Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
118
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8dffd51cbfaa90718b4569/sopir-truk-itu
Driver, sopir truk adalah pekerjaan yang kadang disepelekan oleh orang. Dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai pekerjaan kasta rendahan. Tapi tahukan anda, ada peran mereka dalam kehidupan anda. Anda bisa makan nasi, di Jakarta, berasnya dari mana? Sedekat-dekatnya dari Purwakarta misalnya. Apakah anda akan ngecer dan beli beras di Purwakarta
Lapor Hansip
04-09-2018 10:45

Sopir Truk Itu..

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sopir Truk Itu..

Perseneling cobra andalan salah satu kaskuser


Driver, sopir truk adalah pekerjaan yang kadang disepelekan oleh orang. Dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai pekerjaan kasta rendahan. Tapi tahukan anda, ada peran mereka dalam kehidupan anda. Anda bisa makan nasi, di Jakarta, berasnya dari mana? Sedekat-dekatnya dari Purwakarta misalnya. Apakah anda akan ngecer dan beli beras di Purwakarta? Kan tidak. Di sisnilah peran Driver. Mengantarkan barang dari produsen ke konsumen.

Bayangkan jika tidak ada sopir truk angkutan, apa yang akan terjadi? Kacau. Arus distribusi barang akan tersendat. Padahal salah satu instrumen dalam kegiatan ekonomi adalah distribusi. Jika distribusi lancar, barang ada, harga normal. Sebaliknya, jika distribusi tersendat. barang langka, harga akan melambung tinggi. Makanya, jalur distribusi inilah yang digarap benar kelancarannya. Sampai dibuat tol dan jalan-jalan mulus, ya untuk kelancaran distribusi.

Quote:Di sini, saya tidak akan membahas bagaimana arus distribusi barang, tol dan sebagainya. Saya hanya ingin membahas bagaimana hidup ala supir. Yah berdasarkan penuturan teman, dan juga pengalaman jadi kernet alias assisten sopir.Jelek-jelek gini, kalau cuma menyusuri pantura Surabaya-Jakarta di atas truk, pernah lah ya.


Jadi Supir truk itu Berat. Harus punya skill mengemudi yang baik. Apalagi kalau yang dibawa adalah tronton atau trailer. Wajib punya Surat Ijin Mengemudi B II. Membawa kendaraan berat, dengan muatan berat, butuh kesabaran dan kestabilan emosi, selain skill yang mumpuni. Salah satu saja tidak terpenuhi, ya kacau.

Sopir Truk Itu..

Beban berat mengendalikan truk, kadang tidak sebanding dengan gaji yang bisa dibawa pulang. Memang sih, nominalnya besar, tapi godaan di jalan juga besar. Mulai godaan yang halus, sampai godaan yang kasar.

Soal Godaan. Godaan kasar itu misalnya minum-minuman keras. Siapa sih sopir yang hari ini ga suka mabok? Ada, tapi bisa dihitung dengan jari lah. Yang bahaya itu godaan halus. Godaan dari makhluk halusnya pantura. Bukan demit, bukan jin, tapi pramurianya pantura. Yang sering melintas di pantura pati paham.

Sopir Truk Itu..

gambar hanya pemanis.


Ini salah satu bahaya yang nyata, Bukan hanya membuat kantong jebol dan uang saku habis, tapi juga bisa mengancam keutuhan rumah tangga bagi yang sudah menikah. Godaan halus bisa dalam jangka sangat pendek, yang artinya selesai celup, selesai soal. Ada yang jangka panjang. Yang terakhir ini yang bahaya. Karena sang driver akan menjadi terikat. Apalagi jika sampai keluar bayi, duh.

Survival Yang Tangguh. Sampai garasi jam 2 malam, tidur bentar. Jam 6 bangun, mandi, mengawasi bongkar muat, nanti sore jalan lagi. Ada space waktu diantara bongkar, ya tidur lagi. Tidak perlu kasur empuk, tidak perlu bantal dan guling, cukup turunkan jok dan molor. Tidak usah manja bilang tidak bisa tidur, tugas selanjutnya sudah menanti. Semakin pendek waktu tidur, semakin pendek istirahat, itu artinya bahaya di jalan! Mandi juga harus di mana saja, asal ada air bersih. Tidak usah berharap ada shower dan kawan-kawannya, asal tubuh bisa basah selesai.

Sopir Truk Itu..

Dengan segala upayanya yang bisa terus bertahan dalam tekanan dan kesempitan, layak lah jika seorang supir truk itu disebut sebagai survival sejati. Namun, dibalik kesempitan, ada juga lho enaknya jadi supir truk.

Paham KulinerEenak di Tiap Daerah. Mau makan enak, murah dan porsi besar? Coba ikuti supir truk. Sudah berkali-kali membuktikan dan hasilnya tidak mengecewakan. Mulai dari pecel enak di sebelah timur alun-alun Tuban yang hanya buka tiap malam sampai subuh, sampai kuliner jalan lingkar kota saya yang dulu saya pandang sebelah mata.

Persaudaraannya Kuat. Kehidupan yang keras di jalan raya membuat persaudaraan mereka kuat. Bukan hanya antar sesama supir, tapi kepada orang lain. Teman saya kaskuser Surabaya, baru ketemu dua kali secara langsung dan yang terakhir ajak saya naik armadanya. Selama di sana, dompet saya seolah tidak boleh berlubang. Yess, semuanya dicover sama dia. tidak enak, dan ketika saya tanya alasannya, "Tamu wajib dihormati om." Mantab lah.

Well. itul;ah sekelumit kehidupan seorang supir. Tidak lengkap, tapi bisa lah menjadi sedikit pengetahuan tentang kehidupan mereka. Jika ada yang mau berbagi pengalaman, diskusi, bisa dilanjut di kolom komentar. Akhir kata, hargai sesama mu, apapun profesinya. Bisa jadi profesi itu yang paling berjasa buat kamu, tanpa kamu sadari.


Ciao.


Referensi tulisan : Pikiran Sendiri
Sumber Gambar : Koleksi Prtibadi, sini, sini
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 05:52
Sopir truk itu sudah pasti sabar, terutama truk yang besar dengan banyak muatan, mereka nggak akan bisa memacu mobilnya dengan cepat, selain itu sopir truk juga harus banyak mengalah terutama kepada pengendara-pengendara kendaraan kecil lainnya, jangan sampai seperti sopir bis ya bos.
1 0
1
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 06:59
viralkeun si kobra.... makin jadi idola kayane itu
1 0
1
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 07:38
All hail siluman kobraa emoticon-Om Telolet Om!
1 0
1
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 08:00
Quote:Original Posted By REDYAS
viralkeun si kobra.... makin jadi idola kayane itu

Ben dadi idola para gadis... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tandaseru
All hail siluman kobraa emoticon-Om Telolet Om!

Piye Yiii??? Moleh ora??? emoticon-Big Grin
0 0
0
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 12:49
kobranya betina tuh emoticon-Ngakak
0 0
0
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 14:36
sopir yen ngaso mampir 😁😁
mampir tuku maem, gorengan, ngumbe dll.
dlu pernah punya pacar sopir,, tapi sopir bis Rosin, bukan sopir tronton emoticon-Big Grin
0 0
0
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 15:35
Quote:Original Posted By Altigdin
kobranya betina tuh emoticon-Ngakak

Ngoahahajahaaa... emoticon-Ngakak (S) kui mahakarya yang susah di copas mang... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By yunie617
sopir yen ngaso mampir 😁😁
mampir tuku maem, gorengan, ngumbe dll.
dlu pernah punya pacar sopir,, tapi sopir bis Rosin, bukan sopir tronton emoticon-Big Grin

Kalau sekarang mau ga mba sama sopir tronton??? Biar om Tatan semangat gitu... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sopir Truk Itu..
07-09-2018 20:35
Quote:Original Posted By yunie617
Hahaa.. enggak ahh.. Tatan udah ada Lin 😅😁😁

Hihihihihiii... Kan pria boleh lebih dari satu kali mba... emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 05:10
Sopir truk itu :
BEDA JURUSANÉ
BEDA JURAGANÉ
PADHA SEDULURANÉ

SEBUTIR NASI SAMPAI DI JAKARTA BUTUH PERJUANGAN YANG LUAR BIASA
Mulai dari pembuat bibit, petani, pembuat pupuk, irigasi, penggiling padi, sopir truk, kuli panggul pasar, yang nyuci beras sampai yang masak, oh ya lupa masak kan pakai magic com juga butuh petugas PLN
Makanya JANGAN ASAL MENUNTUT GAJI TINGGI SEMBAKO MURAH
0 0
0
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 08:10
Quote:Original Posted By maximilian249
Sopir truk itu :
BEDA JURUSANÉ
BEDA JURAGANÉ
PADHA SEDULURANÉ

SEBUTIR NASI SAMPAI DI JAKARTA BUTUH PERJUANGAN YANG LUAR BIASA
Mulai dari pembuat bibit, petani, pembuat pupuk, irigasi, penggiling padi, sopir truk, kuli panggul pasar, yang nyuci beras sampai yang masak, oh ya lupa masak kan pakai magic com juga butuh petugas PLN
Makanya JANGAN ASAL MENUNTUT GAJI TINGGI SEMBAKO MURAH

Hal yang ga pernah dipikirkan para nasbung... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By yunie617
Bener sih.. permaisuri boleh satu tapi selir ada dimana2..

Wahhh... Mbanya sudah tau... Pengalaman emang ga bohong... emoticon-Big Grin
0 0
0
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 14:58
Bien tau mampir ngaso nang daerah pati - jeporo. Daerah tayu lhak ga salah, Ono mangut iwak pe wenak.
Kiro" sek onok ora ya om, be e weruh ? emoticon-Ngakak
0 0
0
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 15:07
Quote:Original Posted By adhityaynd
Bien tau mampir ngaso nang daerah pati - jeporo. Daerah tayu lhak ga salah, Ono mangut iwak pe wenak.
Kiro" sek onok ora ya om, be e weruh ? emoticon-Ngakak

Keling, Kelet, Tayu, Dukuhseti, Juwono, Kaliori tempatnya mangut enak om... Tau ndas manyung ga??? Mantab tuh... emoticon-Big Grin
0 0
0
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 15:18
Quote:Original Posted By londo.046
Keling, Kelet, Tayu, Dukuhseti, Juwono, Kaliori tempatnya mangut enak om... Tau ndas manyung ga??? Mantab tuh... emoticon-Big Grin


Rutene bis cilik lawang dobel sampean sebutne kabeh om, Wah ratau eh om. Lhak ndas seng nang pungkruk tau pisan emoticon-Ngakak Pantura ncen istimewah om, mugo onok rejeki iso mlaku rono neh
0 0
0
Sopir Truk Itu..
08-09-2018 17:15
Quote:Original Posted By adhityaynd
Rutene bis cilik lawang dobel sampean sebutne kabeh om, Wah ratau eh om. Lhak ndas seng nang pungkruk tau pisan emoticon-Ngakak Pantura ncen istimewah om, mugo onok rejeki iso mlaku rono neh

Ngoahahahaaa... Iyo kui jurusan Tayu-Lasem mas yo??? emoticon-Big Grin Pungkruk sebelah ndi mas??? Disek kakean lendir lho... emoticon-Hammer2
0 0
0
Sopir Truk Itu..
17-09-2018 17:13
siap celup dimanapun kolam berisi
0 0
0
Sopir Truk Itu..
17-09-2018 17:33
Quote:Original Posted By TuanLi
siap celup dimanapun kolam berisi

Ah... Ga semuanya gitu om... emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia