i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
Onagadori, Si Anggun dan Mulus Dari Jepang



Jumpa lagi sama ane gan dan sis kaskuser. Kali ini ane mau ngobrolin sesuatu yang halus dan mulus dari Jepang. Kalem, lembut, tapi berjengger.

Yup. Yang kalem dan mulus itu bukan pemeran film atau artis JAV. Dia hewan berkaki dua. Ayam asli dari Jepang. Namanya Onagadori. Dalam bahasa Jepang, Onagadori dapat diartikan sebagai unggas berekor panjang. Ayam Onagadori sangat spesial bagi Jepang, karenanya pemerintah disana membebaskan para peternak Onagadori dari kewajiban membayar pajak. Mereka menganggap Onagadori adalah peninggalan monumental alam yang tak ternilai.

Dalam sejarahnya, ayam Onagadori telah dikembangbiakan semenjak abad 17 yang lalu. Ayam ini ditenggarai keturunan langsung dari ayam Shokoku. Ayam ini sendiri hanya yang jantan yang dapat berekor panjang. Dan panjang ekornya rata-rata 9 meter. namun ada yang tercatat terpanjang yaitu hampir 12 meter. Dalam literatur sejarah Onagadori, Riemon Takechi, yang hidup sekitar tahun 1655 dalam pemerintahan bangsawan Yamanouchi, adalah orang pertama yang mengembangbiakan ayam Onagadori ini. Takechi menyibukkan diri dengan membiakkan ayam sehingga mempunyai ekor yang panjang.

Pada adad lalu, ayam Shokoku ukuran panjang ekornya tidak lebih panjang dari 1 meter. Jenis Shokoku adalah salah satu jenis yang masih bertahan keberadaannya hingga kini. Jenis yang lainnya adalah Minohiki, Totenko, Kuro Gashiwa,dan Ohiki. Semua jenis sebenarnya memiliki gen untuk memanjangkan ekornya. Tetapi ayam-ayam ini berganti bulu setiap tahunnya, sehingga tidak pernah bisa lebih panjang lagi dan tidak sanggup menyamai Onagadori asli yang bisa mempertahankan ekor yang sama sepanjang hidupnya.

Ayam Onagadori ini berasal dari sebuah kota bernama Kochi, disebuah pulau bernama Shikoku. Disini, ada seorang peternak Onagadori bernama Masashi Kubota (jadi ingat iklan jadul yang diperanin sama Benyamin S). Hampir seluruh ayam Onagadori di Jepang, bibit anakannya berasal dari hasil kerja keras Masashi Kubota. Dipeternakannya, Masashi Kubota mengembangbiakan 3 jenis Onagadori.Dia menyilangkan Onagadori berbulu hitam putih Shirafuji dengan ayam jenis lain. Hasilnya, ia mendapatkan Onagadori merah hitam yang dinamakan Akasa Onaga dan Onagadori putih salju yang diberi nama Shiro Onaga.

Dahulu, bulu ayam Onagadori biasa dipakai untuk menghiasi tombak-tombak para Shogun. Dan para bangsawan banyak memesan ke peternak. Hingga pada akhir abad 19, saat feodalisme berakhir, permintaan akan bulu indah ayam Onagadori ini juga berakhir. Namun tradisi turun temurun beternak Onagadori tidak lantas hilang. Justru tanpa sengaja dari hasil persilangan akhirnya malah mendapatkan gen Onagadori asli yang bisa sangat panjang ekornya.

Saat berkecamuk perang, ayam Onagadori hampir saja musnah. Tetapi karena kesabaran para peternak, ayam jenis ini terus dikembangbiakan. Ajaibnya, meskipun jumlah peternak diseluruh Jepang hanya berjumlah 24, namun Onagadori bisa menyebar diseluruh Jepang.



Ada yang unik dalam pengembangbiakan ayam Onagadori ini. Para peternak diharuskan mempunyai kandang sempit seukuran ayam tersebut. Dan kandang tersebut demikian tinggi. Ini dimaksudkan agar bulu ekor sang Onagadori dapat tumbuh dengan baik dan terawat. Disamping itu, dari cara seperti ini akan diketahui mana ayam yang bisa tenang, mana yang tidak. Nantinya yang tenang itulah yang akan dipilih untuk dipelihara dengan khusus. Untuk usia ayam agar dapat tumbuh lebih panjang ekornya, dibutuhkan ayam dewasa dengan usia 3 hingga 4 tahun.

Telur ayam Onagadori sendiri ukurannya lebih kecil dibanding ukuran telur ayam pada umumnya. Satu hal yang unik, setiap ayam betina selalu memproduksi telur yang diantaranya akan menghasilkan 2 anak ayam betina dari setiap keturunan satu ayam jantan. Dan betina Onagadori terbilang sedikit dalam menghasilkan telur. Itu sebabnya, para peternak benar-benar menganggap telur Onagadori adalah barang yang tak ternilai harganya.

Berniat memelihara ayam bangsawan ini gan sis? Siap-siap repot kalau ente jenis orang yang tidak sabaran. emoticon-Big Grin





Sumber Referensi :
disini
disini
Gambar-gambar milik pihak ketiga diambil dari Google.
2
15.7K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.