ebipoAvatar border
TS
ebipo 
[COC] All About Printer Laserjet #AslinyaLo


Printer - Salah satu piranti yang berfungsi mencetak teks maupun gambar di atas kertas, jenis merek type atau harga sudah beragam tersedia di toko printer serta beberapa media penjualan online. Mulai dari jenis printer tinta dimana menggunakan tinta sebagai media untuk mencetak di kertas,jenis macam printer tintapun ada dua macam yaitu yang menggunakan catrid langsung injek tinta harus isi ulang langsung dengan menyuntikan tinta langsung ke catrid dan printer tinta yang sudah menggunakan ink tank bisa disebut dengan tempat penampungan tinta jadi lebih efisien ketika mas Gan tidak harus mengisi berulang kali tinta catrid.

Penampungan ink tank sendiri biasanya sekitar 100ml tinta semua warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) adapun yang menggunakan 6 warna (CMYK ditambah dengan Light Cyan dan Light Magenta). Namun permasalahan tersendiri setelah beberapa bulan pemakaian printer tinta beragam mulai dari head catrid yang tersumbat, kadang tinta hitam warna seperti zebra cross, waste ink pad yang minta diganti dan blinking printer. Dalam menggunakan printer tinta harus memahami kapan printer kehabisan tinta, penggunaan kertas tebal tipis karena berpengaruh umur dari roll penarik kertas bawah printer serta kapan memori cetak printer penuh (harus di reset kembali menjadi 0 agar bisa digunakan secara normal kembali).

Jenis printer selanjutnya yaitu printer yang menggunakan pita sebagai media cetak diatas kertas, biasanya printer pita sering mas Gan jumpai waktu berbelanja di supermarket (indomaret,alfamart) serta di bank (coba lihat waktu mas Gan cetak buku tabungan). Nah sistem cetak printer pita menggunakan catrid jarum dimana sistem kerja jarum mencetak per dot titik mengenai pita, tapi mas Gan jangan sekali-kali mencetak gambar menggunakan printer ini karena akan memakan waktu yang lama serta hasil dari cetakan tersebut berupa kumpulan titik-titik yang dibentuk. Untuk kerusakan sendiri sangat jarang di jumpai paling mas Gan akan menemukan jarum yang patah karena sering dipaksa mencetak dokumen terlalu banyak dan pita yang minta diganti karena sudah habis masa pakai.

Jenis printer ketiga yang ane mau bahas lebih detail lagi yaitu printer laserjet, printer ini menggunakan pemanas sejenis heater element untuk menempelkan toner serbuk ke media kertas. Sistem cetak printer menggunakan toner akan dikeluarkan melalui catrid penampungan menuju kertas yang sebelumnya di tarik dengan roll penarik kertas, sedangkan kertas akan melewati lapisan silicon yang berfungsi sebagai penghantar panas dari heater kemudian diproses menggunakan press roll.


Ada 4 komponen penting yang harus dirawat dan diperhatikan dalam menggunakan printer laserjet ini :

1. Heating Element


Foto : Google Images

Quote:


2. Pressure Roll


Foto : Google Images


Quote:


3. Sleeve Film


Foto : Google Images


Quote:


4. Pickup Roll


Foto : Google Images


Quote:


Komponen lain yang tidak kalah penting yaitu pointer laser yang berfungsi mengirim data menuju ke catrid toner kemudian proses diterima oleh drum silinder toner langsung di teruskan menuju sleeve film serta heating element memanaskan toner dinetralkan menggunakan pressure roll.

Namun sangat jarang sekali pointer laser ini rusak bahkan lebih dari lima tahun pun masih bisa digunakan. Untuk komponen yang memerlukan upgrade penggantian pengecekan secara berkala sesuai dengan penggunaan harian yaitu 4 komponen diatas yang ane sebutkan. Ada kesamaan komponen antara merk HP laserjet dengan Canon Laserjet, beda hanya di gear penempatan pressure roll yang lain sama persis bisa digunakan. Mas Gan jangan salah paham yang ane bahas komponen untuk sejenis printer laserjet bukan termasuk fotocopy yang notabene masuk kategori printer laser, beda hal dengan printer laserjet yang ane bahas diatas. Fotocopy mempunyai komponen yang lebih banyak contoh kalau laserjet biasa menggunakan heater 1 nah fotocopy ini ada beberapa heater yang mempunyai tugas masing-masing termasuk juga pressure roll dan pickup roll yang lebih dari satu.

Terakhir yang ane mau bahas tentang catrid toner, catrid toner dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian refill serbuk toner dan penampungan pembuangan toner (tapi ada juga yang hanya satu bagian refill saja).Untuk refill tinggal melihat ada tutup di bagian luar catrid yang biasa dibuka, mas Gan bisa me-refill dengan toner serbuk yang telah disediakan tapi ingat jangan sampai penuh waktu refill (sifat toner yang mengembang jika penuh akan bocor) sisakan ruang sedikit buat toner mengembang. Sedangkan penampungan toner waste bin ada yang menyatu serta ada juga yang terpisah, harap diperhatikan waste bin toner apabila sudah penuh hasil print out kertas akan kotor.


Berikut diagram toner catridge :


Foto : Google Images


1. Doctor Blade


Foto : Google Images

Quote:


2. Magnetic Roller


Foto : Google Images

Quote:


3. Primary Charger Roll


Foto : Google Images

Quote:


4. OPC Drum


Foto : Google Images

Quote:


5. Wiper Blade


Foto : Google Images

Quote:



Quote:
3
19.4K
221
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.