exorioAvatar border
TS
exorio
Curhat Customer Ojol
Gan kan sering tuh di sosmed ada yang ngepost soal derita abang ojol. Yang panas-panas nganterin makanan, yang dikasih rating bintang 1, dsb.

Kalo dari sisi penggunanya ane udah beberapa tahun ini full pake ojol, karena satu, termasuk murah, dua, ga ribet sama kendaraan pribadi.

Pas pertama kali pake sih skeptis. Ini berawal pas ane di Bali (kalo ga salah 2016), kendaraan umum nyaris nihil. Mo bawa kendaraan sendiri agak males. So ya jabanin aja. Eh keterusan sampe sekarang. Mobil dan motor ada yang nganggur di rumah tapi jadi males bawanya.

Selama beberapa tahun ini ane cukup puas pake service ini. Tapi beberapa kali ane juga kena tingkah nyebelin dari driver ojol. Walau perlu ditekankan, ini ga matok semua driver ojol kayak begini yah, tapi kejadian-kejadian ini bukan cuma sekali aja. Cukup sering, bukan cuma satu driver aja.

Jadi mungkin kaskuser yang lain ada yang nyambi ojol atau emang berprofesi penuh sebagai driver, mohon jangan tersinggung atau marah, tapi anggep buat masukan yang membangun.

Ane disini ga nyebut merk deh, dan gambar-gambar soal ojol emang susah dicari yang netral. Jadi cari di google gambar-gambar yang relevan aja.


1. Konfirmasi setelah dicancel



Nah ini baru beberapa minggu yang lalu kena begini. Ane udah beberapa kali kena gan. Karena nunggu lama (sekitar 10-15 menit), padahal estimated timenya 1 menit.

Ga ada respon, chat ga dibales, dicall juga ga bisa, sedangkan di map kagak bergerak-gerak indikatornya, jadi yah ane cancel, order driver lainnya. Eh dia nelpon. Ane kan ga bisa bedain ini driver yang dicancel atau orderan baru. Dia kagak bilang nama, nomer telpon juga ga keluar di aplikasinya.

Alhasil keduanya nongol di tempat, driver yang ane cancel marah dan jadinya adu mulut di tempat pickup dan driver yang baru dibiarin bengong. Ane paling males debat kusir apalagi marah-marah. Solusinya ya udah tetep naik yang dicancel, ane bayar cash dan yang baru ane suruh selesaiin. Jadi bayar 2x.

Nah, gini alangkah baiknya kalo konfirmasi di awal sebelum pickup. Ane ga tau sistem aplikasi drivernya gimana. Tapi kalo disuruh nunggu apalagi kita buru-buru juga kan ya mau ga mau harus cari driver lain. Kalo takut rugi pulsa, ya pake fasilitas chat di dalem aplikasinya aja. Ane lumayan heran kok masih banyak yang demen nelpon?

Lain waktu, ane udah nyampe pake driver lain, dia baru konfirmasi. Ane bilang lah ini udah nyampe. Terus kebon binatang keluar di telpon. Lah ngapa kagak konfirmasi dari awal?

Mungkin dari sistem juga perlu dibenahin. Kalo driver ga respon selama beberapa lama langsung cancel. Atau pakai sistem "pickup" dulu, driver mesti swipe. Buat konfirmasi aja. Biar sama-sama enak gitu.


2. Nelpon berkali-kali



Selama ini ane ga pernah anggurin ojol lama-lama. Tapi banyak juga yang ga sabaran jadi krang kring mulu. Padahal udah dibilang tunggu sebentar. Emang ane akuin ane kadang suka mesen dari awal, lebih awal 5-10 menit menit, tapi jarang-jarang kok. Dan itupun biasa dapetnya setelah 2-5 menitan aplikasinya nyari driver.

Tapi kalo call beberapa kali dalam 5 menit ya udah kelewatan. Apalagi kalo pas lagi mo beres-beres pulang dari kantor. Kan malah tambah lama. Emang ga fatal, yang jelas ane sampe tujuan, itu yang penting.

Cuma ini menurut ane mengganggu banget/annoying istilahnya.


3. Ga mau anter tapi ga mau cancel



Ini yang parah gan, paling jengkel kalo ketemu yang kayak begini. Karena biasanya pake bohong. Ga mau ngomong langsung masalahnya apa. Minta cancel juga kagak.

Yang paling kurang ajar, udah nungguin lama, dia call udah di pickup poin. Pas ane tanyain "mas xxx ya". Dia bilang bukan. Ane call, kedengeran tuh handphonenya dia bunyi, dia langsung ngeloyor. Di call berkali-kali ga diangkat. Ya udah taulah doi.

Karena jengkel kali itu ane kagak lepas. Call, SMS sama chat. Kagak direspon semuanya. Sampe akhirnya dia chat balik. Dia bilang ada di daerah lain. Lah gimana caranya wong di map jelas-jelas dia di pickup point kok?

Ya udah ane semprot abis-abisan di chat. Kalo dia call mungkin bisa kayak orang gila ane marah-marah sendiri di telpon.

Takut kena penalty? Kalo ga salah ane baca-baca dulu penalty 30 menit ga bisa pickup. Ya sama aja, ane kagak lepas buang waktu 20 menitan waktu itu. Nambah bikin customer marah.

Lain waktu lagi ini yang bener-bener sotoy, udah cukup lama. Sebelum pembayaran onlinenya diganti pake company lain (sebelumnya mereka ngembangin brand payment sendiri).

Saking sotoynya mencloq banget di otak ane. Ga mau pake uang online. Nawar di tempat "yah pake cash aja deh" ya ane bilang "lah kalo udah oke kan berarti ga bisa diganti cara pembayarannya". Terus dia bilang "ok bentar saya pompa ban dulu ya kurang angin!".

Ditungguin lama, ealah diselesaikan sama dia. Saldo ane berkurang, sampe tujuan kagak. Ya langsung bintang 1. Untungnya langsung direspon CSnya, langsung dibalikin.

Menurut ane, kasus gini ya cancel aja. Kalo takut kena penalty kan bisa minta baik-baik sama customer. Ga lah kita ga bakal tersinggung, apapun alasannya.

Dibandingkan muter-muter kayak begitu. Customer rugi waktu, driver juga rugi waktu kan?


4. Ugal-ugalan


Ya ini semua orang pasti ngalamin deh dapet driver yang begini. Kita emang mau cepet sampe, tapi masih bernyawa. Deket-deket truk container sekedar buat nyalip waduh ngeri beud. Ane bawa mobil aja jauh-jauh sama truk container.

Kalo di tempat yang banyak polis tidurnya, ngerem, ngegas, ngerem, ngegas. Ya udah tau banyak polis tidurnya ya pelan-pelan aja atuh.

Mo kasih bintang 1 kasian. Mana sekarang kasih bintang 4 aja udah dikasih form "what went wrong" di aplikasinya. 


5. Sexual harassment/pelecehan sexual


Ini pas awal-awal aja kayaknya sih. Karena dulu banyak diposting di sosmed kasusnya. Belakangan udah cukup jarang. Temen ane ada yang pengguna ojol beberapa tahun juga, orangnya cantik, dan selama ini kayaknya doi ga pernah komplen soal hal ini. Jadi inget profesionalitas aja.

Cuma, ane masih nemuin beberapa orang dengan pola pikir kalo ngegodain customer itu hal biasa. Duh kalo agan ada yang jalanin jadi ojol/taxol, tolong jangan berpikir kayak begini gan. Parah! Engga banget deh.

Spoiler for Screenshot:


Sekali lagi, ane tekenin, belakangan emang udah jauh berkurang. Dan mayoritasnya sopan kok.

Ga semua, tapi masih ada orang dengan pola pikir begini. Ya contohnya yang di dalem spoiler itu. Emang customer mereka ga ada yang komplen.

Tapi namanya orang, bisa aja senyum di depan tapi ngomongnya beda di belakang. Lain di muka lain di pikiran. Ati ati loh gan.


6. Minta top up


Belakangan udah mulai mereda. Tapi sempat beberapa waktu yang lalu ini gencar banget nih para driver. "25000 aja". Ya iya kalo sekali doang. Tapi sempat beberapa hari berturut-turut bolak balik kantor minta topup dengan driver yang berbeda-beda.

3 hari, minimal 2 kali sehari. Apa kagak150 ribu? Gile lo ndro.

Ya ane akuin ini komplen minor. Ngerti juga kalo untuk kejar poin sih. Kalo ngandelin dari komisi nganterin aja ga bakal nutup sehari-harinya. Selain itu biasanya sih mereka minta pas anter. Bilang engga langsung mereka juga kalem kok.

Tapi kadang ada yang pas konfirmasi minta top up. Pas dibilang engga, dia tetep suruh nunggu. Ditungguin, eh tau-tau dicancel. Dan entah kenapa suatu waktu pada rajin banget minta top up.


7. Dapet driver cewek



Nah kalo yang ini emang udah dapet beberapa kali. Ga terlalu mengganggu. Ane sih maklum aja, sah aja cewek cari penghasilan. Ga jaman ga ngebolehin cewek berkarir. Ane juga ga keberatan. Kalo mobil, no komen dan no komplen lah. Sopir dan kenek bus aja banyak yang cewek kok sekarang.

Kalo naik ojek motor, jadinya agak risih aja, biasanya ane duduk agak belakangan, rada jauhan gitu. Jadi rada susah mo pegangan juga. Apalagi kalo pas lagi dapet yang bening, kan serba salah juga kalo dibonceng di belakang bokong driver sentuhan sama yang onoh pas ngerem mendadak, kalo naik kita juga ga bisa kontrol emoticon-Malu

Ya sejauh ini dapet driver cewek ga pernah masalah sih. Mungkin cuma masih jarang-jarang banget gitu. Dan engga mempermasalahkan juga. Cuma belon terbiasa aja. Rata-rata mereka cerita kalo customer cowok biasanya langsung ga mau dianter pake driver cewek (mungkin lain cerita kalo semuanya bening kali yah).

Gambar diatas itu cuma mulustrasi loh ya gan.


Sejauh ini sih komplen utama ane yaitu nomer 1, 2 dan 3aja gan. