Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b95cf7cd675d4ea488b457d/ada-apa-dengan-genre-real-time-strategy
Masuknya StarCraft 2 sebagai cabang olahraga esports yang didemonstrasikan di Asian Games 2018 merupakan sebuah titik kebangkitan dari sebuah genre esports yang kini mulai terlupakan keberadaannya. Penasaran dengan genre tersebut? Yuk, kilas balik dulu!
Lapor Hansip
10-09-2018 08:57

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?

Past Hot Thread
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Masuknya StarCraft 2 sebagai cabang olahraga esports yang didemonstrasikan di Asian Games 2018 merupakan sebuah titik kebangkitan dari sebuah genre esports yang kini mulai terlupakan keberadaannya. Penasaran dengan genre tersebut? Yuk, kilas balik dulu!

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Sekilas tentang RTS


Real-time strategy atau disingkat sebagai RTS adalah sebuah subgenre atau pecahan dari genre game strategy. Sebuah game bisa dikategorikan sebagai RTS jika memiliki beberapa elemen gameplay di bawah ini.

  • Bisa memilih dan mengendalikan banyak unit dengan cara “dragging and clicking“,
  • Bisa menggerakkan unit untuk menguasai area penting seperti resource,
  • Bisa menyerang dan menghancurkan unit musuh,
  • Bisa membuat berbagai macam bangunan, seperti untuk sistem pertahanan ataupun untuk membuat pasukan unit,
  • Bisa terus menerus membuat dan mengontrol banyak unit sepanjang permainan berlangsung,
  • Bisa mengumpulkan resource untuk dipakai mendirikan bangunan atau membeli unit,
  • Bisa memberi perintah secara real time kepada unit yang dikontrol tanpa menunggu timer atau menunggu giliran dari player lain.


Contoh yang terkenal dari genre real-time strategy adalah StarCraft, Age of Empires, Command & Conquer, dan Company of Heroes.

Bermodalkan dengan keseruan menyusun strategi, RTS terlihat sebagai genre yang cukup menarik minat para gamer hardcore. Namun pada kenyataan zaman now, masa depan RTS tidak lagi segemilang masa lalunya. Penasaran? Yuk, disimak lebih lanjut.

Asal mula perkembangan genre RTS

Genre real-time strategy yang kita ketahui sekarang tidak lahir secara tiba-tiba, subgenre ini lahir perlahan-lahan, dari pecahan genre strategy. Game paling awal yang bisa dikategorikan sebagai RTS adalah Herzog Zwei (1989).

Walaupun game ini lebih mirip subgenre MOBA karena tujuan permainan dicapai melalui satu karakter hero, game ini memiliki sistem gameplay yang menghancurkan markas musuh dengan memakai banyak unit atau pasukan layaknya genre RTS modern. Gameplay juga dimainkan secara real time tanpa perlu bergantian menunggu pergerakan musuh.

Selain RTS, banyak game lain yang memakai sistem turn-based strategy yang harus menunggu giliran bermain.



Pada tahun 1992, diluncurkan game Dune II yang mempelopori gameplay RTS modern saat ini. Gameplay tersebut tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan melalui inovasi yang menggabungkan elemen-elemen game keluaran sebelumnya seperti Populous, Eye Of The Beholder, hingga terinspirasi dari user interface Macintosh.

Salah satu elemen penting yang diambil oleh game ini adalah konsep penggunaan mouse untuk memilih, menggerakkan unit, dan juga mengumpulkan resource. Konsep gameplay yang menggabungkan akurasi kontrol dari perangkat mouse dan banyaknya pilihan tombol di keyboard melahirkan aspek kompleksitas dan akurasi yang sangat penting bagi RTS modern.



Perlahan-lahan, perubahan gameplay RTS mengikuti perkembangan hardware yang terus berkembang, dan persaingan antar game developer pun terus membuat variasi yang lebih unik lagi seiring dengan perkembangan teknologi yang mampu menampung kompleksitas yang lebih besar.

