stheft.anouAvatar border
TS
stheft.anou
Bentuk Otot Tanpa nge-Gym dengan 7 Menit Kalistenik
Whaddap!?

Cukup sejenak tentang ladies, ane mau bikin trit yang gak cuma bikin bugar mata tapi juga keseluruhan badan. Semoga share ane yang ini berguna buat agan-agan sekalian.

emoticon-Angkat Beer


Ane sering dapet respon tanya setelah mendengar ane ngelakuin kalistenik. Bisa dibilang banyak banget yang belum tau istilah kalistenik itu apa, padahal bisa jadi sebenernya mereka udah pernah ngelakuinnya.

Perlu diinget, ane bukan PT atau expert, tapi ane selalu memulai workout dengan panduan riset ringan terlebih dahulu. Dan ane sarankan, agan juga melakukan hal yang sama.

Dari wiki, istilah kalistenik adalah bentuk latihan dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh kita sendiri dalam proses membentuk otot. Yup, tantangannya adalah, yang kita lawan berat tubuh kita sendiri.


Kalo otot ente kuat bisa ampe gini ganemoticon-Big Grin

Gerakan Push up, crunches, squat, pull up, itu termasuk bagian dari gerakan kalistenik. Jadi kalistenik ini gak cuma fokus ke satu otot. Contoh, bahkan ada jenis banyak push up kan? Nah tiap tiap push up itu bisa menyasar ke otot lain gak cuma lengan. Dan gerakan-gerakan ini termasuk dalam kalistenik.

So, tiap gerakan tersebut punya kesulitan yang berbeda, apalagi ketika berat tubuh naik tapi otot belum terbentuk, workout kita bakal berasa lebih berat. Namun kalo udah kebiasa, lama-lama bakal enteng gan.
Dan satu lagi, buat yang udah out of shape banget, diperlukan cardio kira-kira sebulan lah buat ngebasahin otot, jadi nantinya si otot gampang kebentuk.

Ane termasuk yang demennya langsung coba aja gan ketika ane udah tau gerakan-gerakan apa yang perlu ane lakuin. Ane milih ngebasahin otot dengan ngelakuin overall workout. Maksudnya adalah gak ngefokusin ke salah satu part tubuh tiap sesi workout, tapi semuanya. Salah kaprah sih kayaknya, tapi belon ada yang hardik ane jadi lanjot terus aje.

Cuma butuh waktu 7 menit, keringetannya udah kayak lari se-jam. Cubit ane gan kalo ente kagak ngos-ngosan.

Here we go:
Sebelumnya anesiapin 3 hal ini biar kayak serius workoutnya; bangku, tembok dan timer. Lalu, karena cuma 7 menit ente gak bisa banyak istirahat. Tiap bagian ada durasinya, rata-rata 30 detik dan transisi (masa istirahat sebelum gerakan berikutnya) 10 detik. Itu guna timer. Selama 7 menit ini, akan ada 13 gerakan yang dilakukan. Jadi, misalnya setelah push-up 30 detik, 10 detik masa transisi sekalian istirahat, lalu lanjut 30 detik plank, dan begitu seterusnya.

Spoiler for 1. Jumping Jacks, 30 sec:


Spoiler for 2. Wall Sit, 30 sec:


Spoiler for 3. Push-up, 30 sec:


Spoiler for 4. Abdominal Crunches, 30 sec:


Spoiler for 5. Step-up Onto Chair, 30 sec:


Spoiler for 6. Squat, 30 sec:


Spoiler for 7. Triceps Dips, 30 sec:


Spoiler for 8. Plank, 30 sec:


Spoiler for 9. High Stepping, 30 sec:


Spoiler for 10. Lunges, 30 sec:


Spoiler for 11. Push-up Rotation, 30 sec:


Spoiler for 12. Side Plank, @ 30 sec:


Fiuh, semoga agan betah nyimaknya pelan-pelan. emoticon-Blue Guy Peace

Ini menu ane pas pertama kali mau rutinin workout gan. Ane workout biasanya malem, 3 jam sebelum jam tidur. 7-15 menit doang bisa lah. Alhasil, tiap pagi bangun seger sampai lama kelamaan gak perlu alarm karena udah keatur jam biologisnya.
Buat bukti sih ane gak bisa ngasih yak, ane yakin risihnya pasti mutual. Tapi dicoba dulu aja gan sebulan. Rasakan perbedaannya.

Buat yang expert, bisa banget kasih argumen dan info lainnya. Jan lupa emoticon-Cendol (S) gan


Spoiler for Index thread menu workout ane::


Spoiler for Tips keren dari agan ayahagung058:


Diubah oleh stheft.anou 16-09-2018 08:50
8
40.9K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.