alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b93dc80620881ab318b4567/barang-sehari-hari-yang-asalnya-dari-zaman-yunani-kuno
Lapor Hansip
08-09-2018 21:28
Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno
Past Hot Thread
Zaman sekarang, hidup kita sudah serba praktis. Dengan adanya listrik, apapun menjadi lebih mudah. Namun pernahkan kalian berpikir bagaimana kehidupan orang-orang zaman dahulu ketika belum ada listrik? Pasti semuanya sulit dilakukan. Tapi itu tidak benar, justru, banyak barang-barang yang masih kita gunakan hingga sekarang asalnya adalah dari zaman dahulu. Ini dia beberapa dari peralatan sehari-hari yang telah diciptakan dari zaman Yunani kuno!


Jam Weker

Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno

Jam weker Plato


Berasal dari sekitar tahun 428-348 SM, filsuf zaman Yunani kuno Plato lah yang pertama kali memiliki sebuah jam weker. Tentunya bentuknya berbeda dari jam weker digital yang sering digunakan zaman sekarang, jam miliknya berwujud seperti "jam air". Jam miliknya dirancang sedemikian rupa agar setelah mencapai waktu yang dituju, maka akan terdengar irama yang dimainkan oleh sebuah organ hidrolik. Canggih sekali!

Pintu Otomatis

Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno

Pintu otomatis Heron


Pasti kalian banyak yang tidak tahu bahwa pintu otomatis berasal dari zaman Yunani kuno. Bagaimana bisa? Pada zaman tersebut pintu otomatis bukannya ditenagai oleh listrik, melainkan uap. Matematikawan Yunani Heron dari Iskandariyah adalah penemu pintu otomatis pertama kali. Ia menciptakannya menggunakan sistem hidrolik dan ia pasang di sebuah kuil dari Iskandariyah, lengkap dengan api, air, dan uap yang akan memicu tali untuk menarik pintu tersebut.

Semen

Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno

Lihat sekeliling kalian, dimanapun kalian berada pasti ada bangunan yang menggunakan semen. Meskipun kata semen" berasal dari bahasa Romawi, dari tahun 100 SM, orang-orang Yunani lah yang pertama kali menciptakan material bangunan ini. Mereka memasukkan gamping ke dalam campuran tanah liat, air dan pasir. Reruntuhan dari struktur-struktur awal bangunan mereka masih banyak ditemukan di pantai-pantai di Turki.

Uang Koin


Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno

Koin Yunani kuno


Jika dibandingkan dengan uang kertas, uang koin memang lebih merepotkan karena beratnya, tapi di zaman dahulu uang koin jauh lebih praktis daripada harus membawa harta-harta lain seperti kambing untuk digunakan sebagai alat tukar. Orang-orang Yunani kuno menciptakan koin-koin dengan ukuran dan bahan yang berbeda-beda, sehingga nilai-nilai mereka pun berbeda.

Peta

Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno

Salah satu penemuan yang paling penting sepanjang sejarah adalah peta. Zaman sekarang, banyak mobil sudah menggunakan GPS, di HP pun kita sudah memiliki peta, jadi bisa dibayangkan bagaimana susahnya berjalan-jalan tanpa adanya peta. Selama hidupnya, dari tahun 610-546 SM, Anaximander menciptakan peta dengan menggunakan sistem koordinat geografi. Beberapa tahun kemudian Helena Eratosthenes dan Strabo menciptakan peta dunia yang pertama kali ada.
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
08-09-2018 21:48
Barang2 yg sekarang itu versi update dari jaman dulu emoticon-Ngakak
0
08-09-2018 21:54
be upgrade, yawla
0
08-09-2018 22:02
Ane tertarik dengan bahasan pintu otomatisnya.
Canggih amat zaman itu.
emoticon-Metal
0
08-09-2018 22:31
Ada lagi :
Rafia
0
08-09-2018 22:45
ada lagi
sandal
0
09-09-2018 00:09
Yakin Itu asalnya dari yunani? Ane sih skeptis emoticon-Cool
0
09-09-2018 07:52
komen greget
Baru tau gua bray
emoticon-Wow
Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno
0
09-09-2018 08:00
Jamannya Yunani udh ada pintu automatic emoticon-Ngakak


Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

Barang sehari-hari yang asalnya dari zaman Yunani kuno
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |
-1
09-09-2018 22:12
Sempak Firaun bre
0
12-09-2018 10:04
puja yunani kuno emoticon-Ngakak
0
12-09-2018 10:08
peradaban yunani kuno emang luar biasa ganemoticon-Jempol
Nice info ganemoticon-2 Jempol
0
12-09-2018 10:10
vroduk tapir.... awas kejet2

just kidding man emoticon-Big Grin
0
12-09-2018 10:11
peradaban skrg kebanyakan cuma jiplak doang
-1
12-09-2018 10:13
baju gak masuk bre emoticon-Bingung
0
12-09-2018 10:14
Jalan yang diperkeras
0
12-09-2018 10:16
semvak dari mana bre ?
0
12-09-2018 10:19
tanpa kita sadari yah... soalnya ada barang ya taunya make aja tanpa mikir ini berasal dari mana dan penemunya siapa emoticon-Ngakak
0
12-09-2018 10:20
emoticon-Wow

udah ada pintu otomatis
0
12-09-2018 10:23
disempurnakan saja ya yang sekarang
0
12-09-2018 10:26
mantap ni Gan orang jaman dahulu sdh punya teknologinya..
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.