kejanggalan itu berusaha untuk menyadarkan keluarganya, tapi percuma. Merasa diacuhkan, akhirnya Lisa memutuskan untuk mengungkap misteri tersebut seorang diri. Rasa penasaran dan tindakan Lisa ini membuat seorang pria misterius menjadi marah.

Sejak saat itu semuanya menjadi semakin aneh dimana ayah Lisa menjadi orang yang temperamen, adiknya yang selalu berbicara kepada teman imajinasinya, dan Lisa yang dihantui seorang gadis bernama Olivia. Apa Lisa akan berhasil?






12. Happy Death Day (2017)



Tree Gelbman adalah seorang gadis kuliahan yang sedang merayakan ulang tahunnya. Ia tak pernah menyangka kalau hari itu adalah hari ulang tahun terakhirnya. Tree mengalami sebuah tragedi mengerikan dimana ia terbunuh oleh seseorang. Anehnya, secara misterius pembunuhan itu terus berulang-ulang dan Tree terus terbunuh dengan cara yang berbeda-beda. Pembunuhan yang berulang itu hanya bisa berhenti jika Tree telah menemukan siapa pembunuh itu. Apa Tree akan berhasil menemukan pembunuhnya?





13. Memento (2000)



Seorang pria bernama Leonard mengalami gangguan otak yang menyebabkan dirinya selalu hilang ingatan. Ingatannya hanya bisa bertahan selama beberapa menit atau mungkin satu hari saja. Oleh sebab itu Leonard selalu mencatat segala sesuatu yang ia kerjakan dan bahkan ia mentato seluruh tubuhnya dengan catatan. Di tengah kondisinya yang seperti itu, Leonard harus mencari seorang pembunuh misterius yang telah membunuh istrinya.




TAMBAHAN DARI KASKUSER:
14. Predestination (2014)



Di masa depan, ada sebuah badan penegak hukum yang memanfaatkan mesin waktu untuk mencegah kejahatan sebelum terjadi. Ada agen khusus yang ditugaskan untuk menjelajahi waktu demi menangkap para penjahat itu. Suatu ketika, ada seorang penjahat yang dapat memanipulasi waktu sama seperti para agen khusus, sehingga dirinya menjadi musuh bebuyutan seorang agen.

Di suatu malam, agen itu memutuskan untuk datang ke sebuah bar dan berbincang dengan seorang pria misterius. Pria itu mengaku bahwa dulu dirinya pernah jadi seorang wanita. Bagaimana kisah seorang wanita bisa jadi seorang pria secara utuh ? Kisah pria misterius ini yang akan jadi kunci untuk sang agen dalam memecahkan kasusnya.






15. Project Almanac (2015)



Sekelompok remaja telah menemukan sebuah rancangan atau panduan untuk membangun mesin waktu. Mereka mulai mencoba untuk membangun mesin waktu tersebut dari berbagai benda yang tak terduga dan akhirnya berhasil. Sejak saat itu, David dan teman-temannya bertekad untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Mereka pun mulai bersenang-senang dengan melakukan berbagai macam hal menyenangkan yang menjadi mimpi para remaja pada umumnya. Namun saat salah satu dari mereka melanggar sebuah aturan, semuanya jadi berantakan.








Baca juga rekomendasi film berikut ini :


Diubah oleh mx667 16-09-2018 05:52
fachri15
fachri15 memberi reputasi
3
63K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.