Genre real-time strategy pada tahun 1998 hingga 2000 perlahan-lahan bertransisi ke tahap grafis 3 dimensi.

Tahap pertama transisi ini dimulai dengan membuat peta (map) menjadi tiga dimensi. Map ini bukan hanya menampilkan perbedaan tinggi dari medan dalam game tetapi juga memberikan fitur baru pada gameplay.

Sebagai contoh, Age of Empires yang terbit pada tahun 1997 menggunakan sebuah fitur yang bernama ­fog of war, dimana setiap unit yang berdiri di area yang lebih tinggi akan mempunyai jarak pandang yang lebih besar dibanding unit yang berdiri di tempat yang lebih rendah.

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Transisi kedua adalah perubahan untuk unit yang dikontrol. Pergantian dari gambar 2 dimensi atau sprites yang datar dan hanya bisa menampilkan satu sisi gambar saja, menjadi polygon dengan bentuk tiga dimensi, yang akhirnya menyempurnakan tampilan pada kamera untuk bisa berputar 360° melihat ke dalam arena map.

Setelah periode transisi real-time strategy ke era 3 dimensi yang sempurna selesai, banyak orang yang menunggu tahap perkembangan apa selanjutnya yang akan terjadi terhadap genre ini.

Namun, perkembangan teknologi 3D untuk gaming secara keseluruhan bukan hanya mendorong popularitas terhadap genre RTS, tapi juga mendorong popularitas genre lain. Hal ini mengakibatkan munculnya kompetisi besar untuk menarik konsumen baru ke genre RTS.

Saat ini peminat game RTS sudah tidak banyak, sehingga kebanyakan game studio enggan untuk mengeluarkan game dengan genre real-time strategy karena mereka tidak yakin dengan total penjualan untuk mampu menutupi biaya pembuatan game tersebut. Juga mengingat belum lagi masih ada saingan dari game studio lain yang memperebutkan populasi pasar yang sudah mengecil ini.

Awal penurunan popularitas RTS

Salah satu penyebab penurunan popularitas genre real-time strategy adalah meningkatnya kepopuleran genre fighting game. Bermula sejak tahun 1991 dengan perilisan gim Street Fighter 2, mulai timbul persaingan besar untuk genre real-time strategy.

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Street Fighter 2 mempunyai banyak pilihan roster character, gameplay yang sangat responsif, dan yang paling penting lagi adalah mode versus competitive antara 2 player. Mode versus competitive adalah penyebab utama kenapa player yang sudah menamatkan storyline mode masih mau memainkan Street Fighter 2, karena player terus menemukan tantangan baru dengan melawan player lainnya.

Setelah kesuksesan Street Fighter 2, banyak game studio lain yang mencoba mengikuti kepopulerannya dengan membanjiri market dengan fighting game miliknya sendiri.

Penurunan popularitas RTS di zaman now[/B]

Penyebab lain turunnya popularitas RTS adalah kemunculan genre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena. Salah satu contohnya adalah League of Legends, yang dari sudut pandang casual gamer, judul esports ini memiliki banyak elemen gameplay yang mirip dari genre RTS seperti cara mengkontrol unit dengan jumlah ability yang lebih sedikit untuk dipelajari dibandingkan dengan jumlah ability yang ada di RTS.

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Bagi para pemain baru genre MOBA, mereka tidak perlu menghafal semua unit yang ada di dalamnya di hari pertama. Cukup dengan mempelajari beberapa hero saja dan perlahan-lahan mempelajari hero lain. Hal ini berbeda dengan RTS, dimana sejak permainan dimulai, kita sudah harus segera mengetahui dan mengerti semua unit beserta ability-nya.

Dari segi biaya produksi, genre MOBA sangatlah menguntungkan karena lebih mudah untuk menambahkan 1 unit atau hero saja dibandingkan dengan membuat satu faction baru untuk gim RTS.

Tidak hanya itu, hero yang ditambahkan tersebut juga bisa diutilisasi lebih untuk berbagai macam fitur microtransaction dengan menambahkan cosmetic item saja. Cosmetic item ini tidak mempengaruhi gameplay sama sekali, hanya menambah variasi visual saja. Jadi, berapapun cosmetic item yang ditambahkan ke dalam game, balance dalam game tidak akan terpengaruh.

[B]Apa kabar RTS?


Seiring waktu, setiap game RTS yang baru dirilis selalu menambah keunikan gameplay dan variabel baru yang lebih kompleks dibanding game RTS lain sebelumnya. Hal ini mengakibatkan pemain semakin sulit beradaptasi dan mempelajari game RTS, karena tingkat kompleksitas yang kian bertambah.

Pada awalnya, karena batasan teknologi hardware, permainan RTS hanya bisa mengakomodir keberadaan beberapa unit saja. Akan tetapi, perlahan-lahan setiap game RTS baru yang diluncurkan selalu berlomba-lomba untuk dapat mengakomodir lebih banyak unit di dalam game-nya.

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Hal ini juga turut membuat pemain baru takut untuk mencoba dan mempelajari game tersebut karena banyaknya jumlah unit yang harus diingat dan dikontrol untuk bisa memenangkan permainan.

Fitur seperti ini menghambat casual gamer yang hanya ingin mencoba game untuk bersenang-senang. Menurut statistik dari salah satu Studio RTS, “80% player yang membeli game-nya hanya memainkan mode single player saja dan tidak mencoba multiplayer-nya.“

Aspek multiplayer sangat dibutuhkan untuk menjaga player kembali bermain game setelah menyelesaikan story mode, dan jika kebanyakan player hanya bermain single player saja maka dijamin player count untuk game tersebut akan berkurang secara drastis setelah dirilis, dibandingkan dengan game yang mempunyai fitur multiplayer yang menarik.
Inovasi atau punah

Faktor lain yang mempengaruhi turunnya popularitas RTS adalah kurangnya inovasi sekarang dibandingkan dengan RTS di tahun 1995. Perkembangan variasi gameplay genre ini sudah terhenti dengan strategi utama yang menggerakkan unit untuk mengumpulkan resource dan kemudian berakhir dengan unit kita menghancurkan unit musuh atau dihancurkan oleh musuh.

Dibandingkan dengan evolusi genre lain dan inovasi yang dilakukan RTS jaman dulu, genre RTS akhir-akhir ini terasa tidak mempunyai daya tarik lagi.

Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?


Seiring waktu, tiap game developer terus berlomba untuk dapat menciptakan sebuah gameplay yang unik dan eksklusif dengan mengadopsi beberapa unsur dari genre RTS, disertai dengan inovasinya sendiri. Perlahan-lahan game yang mereka buat pun mulai berjalan keluar dari subgenre RTS dan membuat cabang subgenre tersendiri.

Sumber : esportsnesia.com
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 19:15
ga semua orang bisa pake otak. dari ngolah sumber daya sampai bikin rencana timing serangan dan prediksi gerakan musuh harus dianalisis sendirian.
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 20:10
rts genre favorit w, game yg pernah w mainin dari aoe, empire earth, battle realm, warcraft, ra, stronghold, civilization, starcraft, genre a menarik si, tp klo terus"an cuma lawan ai emang ngebosenin,, klo main multi kadang suka ngelag,,
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 20:49
pernah main battle realm & warcraft
Diubah oleh fexitos
3 0
3
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 21:57
gitu ye gan...
ga maen gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 21:58
ane masih main game rts (aoe) dan tbs (ancient empires) dan Warcraft
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 22:16
game RTS di playstore masih banyak dan bagus kok gan,cuman ya gitu dapetin charnya mesti gacha emoticon-Ngakak
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 22:42
Quote:Original Posted By Chloe.Grace
e seprot? emoticon-Ngakak (S)

kalo game VR kayak tennis dll yg musti gerakin stick dan loncat2 gitu boleh lah masih disebut sport

kalo cuma duduk sambil klak klik keyboard dan mouse doang, sedangkan itu lemak di perut gak berkurang dan massa otot gak bertambah namanya bukan sport emoticon-Ngakak (S)


Sport dan Esport beda lho emoticon-Bingung (S)
perbedaan
Diubah oleh rnkx1002
0 1
-1
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
11-09-2018 22:52
Quote:Original Posted By sagutumbuk
ane blom pernah mainin


Ane gak main beginian
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 02:44
game yang sangat cocok untuk "membuang" waktu. karena sekali main pasti Berjam jam emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 03:37
njir jadi inget smp
mabar main c&c general zero hours sama temen
seru emang gan biarpun main sebatas LAN aja dan satu game kelarnya 3 jam an
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh jonesforyou
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 04:54
Quote:Original Posted By Chloe.Grace

kalo game VR kayak tennis dll yg musti gerakin stick dan loncat2 gitu boleh lah masih disebut sport

kalo cuma duduk sambil klak klik keyboard dan mouse doang, sedangkan itu lemak di perut gak berkurang dan massa otot gak bertambah namanya bukan sport emoticon-Ngakak (S)


Catur gmn? Bridge-nya om Hartono?
"Strategy" yg dibahas, kalo di CS GO "team strategy"
Clash Royale nyumbang emas situ kapan?
Nge bait yak?
Diubah oleh blackcampaign
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 05:46
Quote:Original Posted By Chloe.Grace
e seprot? emoticon-Ngakak (S)

kalo game VR kayak tennis dll yg musti gerakin stick dan loncat2 gitu boleh lah masih disebut sport

kalo cuma duduk sambil klak klik keyboard dan mouse doang, sedangkan itu lemak di perut gak berkurang dan massa otot gak bertambah namanya bukan sport emoticon-Ngakak (S)


emmm bagaimana dengan catur.? apa perlu push up sambil nunggu giliran lawan.?
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 06:11
Red Alert series emoticon-Matabelo
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 07:33
dune II
masih ada kaset ny PS ny...emoticon-Big Grin
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 08:10
Quote:Original Posted By Chloe.Grace
e seprot? emoticon-Ngakak (S)

kalo game VR kayak tennis dll yg musti gerakin stick dan loncat2 gitu boleh lah masih disebut sport

kalo cuma duduk sambil klak klik keyboard dan mouse doang, sedangkan itu lemak di perut gak berkurang dan massa otot gak bertambah namanya bukan sport emoticon-Ngakak (S)


Lha catur itu masuk cabang olahraga lho gan, meskipun gk banyak gerak, tp nguras pikiran, hayooo
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 08:15
Quote:Original Posted By kututulis
Rts kaporit ane dulu cuman 2, stronghold crusider & civilization emoticon-Big Grin
Kalo dah maen suka lupa mandi emoticon-Ngakak


Civilization bukannya turn based, bukan real
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 08:56
Quote:Original Posted By blezzernet
gem moba sebenernya gw dah tamat... dari zaman 2005an udah maen warcraft gw, zamannya sand king dan leoric jaya, dan semua tombol2 hot key sudah di luar kepala dari zamannya kita ketawa ada arthas dan mogul khan emoticon-Angkat Beer


ane lbh demen morted ama rikimaru
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 08:56
jadi keinget whos your daddy emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 10:38
Yang bikin males main game RTS tuh lama, ane kalo main RTS bisa 2-3 jam cuma buat 1 match doang, udah gitu beda sama MOBA yg bisa sambil nyicil ngancurin tower atau game FIGHTING yang HP/waktunya abis langsung kelar, klo game RTS mah bangunan rusak atau hancur masih bisa dibenerin/dibikin lagi, jadi kaya ngulang lagi aja, belum lg kalo posisi markas ngga menguntungkan utk nyari sumber daya

Kalo ngga tag team jd membosankan karena beneran harus mikir klo main game RTS, sementara banyak player yg males buat mikir panjang kaya kapan nyerang, kapan bertahan, kapan buat pasukan tertentu, dsb
0 0
0
Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
12-09-2018 11:24
nyesel gak main game rts dari dulu emoticon-Ngakak (S)
0 1
-1
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia