fzl16Avatar border
TS
fzl16
Pulau Maratua, sebagai Maladewanya Indonesia #IniIndonesiaku


Maladewa, sebuah negara kepulauan yang cukup terkenal terdiri dari kumpulan pulau koral yang mengelilingi laguna di Samudera Hindia. Maladewa selalu dipadati wisatawan setiap tahun terutama banyak artis figur terkenal yang banyak berlibur kesana karena pemandangan alam lautnya yang begitu jernih dan indah.

Pesona alamnya sangat menakjubkan. Tapi sayang, biayanya mahal. Buat kamu yang ingin merasakan keindahan Maladewa tak perlu khawatir lagi. Karena ternyata, Indonesia juga punya destinasi wisata pulau yang tak kalah jauh dengan yang ada di Maladewa.



Pulau Maratua sendiri berada di posisi terluar Indonesia, yaitu di Laut Sulawesi yang berbatasan dengan negara Malaysia dan Filipina. Secara administrasif, pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur yang baru dibentuk pada 2003.

Pulau Maratua, di Kepulauan Derawan lebih dikenal oleh para penyelam dan ahli biologi kelautan daripada orang Indonesia sendiri karena keanekaragaman luar biasa dari kehidupan lautnya. Ini adalah tempat pertempuran sengit antara pengembang dan konservasi karena ketegangan antara pembangunan ekonomi dan kebutuhan untuk melestarikan ekologi langka. Ini adalah titik lompatan bagi penyelam untuk menjelajahi beberapa situs penyelaman terkaya dan paling tidak biasa di dunia.

Ada banyak spot penyelaman di sekitar Maratua, tetapi di sini adalah daftar spot selam terkenal yang tersedia. Setiap spot diving memiliki keunikan pemandangan tersendiri. berikut diantaranya :



Jetty Dive Spot
Memasuki perairan dekat dengan rumah karang Maratua, penyelaman dangkal ini memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan, terutama saat matahari terbenam. Di sekitar karang (di mana kamu dapat menemukan telinga gajah langka) sekitar 60ft lepas pantai kamu akan menemukan banyak sekali ikan mandarin; penyelam bahkan dapat melihat mereka kimpoi. Kamu juga dapat melihat kawanan ikan buaya, cumi-cumi, udang harlequin, siput laut cantik, gurita cincin biru, kerang raksasa, dan masih banyak lagi. Banyak wisatawan kembali menyelam disini untuk kesekian kali dan menemukan harta baru setiap waktu.

Turtle Traffic spot


Selanjutnya di karang kamu pasti akan melihat beberapa kura-kura raksasa. Sebagian besar adalah Kura-kura Hijau, meskipun biasanya kamu dapat melihat Kura-kura Hawksbill juga. Mereka sangat lembut, dan akan membiarkan kamu mendekati mereka cukup dekat. Pada kedalaman hanya 10m, Kamu akan menemukan banyak spesimen laut untuk dipelajari termasuk belut moray, udang mantis, lobster dan siput laut yang secara cerdik menyamarkan diri di antara terumbu karang warna-warni yang mempesona.

Mid Reef
Spot diving Maratua di Mid Reef sering dikunjungi Hiu Nurse dan Hiu Thresher. Pemandangan lainnya, para penyelam juga dimanjakan dengan penyu-penyu lucu yang menggemaskan, sekawanan kuda laut, ,hawkfish, ikan pari ikan kakatua, dan banyak lagi lainnya yang berenang kesana kemari. Mengawasi kuda laut kerdil keluar di antara spons karang dan kipas laut raksasa akan menjadi pengalaman menakjubkan disini.

Eel Garden


Seperti namanya, Eel Garden alias taman belut menjadi rumah bagi belut laut. Taman Ini merupakan bentangan panjang karang yang perlahan membentang ke dasar berpasir. Belut yang melimpah di sini, dan tergantung pada saat ini, Kamu juga dapat melihat ikan tuna Spanyol, dan sekawanan barakuda bersama dengan banyak jenis terumbu karang keras dan lunak.

Hanging Garden


Dinding vertikal, dengan banyak serambi dan parit adalah rumah bagi berbagai jenis karang dan ikan yang luar biasa. Pohon-pohon karang hitam dan kipas laut tumbuh subur di sepanjang dinding, sementara banyak ikan karang bersembunyi di gua dan celah-celah seperti sweetlips, snappers, dan angelfish. Pada bagian luar dinding vertikal tersebut, penyelam dapat menemukan hiu dan penyu berenang-renang dengan bahagianya.

Cabbage Garden
Kawasan terlindungi dengan arus sangat sedikit yang cocok untuk penyelam yang kurang berpengalaman. Seperti juga banyaknya kubis-kubis yang mendapatkan namanya, ada banyak ikan karang lain di sini. Ini juga merupakan tempat nongkrong populer bagi penyu-penyu.

The Channel


Mungkin ini adalah spot menyelam paling menarik di sekitar Maratua, keajaiban dari Selat tidak pernah berubah. Arus bisa sangat ekstrim sehingga tidak selalu mungkin untuk menyelam di sini, tetapi, selain kekayaan terumbu karang, ikan juga berlimpah. Varietas hiu termasuk martil, hiu abu-abu dan hiu putih, serta ikan tuna, barakuda , ikan pari Manta dan Eagle serta ikan kakap.
Yang perlu jadi perhatian, hanya divers dengan jam terbang tinggi yang bisa menyelami spot diving paling ekstrem di Maratua ini.



Buat kamu yang tertarik berkunjung kesini jalur paling mudah menuju Pulau Maratua adalah melalui Tanjung Redeb. Darimanapun kota asalnya, ambil lah penerbangan menuju Balikpapan. Dari Balikpapan lanjutkan penerbangan menuju Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Setibanya di Berau, tujuan selanjutnya adalah Tanjung Redeb. Kemudian, lanjutkan perjalanan menggunakan kapal menuju Pulau Maratua. Kapal beroperasi pada Senin, Jumat, dan Minggu. Lebih mudahnya, gunakan jasa operator perjalanan menuju Pulau Maratua.



Disini juga tersedia penginapan buat wisatawan yang betah buat ngeksplore pulau ini. Penginapan paling terkenal di Maratua adalah Maratua Paradise Resort, di resort ini kamu bisa puas memandangi lautan yang airnya berwarna turquoise, sangat indah.

Sekian trit yang bisa TS sampaikan. Semoga semakin banyak yang makin kenal akan potensi wisata lokal yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang ada di luar negeri. Indonesia itu indah gan!
Rate, share, cendol sangat berarti bagi TS terimakasih emoticon-Malu (S)

Spoiler for Referensi Sumber:
2
7.9K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.