alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.8 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b93d6c414088db9568b4567/bisnis-atau-kerja
Lapor Hansip
08-09-2018 21:03
Bisnis Atau Kerja?
Past Hot Thread
Gan selama kerja pernah ga kepikiran mulai bisnis? Ini kasus ane sendiri sih. Ane udah mulai kepikiran berbisnis sejak 5 tahun yang lalu kira-kira. Dan dari situ banyak jatuh bangun deh pokoknya.

Ini bukan mana yang leibh baik dan mana yang lebih jelek ya, tapi lebih ke perbandingan keduanya, dari sisi benefit/kekurangannya. Perlu diinget ini bukan berarti ane ngejelek-jelekin karyawan ato apa. Karena, jujur aja sekarang ane masih kategori karyawan kok. Langsung aja.

Bisnis Atau Kerja?

1. Soal Pemasukan

Bisnis Atau Kerja?


Kalo karyawan tiap bulan pasti masuk gaji. Kalo telat gaji agan bisa komplain. Belum ditambah bonus dan fasilitas ini itu.

Kalo menjalankan bisnis, boro-boro bonus. Kalo udah ngambil karyawan, gaji setiap bulan harus dipikirin gimana caranya biar bisa tetep ngegaji secara teratur.

Bisnis Atau Kerja?

2. Soal Growth

Bisnis Atau Kerja?


Kalo bisnis pemasukan memang naik turun, tapi kemungkinan mendapatkan profit/revenue stream yang lebih besar dari karyawan bukan ga mungkin. Tapi khususnya agan kerja untuk agan sendiri, bukan untuk perusahaan orang lain. Perusahaan agan berkembang ya hasilnya buat agan juga.

Karyawan gajinya mentok, sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Ga peduli performa agan, ga peduli agan fokus jam kerja atau malah ngelembur-lembur, gaji tetap sama, sukur-sukur kalo company memang ngebayar uang lembur agan.

Bisnis Atau Kerja?

3. Bahaya jadi karyawan

Bisnis Atau Kerja?


Yang terutama menurut ane, agan bisa dipecat kapan aja. Dan kalo agan ga puter otak cari income dari hal lain dan hanyut sama enaknya jadi karyawan, ati-ati loh. Bisa-bisa selamanya agan stuck kerja jadi karyawan.

Tetangga ane ada yang ga hepi jadi karyawan, padahal udah tua banget usianya. Mungkin udah mau 80an. Yang mana mestinya umur segitu udah seharusnya pensiun kan?

Kalo ane liat, sehari-harinya ga ada cerianya, kayak ga ada energinya. Berasa liat zombie. Dari sini ane tersadar gan. Ga mau selamanya jadi karyawan. Kalo hepi dengan jobnya ya boleh, tapi ya namanya nasib, kadang bisa diatas kadang bisa dibawah. 

Dan kalo udah seumuran dia, apa masih bisa pilih-pilih job lagi? Dalam arti, sekarang udah kerja karena terpaksa aja.

Bisnis Atau Kerja?

4. Bahaya menjalankan bisnis

Bisnis Atau Kerja?


Bisnis itu kecil kemungkinannya untuk berkembang. Setiap hari pasti ada muncul bisnis baru. Tapi yang bisa survive sampai puluhan tahun, ya sedikti. Apalagi yang nyampe tahap unicorn.Tapi kalo ga dicobain, ya ga bakal tau.

Dan coba aja dipikir-pikir, seberapa besar kemungkinan seorang karyawan diangkat jadi direktur atau country manager dan semacamnya? Kecil sekali gan. Hampir sama kecilnya dengan bisnis yang sampe tahap unicorn.

Dan dalam bisnis yang jelas ga ada namanya hari libur buat agan. 24/7 setiap hari agan bakal stress mikirin bisnis agan.

“Being an entrepreneur is like eating glass and staring into the abyss of death.”

- Elon Musk

Tapi kalo tahap susah dilewatin, dan agan berhasil ngembangin bisnis sendiri, selanjutnya tinggal dipikirin masalah ekpansi dan growthnya aja. Walau jelas, ane tekankan ekspansi dan growth ini ga akan semudah ngebacot di forum internet juga emoticon-Leh Uga
Bisnis Atau Kerja?

5. Jadi karyawan atau bisnis?

Bisnis Atau Kerja?


Jadi pertanyaannya sekarang, mending jadi karyawan atau bisnis? Kayak poin 4 ane beberin, bisnis itu banyak hal yang ga terduga yang bakal agan temui di jalan. Kalo agan maju terus, syukurlah. Tapi mental agan bakal terus diuji semaksimal mungkin.

Dan bukan ane ngerendahin karyawan ya. Menurut ane jadi karyawan juga bukan sesuatu yang tabu atau dipandang sebelah mata. Justru sebaliknya, kalo agan kerja di perusahaan yang bonafit, pake jas keren, tentunya orang-orang disekitar agan bakal mandang berbeda banget.

Lain halnya kalo agan mulai bisnis kecil-kecilan, orang pasti mandang sebelah mata banget. Dan biasanya keluarga (khususnya yang mayoritasnya karyawan) ga akan suportif sama bisnis agan yang cuma seupil tersebut. Mereka bakal pesimis dan terus-terusan jatuhin mental agan. Ditambah lagi yang udah beristri dan beranak. Mereka bakal mati-matian ngejatuhin agan, selama agan belum nunjukin hasilnya.

Nah soal ini, jadi karyawan juga bukan berarti pemasukan lebih kecil dari bisnis. Itu agan compare bisnis yang berhasil jadi besar. Kalo small business, apalagi yang baru start seringkali gaji karyawan banyak yang lebih besar dari pemasukan rutin bisnis tersebut.

Jatoh-jatohnya ini masalah pilihan aja sih.

Ane pribadi masih punya job gan. Udah 3 kali bisnis ane gagal total.

Yang pertama, jelas gagal.

"No one's ever made the first jump" - Apoc

Karena kalo ane flashback, ane kelewat pede dan khususnya salah fokus. Ane malah ngurusin printilan dibandingin bangun fondasinya.

Sekarang, satu masih survive karena partner ane cukup ngotot jalaninnya tapi dia ragu buat ngembanginnya. Susahnya, itu company dia yang bangun, jadi ya ane ga bisa terlalu banyak utak atik juga. Harus dari persetujuan dia juga. Jadi ya sampe sekarang masih gitu-gitu aja, buat sehari-hari kagak bisa nutup. Makanya ane ambil job lagi.

Gaji dari job lumayan banget lah, posisi juga ga malu-maluin. Tapi ane tetep melek, cobain berbagai macam hal lain buat dapetin income dari sumber lain. Salah satunya ane coba ngembangin bisnis online (belum ane buka dulu yah).

So... kalo saran ane sih, kalo emang kepikiran bisnis, job jangan ditnggal. Dicoba jadi sambilan dulu bisnisnya. Siapin tabungan yang kira-kira bisa support agan sampe 3 tahun kedepan tanpa income sama sekali. Begitu income dari bisnis dirasa udah bisa support agan 100%, baru deh terjun bebas ke bisnis agan.

Kalo agan gimana?

Mau bagi-bagi insight soal bisnis

Atau cara punya pemasukan lain biar bisa disambi selama punya job yang stabill?

Discuss.

BONUS



Diubah oleh exorio
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
12-09-2018 10:23
kalo Ane jawabnya ya tergantung pribadinya aja...

kalo bisnis ya mesti punya jiwa enterpreneur dan berani mengambil resiko emoticon-Big Grin

kalo sering dengar jawaban-jawaban orang yang talk show di tivi ketika ditanya modal mereka pertama kali dalam berbisnis ya mereka jawab dengan singkat, yaitu NEKAD emoticon-Big Grin


mungkin mince kakus lebih tepat untuk menjawab thread ini emoticon-Malu
0
12-09-2018 10:26
enakan kedua2 nya
kerja sambil bisnis
kaya orang karyawan yang online shop

atau Bisnis sambil kerja
kaya pengusaha2 atau koglomerat
yang ikut politik dan dapat jabatan di pemerintahan bahkan bisa jadi menteri...


hihi
0
12-09-2018 10:27
bisnis lah gan lebih seru bayangin pas lg down gaji owner bisa lebih kecil dari OB emoticon-Leh Uga
0
12-09-2018 10:28
Judulnya "bisnis atau kerja" ?


Lho...bukannya berbisnis itu juga kerja ?
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
0
12-09-2018 10:33
saya juga bingung pak bisnis gagal mulu kerja gak naik naik gaji
emoticon-Sorry

bingung padahal kerja sebagai karyawan sampe gk inget waktu kadang sehari 10jam 15jam atau 24jam tapi tetep hasil gak sebanding.

coba bisnis gak ada yg sampe bisa goal semua gk ada yg sesuai harapan alhasil gaji karyawan di pake modal bisnis sama dengan nothing.\

help help help emoticon-Bingung
0
12-09-2018 10:37
bisnis
0
12-09-2018 10:39
ane sama gan.. semenjak ditinggal kawan hijrah ane jdi pengen bisnis..
tp slalu ragu. mudahan tahun depan ane bisa bisnis..
0
12-09-2018 10:41
pilih sesuai intuisi emoticon-Matabelo , kalo bisa dua duanya GAS! emoticon-Ngacir2 emoticon-Shakehand2
0
12-09-2018 10:49
bbrp temen ane pas kerja bareng, dia keluar kerja, krn pengen coba usaha, berikut juga dengan ane, tp ane ini masih jadi karyawan, pas tannya temen ane. gimana usahanya, dia bilang alhamdulilah usahanya berjalan normal.. emoticon-Smilie
0
12-09-2018 10:51
kerja.....
gaji dipotong berapa persen untuk bisnis kecil2an emoticon-Ngakak
0
12-09-2018 10:52
Ane lbih baik 2-2 nya.. Krn ga salah juga jadi karyawan sembari menjalankan bisnis sndiri, supaya tau rasanya gimana jadi karyawan.. Jadi kita bisa lebih menghargai karyawan yg bekerja pada kita..
0
12-09-2018 10:57
pertanyaan yang aneh.
milih bisnis apa kerja?
memang bisnis bukan kerjaan ya??
0
12-09-2018 11:10
Jadi karyawan sambil bisnis gan, jadi kalau bisnis udah maju bisa tinggalin kantor emoticon-Big Grin
tapi emang gak gampang sih kalau begini

harus pinter2 dapet pemasukan yg penting
0
12-09-2018 11:13
klo menurut ane, yang terpenting kita pelajari basic-basic nya dulu mau kerja misalnya klo agan kerja gk punya dasar sama sekali di bidang yang ingin dikerjakan nanti nya pas di pertengahan bisa-bisa bingung sendiri ,gitu juga klo mau buka usaha harus tau banyak hal seperti ilmu psikologi, management,komunikasi dan keuangan juga gan
0
12-09-2018 11:21
Klo gue pribadi mendingan kerja. karrna gua orangnya gak mau ribet dan berat di inisiatif kecuali ada maunya
0
12-09-2018 11:27
Quote:Original Posted By caesaratiensya
Judulnya "bisnis atau kerja" ?


Lho...bukannya berbisnis itu juga kerja ?
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak


lah kok ente bener gan.
0
12-09-2018 11:33
Mending kerja untuk bisnis gan. kecuali udah punya duit , langsung bisnis.
0
12-09-2018 11:37
Gampangnya gini aja
Banyakan mana
- karyawan yg ngiri/kepengen jd pengusaha
- pengusaha yg ngiri/kepengen jd karyawan
1
Lihat 1 balasan
12-09-2018 11:40
bisnis ga seenak yg ente bayangin
banyak yg bangkrut ampe d kejar polisi jg emoticon-Ngacir Tubrukan
0
Lapor Hansip
12-09-2018 11:41
Balasan post Kiiro.Koneko
Quote:Original Posted By Kiiro.Koneko


Klau seandainya 15 hari karyawan dan 15 hari pebisnis mungkin ga ya di dunia ini? Hehe jadi bner2 hybrid dan mendapatkan bonafit dr keduanya emoticon-Cendol Gan


bisa aja gan, asal kerjanya di sales / marketing
dunia itu kan ga butuh kehadiran kita, tp butuh hasil jualan kita
klo target sales bulanan udh kecapai 10 hari, ya sisanya bisa dipake bisnis pribadi
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.