londo.046
TS
londo.046
Sopir Truk Itu..

Perseneling cobra andalan salah satu kaskuser


Driver, sopir truk adalah pekerjaan yang kadang disepelekan oleh orang. Dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai pekerjaan kasta rendahan.Tapi tahukan anda, ada peran mereka dalam kehidupan anda. Anda bisa makan nasi, di Jakarta, berasnya dari mana? Sedekat-dekatnya dari Purwakarta misalnya. Apakah anda akan ngecer dan beli beras di Purwakarta? Kan tidak. Di sisnilah peran Driver. Mengantarkan barang dari produsen ke konsumen.

Bayangkan jika tidak ada sopir truk angkutan, apa yang akan terjadi? Kacau. Arus distribusi barang akan tersendat. Padahal salah satu instrumen dalam kegiatan ekonomi adalah distribusi. Jika distribusi lancar, barang ada, harga normal. Sebaliknya, jika distribusi tersendat. barang langka, harga akan melambung tinggi. Makanya, jalur distribusi inilah yang digarap benar kelancarannya. Sampai dibuat tol dan jalan-jalan mulus, ya untuk kelancaran distribusi.

Quote:


Jadi Supir truk itu Berat. Harus punya skill mengemudi yang baik. Apalagi kalau yang dibawa adalah tronton atau trailer. Wajib punya Surat Ijin Mengemudi B II. Membawa kendaraan berat, dengan muatan berat, butuh kesabaran dan kestabilan emosi, selain skill yang mumpuni. Salah satu saja tidak terpenuhi, ya kacau.



Beban berat mengendalikan truk, kadang tidak sebanding dengan gaji yang bisa dibawa pulang. Memang sih, nominalnya besar, tapi godaan di jalan juga besar. Mulai godaan yang halus, sampai godaan yang kasar.

Soal Godaan. Godaan kasar itu misalnya minum-minuman keras. Siapa sih sopir yang hari ini ga suka mabok? Ada, tapi bisa dihitung dengan jari lah. Yang bahaya itu godaan halus. Godaan dari makhluk halusnya pantura. Bukan demit, bukan jin, tapi pramurianya pantura. Yang sering melintas di pantura pati paham.


gambar hanya pemanis.


Ini salah satu bahaya yang nyata, Bukan hanya membuat kantong jebol dan uang saku habis, tapi juga bisa mengancam keutuhan rumah tangga bagi yang sudah menikah. Godaan halus bisa dalam jangka sangat pendek, yang artinya selesai celup, selesai soal. Ada yang jangka panjang. Yang terakhir ini yang bahaya. Karena sang driver akan menjadi terikat. Apalagi jika sampai keluar bayi, duh.

Survival Yang Tangguh.Sampai garasi jam 2 malam, tidur bentar. Jam 6 bangun, mandi, mengawasi bongkar muat, nanti sore jalan lagi. Ada space waktu diantara bongkar, ya tidur lagi. Tidak perlu kasur empuk, tidak perlu bantal dan guling, cukup turunkan jok dan molor. Tidak usah manja bilang tidak bisa tidur, tugas selanjutnya sudah menanti. Semakin pendek waktu tidur, semakin pendek istirahat, itu artinya bahaya di jalan! Mandi juga harus di mana saja, asal ada air bersih. Tidak usah berharap ada shower dan kawan-kawannya, asal tubuh bisa basah selesai.



Dengan segala upayanya yang bisa terus bertahan dalam tekanan dan kesempitan, layak lah jika seorang supir truk itu disebut sebagai survival sejati. Namun, dibalik kesempitan, ada juga lho enaknya jadi supir truk.

Paham KulinerEenak di Tiap Daerah. Mau makan enak, murah dan porsi besar? Coba ikuti supir truk. Sudah berkali-kali membuktikan dan hasilnya tidak mengecewakan. Mulai dari pecel enak di sebelah timur alun-alun Tuban yang hanya buka tiap malam sampai subuh, sampai kuliner jalan lingkar kota saya yang dulu saya pandang sebelah mata.

Persaudaraannya Kuat. Kehidupan yang keras di jalan raya membuat persaudaraan mereka kuat. Bukan hanya antar sesama supir, tapi kepada orang lain. Teman saya kaskuser Surabaya, baru ketemu dua kali secara langsung dan yang terakhir ajak saya naik armadanya. Selama di sana, dompet saya seolah tidak boleh berlubang. Yess, semuanya dicover sama dia. tidak enak, dan ketika saya tanya alasannya, "Tamu wajib dihormati om." Mantab lah.

Well. itul;ah sekelumit kehidupan seorang supir. Tidak lengkap, tapi bisa lah menjadi sedikit pengetahuan tentang kehidupan mereka. Jika ada yang mau berbagi pengalaman, diskusi, bisa dilanjut di kolom komentar. Akhir kata, hargai sesama mu, apapun profesinya. Bisa jadi profesi itu yang paling berjasa buat kamu, tanpa kamu sadari.


Ciao.


Referensi tulisan : Pikiran Sendiri
Sumber Gambar : Koleksi Prtibadi, sini, sini
1
19.4K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.