Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8ea88460e24b89078b4571/curhat-customer-ojol
Gan kan sering tuh di sosmed ada yang ngepost soal derita abang ojol. Yang panas-panas nganterin makanan, yang dikasih rating bintang 1, dsb. Kalo dari sisi penggunanya ane udah beberapa tahun ini full pake ojol, karena satu, termasuk murah, dua, ga ribet sama kendaraan pribadi. Pas pertama kali pake sih skeptis. Ini berawal pas ane di Bali (kalo ga salah 2016), kendaraan umum nyaris nihil.
Lapor Hansip
04-09-2018 22:45

Curhat Customer Ojol

Past Hot Thread
Gan kan sering tuh di sosmed ada yang ngepost soal derita abang ojol. Yang panas-panas nganterin makanan, yang dikasih rating bintang 1, dsb.

Kalo dari sisi penggunanya ane udah beberapa tahun ini full pake ojol, karena satu, termasuk murah, dua, ga ribet sama kendaraan pribadi.

Pas pertama kali pake sih skeptis. Ini berawal pas ane di Bali (kalo ga salah 2016), kendaraan umum nyaris nihil. Mo bawa kendaraan sendiri agak males. So ya jabanin aja. Eh keterusan sampe sekarang. Mobil dan motor ada yang nganggur di rumah tapi jadi males bawanya.

Selama beberapa tahun ini ane cukup puas pake service ini. Tapi beberapa kali ane juga kena tingkah nyebelin dari driver ojol. Walau perlu ditekankan, ini ga matok semua driver ojol kayak begini yah, tapi kejadian-kejadian ini bukan cuma sekali aja. Cukup sering, bukan cuma satu driver aja.

Jadi mungkin kaskuser yang lain ada yang nyambi ojol atau emang berprofesi penuh sebagai driver, mohon jangan tersinggung atau marah, tapi anggep buat masukan yang membangun.

Ane disini ga nyebut merk deh, dan gambar-gambar soal ojol emang susah dicari yang netral. Jadi cari di google gambar-gambar yang relevan aja.

Curhat Customer Ojol

1. Konfirmasi setelah dicancel

Curhat Customer Ojol


Nah ini baru beberapa minggu yang lalu kena begini. Ane udah beberapa kali kena gan. Karena nunggu lama (sekitar 10-15 menit), padahal estimated timenya 1 menit.

Ga ada respon, chat ga dibales, dicall juga ga bisa, sedangkan di map kagak bergerak-gerak indikatornya, jadi yah ane cancel, order driver lainnya. Eh dia nelpon. Ane kan ga bisa bedain ini driver yang dicancel atau orderan baru. Dia kagak bilang nama, nomer telpon juga ga keluar di aplikasinya.

Alhasil keduanya nongol di tempat, driver yang ane cancel marah dan jadinya adu mulut di tempat pickup dan driver yang baru dibiarin bengong. Ane paling males debat kusir apalagi marah-marah. Solusinya ya udah tetep naik yang dicancel, ane bayar cash dan yang baru ane suruh selesaiin. Jadi bayar 2x.

Nah, gini alangkah baiknya kalo konfirmasi di awal sebelum pickup. Ane ga tau sistem aplikasi drivernya gimana. Tapi kalo disuruh nunggu apalagi kita buru-buru juga kan ya mau ga mau harus cari driver lain. Kalo takut rugi pulsa, ya pake fasilitas chat di dalem aplikasinya aja. Ane lumayan heran kok masih banyak yang demen nelpon?

Lain waktu, ane udah nyampe pake driver lain, dia baru konfirmasi. Ane bilang lah ini udah nyampe. Terus kebon binatang keluar di telpon. Lah ngapa kagak konfirmasi dari awal?

Mungkin dari sistem juga perlu dibenahin. Kalo driver ga respon selama beberapa lama langsung cancel. Atau pakai sistem "pickup" dulu, driver mesti swipe. Buat konfirmasi aja. Biar sama-sama enak gitu.

Curhat Customer Ojol

2. Nelpon berkali-kali

Curhat Customer Ojol


Selama ini ane ga pernah anggurin ojol lama-lama. Tapi banyak juga yang ga sabaran jadi krang kring mulu. Padahal udah dibilang tunggu sebentar. Emang ane akuin ane kadang suka mesen dari awal, lebih awal 5-10 menit menit, tapi jarang-jarang kok. Dan itupun biasa dapetnya setelah 2-5 menitan aplikasinya nyari driver.

Tapi kalo call beberapa kali dalam 5 menit ya udah kelewatan. Apalagi kalo pas lagi mo beres-beres pulang dari kantor. Kan malah tambah lama. Emang ga fatal, yang jelas ane sampe tujuan, itu yang penting.

Cuma ini menurut ane mengganggu banget/annoying istilahnya.

Curhat Customer Ojol

3. Ga mau anter tapi ga mau cancel

Curhat Customer Ojol


Ini yang parah gan, paling jengkel kalo ketemu yang kayak begini. Karena biasanya pake bohong. Ga mau ngomong langsung masalahnya apa. Minta cancel juga kagak.

Yang paling kurang ajar, udah nungguin lama, dia call udah di pickup poin. Pas ane tanyain "mas xxx ya". Dia bilang bukan. Ane call, kedengeran tuh handphonenya dia bunyi, dia langsung ngeloyor. Di call berkali-kali ga diangkat. Ya udah taulah doi.

Karena jengkel kali itu ane kagak lepas. Call, SMS sama chat. Kagak direspon semuanya. Sampe akhirnya dia chat balik. Dia bilang ada di daerah lain. Lah gimana caranya wong di map jelas-jelas dia di pickup point kok?

Ya udah ane semprot abis-abisan di chat. Kalo dia call mungkin bisa kayak orang gila ane marah-marah sendiri di telpon.

Takut kena penalty? Kalo ga salah ane baca-baca dulu penalty 30 menit ga bisa pickup. Ya sama aja, ane kagak lepas buang waktu 20 menitan waktu itu. Nambah bikin customer marah.

Lain waktu lagi ini yang bener-bener sotoy, udah cukup lama. Sebelum pembayaran onlinenya diganti pake company lain (sebelumnya mereka ngembangin brand payment sendiri).

Saking sotoynya mencloq banget di otak ane. Ga mau pake uang online. Nawar di tempat "yah pake cash aja deh" ya ane bilang "lah kalo udah oke kan berarti ga bisa diganti cara pembayarannya". Terus dia bilang "ok bentar saya pompa ban dulu ya kurang angin!".

Ditungguin lama, ealah diselesaikan sama dia. Saldo ane berkurang, sampe tujuan kagak. Ya langsung bintang 1. Untungnya langsung direspon CSnya, langsung dibalikin.

Menurut ane, kasus gini ya cancel aja. Kalo takut kena penalty kan bisa minta baik-baik sama customer. Ga lah kita ga bakal tersinggung, apapun alasannya.

Dibandingkan muter-muter kayak begitu. Customer rugi waktu, driver juga rugi waktu kan?

Curhat Customer Ojol

4. Ugal-ugalan


Ya ini semua orang pasti ngalamin deh dapet driver yang begini. Kita emang mau cepet sampe, tapi masih bernyawa. Deket-deket truk container sekedar buat nyalip waduh ngeri beud. Ane bawa mobil aja jauh-jauh sama truk container.

Kalo di tempat yang banyak polis tidurnya, ngerem, ngegas, ngerem, ngegas. Ya udah tau banyak polis tidurnya ya pelan-pelan aja atuh.

Mo kasih bintang 1 kasian. Mana sekarang kasih bintang 4 aja udah dikasih form "what went wrong" di aplikasinya. 

Curhat Customer Ojol

5. Sexual harassment/pelecehan sexual


Ini pas awal-awal aja kayaknya sih. Karena dulu banyak diposting di sosmed kasusnya. Belakangan udah cukup jarang. Temen ane ada yang pengguna ojol beberapa tahun juga, orangnya cantik, dan selama ini kayaknya doi ga pernah komplen soal hal ini. Jadi inget profesionalitas aja.

Cuma, ane masih nemuin beberapa orang dengan pola pikir kalo ngegodain customer itu hal biasa. Duh kalo agan ada yang jalanin jadi ojol/taxol, tolong jangan berpikir kayak begini gan. Parah! Engga banget deh.

Screenshot


Sekali lagi, ane tekenin, belakangan emang udah jauh berkurang. Dan mayoritasnya sopan kok.

Ga semua, tapi masih ada orang dengan pola pikir begini. Ya contohnya yang di dalem spoiler itu. Emang customer mereka ga ada yang komplen.

Tapi namanya orang, bisa aja senyum di depan tapi ngomongnya beda di belakang. Lain di muka lain di pikiran. Ati ati loh gan.

Curhat Customer Ojol

6. Minta top up


Belakangan udah mulai mereda. Tapi sempat beberapa waktu yang lalu ini gencar banget nih para driver. "25000 aja". Ya iya kalo sekali doang. Tapi sempat beberapa hari berturut-turut bolak balik kantor minta topup dengan driver yang berbeda-beda.

3 hari, minimal 2 kali sehari. Apa kagak150 ribu? Gile lo ndro.

Ya ane akuin ini komplen minor. Ngerti juga kalo untuk kejar poin sih. Kalo ngandelin dari komisi nganterin aja ga bakal nutup sehari-harinya. Selain itu biasanya sih mereka minta pas anter. Bilang engga langsung mereka juga kalem kok.

Tapi kadang ada yang pas konfirmasi minta top up. Pas dibilang engga, dia tetep suruh nunggu. Ditungguin, eh tau-tau dicancel. Dan entah kenapa suatu waktu pada rajin banget minta top up.

Curhat Customer Ojol

7. Dapet driver cewek

Curhat Customer Ojol


Nah kalo yang ini emang udah dapet beberapa kali. Ga terlalu mengganggu. Ane sih maklum aja, sah aja cewek cari penghasilan. Ga jaman ga ngebolehin cewek berkarir. Ane juga ga keberatan. Kalo mobil, no komen dan no komplen lah. Sopir dan kenek bus aja banyak yang cewek kok sekarang.

Kalo naik ojek motor, jadinya agak risih aja, biasanya ane duduk agak belakangan, rada jauhan gitu. Jadi rada susah mo pegangan juga. Apalagi kalo pas lagi dapet yang bening, kan serba salah juga kalo dibonceng di belakang bokong driver sentuhan sama yang onoh pas ngerem mendadak, kalo naik kita juga ga bisa kontrol emoticon-Malu

Ya sejauh ini dapet driver cewek ga pernah masalah sih. Mungkin cuma masih jarang-jarang banget gitu. Dan engga mempermasalahkan juga. Cuma belon terbiasa aja. Rata-rata mereka cerita kalo customer cowok biasanya langsung ga mau dianter pake driver cewek (mungkin lain cerita kalo semuanya bening kali yah).

Gambar diatas itu cuma mulustrasi loh ya gan.

Curhat Customer Ojol

Sejauh ini sih komplen utama ane yaitu nomer 1, 2 dan 3 aja gan. Kalo ugal-ugalan, beberapa kali ngalamin tapi ya udah jarang-jarang sih. Dan syukurlah ane masih hidup sampe detik ini. Mayoritasnya oke kok kalo bawa penumpang. Kalo sendiri ya serah emoticon-Leh Uga

Seengganya jauh lebih nyaman dibandingin bus umum, yang sering malah sengaja balap-balapan ma sesama bus.

Sisanya cenderung sangat minor atau ga pernah ngalamin sendiri (khususnya pelecehan sexual... ya keles hombreng kali abang ojolnya).

Gimana kalo agan? Ada curhatan soal ojol/taxol?

Bonus

Diubah oleh exorio
profile-picture
kutil75 memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
Curhat Customer Ojol
Lapor Hansip
06-09-2018 17:57
Balasan post LaSeixas
Quote:Original Posted By LaSeixas
gw bbrp bulan terakhir ini sering bgt dapet driver cewe....

2 hari lalu dapet driver ibu2... bawa motornya kayak oleng masih agak kaku, akhirnya gw minta berhenti, gw yg bawa motornya smpe rumah... dia yg gw bonceng, hahahaha... Gak tega euy...


Nice...gw suka gaya loeemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 17:58
Gua blom pernah sekalipun pake layanan ojol wkwk
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:04
yang nelpon mulu sih paling annoying,walaupun gangaruh ke performa dan keselamatan tapi bener2 mengganggu wkwk
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:06
Yang terakhir bikin ketar ketir penumpangnya emoticon-Goyang
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:08
gw sering ngalamin no 3, udh lama ga ksh kbr (bisa 10 - 15 menit) trus tau2 minta dicancel alesannya ban kempes ato apa lah. pdhl kalo diliat di map posisinya ga jauh dr lokasi pick up point. akhirnya gw cancel dgn pilih berdasarkan permintaan driver 😀, kalo dr awal ga mau ambil hrsnya bilg dr awal ga diemin customer lama.
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:10
Pengalaman berharga tuh gan emoticon-Leh Uga
Bikin thread tentang senengnya/positifnya jadi ojol dong gan emoticon-2 Jempol
Diubah oleh digitravel
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:12
beli kulkas pake ojol...nyampe. besok ane mau coba beli lemari baju 3 pintu pake ojol emoticon-Cool
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:15
ada yang annoying juiga, si ojol ga bisa baca map, pernah beberapa kali kejadian pesen ojol/taxol, dianya nyasar pas jemput, dikasih taupun masih ngeyel, ga sering, tapi kejadian.

kalau dapet ojol cewek/ibu2 sih pernah, ojolnya langsung nawarin, mau abang yg bawa atau saya aja? berhubung gw agak2 lebar, yaudahlah gw aja yg bawa, daripada ga kuat nahan motor....emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:17
ane paling males kalau dpt yg kasus nomor 1 sama 3.. klo kasus 1 biasanya ane tetep naekin yg dah ane order baru, toh ada histori jg klo ane cancel yg pertama gr2 kelamaan nunggu+ga ada kabar. klo kasus nomor 3 ane sering jabanin ga mau cancel, toh ada app ojol yg lain, jadi ane order pk app satunya. emoticon-Ngakak
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:17
kaga pernah dikasih duit kembalian emoticon-Hammer2
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:18
kalo pesen makan gw jarang banget pake grabfood, driverny najis bgt mungkin 80% nya gk mau ambil orderan alasannya lupa matiin aplikasi, mau balik lah, sudah di rumah (tapi aplikasi lu idupin emoticon-fuck dan yg paling klise kurang duit, alasan paling basi) dan yang paling parah pernah grabny nanya pas gw pesen makan dia nanya kalau gw cowok apa cewek trus gw jawab cowok langsung dicancel, ini grab otakny dimana iy kali cuma terima order dari cewek emoticon-Marah

gojek, kalau pesen gofood malam2 kyk jam 3 pagi suka dibilang tokony tutup padahal masih buka (anjing kena tipu berkali2 gw)
yang paling parah pesan grabcar driverny minta gw jalan setengah kilo dengan gaya bicara yg ngebentak kyk gw kacungny trus gw gk mau dan gw cancel langsung disumpah2i sekeluarga mati kecelakaan lah, kebon binatang keluar semua. iy kali jing lu nyuruh gw jalan setengah kilo mana panas dan lu bilang deket emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh Win.Doraemon
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:24
paling bau matahari aja gan drivernya emoticon-Leh Uga
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:29
ane pernah tuh malah dipinta bayar 2x lipat dari di aplikasinya kan kesel gajelas amat alesannya dia dari jauh sih cuman ya ga logis aja sampe minta di duakali lipatin bayaremoticon-Cape deeehh
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:29
yang nomor terakhir ane pernah dapet ibu-ibu, dia nawarin ane yang bawa motornya. tapi berhubung ane kagak bisa ya akhirnya ibunya yang bawa emoticon-Ngakak
Entah kenapa kalau yang bawa cewek itu aneh bener emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:35
Quote:Original Posted By kakeksegalatahu
beli kulkas pake ojol...nyampe. besok ane mau coba beli lemari baju 3 pintu pake ojol emoticon-Cool


Coba spring bed sm tv 50inch bre emoticon-Matabelo
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
1 0
1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:36
yang kebangetan itu,udah deket pake promo pula,dan bayarnya pas banget,ditambah lagi tinggalnya di apartemen.kaya jangan pelitlah klo kasih
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:38
berhubung ane merangkap jadi CS dan Driver juga
2. Nelpon berkali-kali
kalau dapat orderan barang yang CS suka ngasal naruh titik tujuan ane telponin terus. Ampe tekor ane 5km pas dah sampai titik pengantaran, emoticon-Berduka (S)
3. Ga mau anter tapi ga mau cancel
biasanya tuh di mode pesawat, biar cancel by cs ga turun perform driver, karena kalau cancel dari driver jadi perform turun.
4. Ugal-ugalan
wah boro-boro ngebut lah motor bebek lama cuma mentok 60km. kadang kalau pagi ada aja CS yg minta buru-buru, dia yg telat bangun pagi ntar ujungnya pasti rating *1 kalau dianterin. kalau di awal chat udah ga beres, mending cancel aja dah daripada akun wasalam.
6. Minta top up
biasanya driver yg suka main Food jadi sales top up pay biar dpt point tambahan cepet tutup point dapet bonus. emoticon-Ngakak (S)

tapi ane kalau pesen dari toko online pakai kurir ojol mah ane selalu kasih tip emoticon-Big Grin
0 0
0
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:42
ane udah sering pesan ojol untuk antar2 kue pesanan ke customer, dari semua yang disebutkan saya pernah alami,

pernah saya alami driver ojolnya minta saya isi non-cash, saya bilang saya tidak bawa cash sekarang,
eh ditawarin bisa ke atm dulu, padahal 10 menit saja perjalanan ke tujuan,

dan yang menganggu itu menurut saya no.3, sudah ditulis selengkap mungkin pun tetap ditelp, dimana lokasinya kita,
dan sampai di tempat penerima, apabila penerima barang tidak angkat telepon/tidak aktif, kita lah yang di telp, alangkah baiknya coba dicari dulu alamatnya, kalau penerima tidak angkat/ tidak aktif, kita telp pun hasilnya sama juga

emoticon-Shakehand2
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
3 0
3
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:48
diantara semua postingan ts dan pembelaan driver.. mungkin kalian ga sadar lg di adu domba sama pihak perusahaan ojol
0 1
-1
Curhat Customer Ojol
06-09-2018 18:49
nomor 1 paling sering gan
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia