exorioAvatar border
TS
exorio
Bisnis Atau Kerja?
Gan selama kerja pernah ga kepikiran mulai bisnis? Ini kasus ane sendiri sih. Ane udah mulai kepikiran berbisnis sejak 5 tahun yang lalu kira-kira. Dan dari situ banyak jatuh bangun deh pokoknya.

Ini bukan mana yang leibh baik dan mana yang lebih jelek ya, tapi lebih ke perbandingan keduanya, dari sisi benefit/kekurangannya. Perlu diinget ini bukan berarti ane ngejelek-jelekin karyawan ato apa. Karena, jujur aja sekarang ane masih kategori karyawan kok. Langsung aja.


1. Soal Pemasukan



Kalo karyawan tiap bulan pasti masuk gaji. Kalo telat gaji agan bisa komplain. Belum ditambah bonus dan fasilitas ini itu.

Kalo menjalankan bisnis, boro-boro bonus. Kalo udah ngambil karyawan, gaji setiap bulan harus dipikirin gimana caranya biar bisa tetep ngegaji secara teratur.


2. Soal Growth



Kalo bisnis pemasukan memang naik turun, tapi kemungkinan mendapatkan profit/revenue stream yang lebih besar dari karyawan bukan ga mungkin. Tapi khususnya agan kerja untuk agan sendiri, bukan untuk perusahaan orang lain. Perusahaan agan berkembang ya hasilnya buat agan juga.

Karyawan gajinya mentok, sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Ga peduli performa agan, ga peduli agan fokus jam kerja atau malah ngelembur-lembur, gaji tetap sama, sukur-sukur kalo company memang ngebayar uang lembur agan.


3. Bahaya jadi karyawan



Yang terutama menurut ane, agan bisa dipecat kapan aja. Dan kalo agan ga puter otak cari income dari hal lain dan hanyut sama enaknya jadi karyawan, ati-ati loh. Bisa-bisa selamanya agan stuck kerja jadi karyawan.

Tetangga ane ada yang ga hepi jadi karyawan, padahal udah tua banget usianya. Mungkin udah mau 80an. Yang mana mestinya umur segitu udah seharusnya pensiun kan?

Kalo ane liat, sehari-harinya ga ada cerianya, kayak ga ada energinya. Berasa liat zombie. Dari sini ane tersadar gan. Ga mau selamanya jadi karyawan. Kalo hepi dengan jobnya ya boleh, tapi ya namanya nasib, kadang bisa diatas kadang bisa dibawah. 

Dan kalo udah seumuran dia, apa masih bisa pilih-pilih job lagi? Dalam arti, sekarang udah kerja karena terpaksa aja.


4. Bahaya menjalankan bisnis



Bisnis itu kecil kemungkinannya untuk berkembang. Setiap hari pasti ada muncul bisnis baru. Tapi yang bisa survive sampai puluhan tahun, ya sedikti. Apalagi yang nyampe tahap unicorn.Tapi kalo ga dicobain, ya ga bakal tau.

Dan coba aja dipikir-pikir, seberapa besar kemungkinan seorang karyawan diangkat jadi direktur atau country manager dan semacamnya? Kecil sekali gan. Hampir sama kecilnya dengan bisnis yang sampe tahap unicorn.

Dan dalam bisnis yang jelas ga ada namanya hari libur buat agan. 24/7 setiap hari agan bakal stress mikirin bisnis agan.

“Being an entrepreneur is like eating glass and staring into the abyss of death.”

- Elon Musk

Tapi kalo tahap susah dilewatin, dan agan berhasil ngembangin bisnis sendiri, selanjutnya tinggal dipikirin masalah ekpansi dan growthnya aja. Walau jelas, ane tekankan ekspansi dan growth ini ga akan semudah ngebacot di forum internet juga emoticon-Leh Uga

5. Jadi karyawan atau bisnis?



Jadi pertanyaannya sekarang, mending jadi karyawan atau bisnis? Kayak poin 4 ane beberin, bisnis itu banyak hal yang ga terduga yang bakal agan temui di jalan. Kalo agan maju terus, syukurlah. Tapi mental agan bakal terus diuji semaksimal mungkin.

Dan bukan ane ngerendahin karyawan ya. Menurut ane jadi karyawan juga bukan sesuatu yang tabu atau dipandang sebelah mata. Justru sebaliknya, kalo agan kerja di perusahaan yang bonafit, pake jas keren, tentunya orang-orang disekitar agan bakal mandang berbeda banget.

Lain halnya kalo agan mulai bisnis kecil-kecilan, orang pasti mandang sebelah mata banget. Dan biasanya keluarga (khususnya yang mayoritasnya karyawan) ga akan suportif sama bisnis agan yang cuma seupil tersebut. Mereka bakal pesimis dan terus-terusan jatuhin mental agan. Ditambah lagi yang udah beristri dan beranak. Mereka bakal mati-matian ngejatuhin agan, selama agan belum nunjukin hasilnya.

Nah soal ini, jadi karyawan juga bukan berarti pemasukan lebih kecil dari bisnis. Itu agan compare bisnis yang berhasil jadi besar. Kalo small business, apalagi yang baru start seringkali gaji karyawan banyak yang lebih besar dari pemasukan rutin bisnis tersebut.

Jatoh-jatohnya ini masalah pilihan aja sih.

Ane pribadi masih punya job gan. Udah 3 kali bisnis ane gagal total.

Yang pertama, jelas gagal.

"No one's ever made the first jump" - Apoc

Karena kalo ane flashback, ane kelewat pede dan khususnya salah fokus. Ane malah ngurusin printilan dibandingin bangun fondasinya.

Sekarang, satu masih survive karena partner ane cukup ngotot jalaninnya tapi dia ragu buat ngembanginnya. Susahnya, itu company dia yang bangun, jadi ya ane ga bisa terlalu banyak utak atik juga. Harus dari persetujuan dia juga. Jadi ya sampe sekarang masih gitu-gitu aja, buat sehari-hari kagak bisa nutup. Makanya ane ambil job lagi.

Gaji dari job lumayan banget lah, posisi juga ga malu-maluin. Tapi ane tetep melek, cobain berbagai macam hal lain buat dapetin income dari sumber lain. Salah satunya ane coba ngembangin bisnis online (belum ane buka dulu yah).

So... kalo saran ane sih, kalo emang kepikiran bisnis, job jangan ditnggal. Dicoba jadi sambilan dulu bisnisnya. Siapin tabungan yang kira-kira bisa support agan sampe 3 tahun kedepan tanpa income sama sekali. Begitu income dari bisnis dirasa udah bisa support agan 100%, baru deh terjun bebas ke bisnis agan.

Kalo agan gimana?

Mau bagi-bagi insight soal bisnis

Atau cara punya pemasukan lain biar bisa disambi selama punya job yang stabill?

Discuss.

Spoiler for BONUS:



Diubah oleh exorio 08-09-2018 14:50
6
14.5K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.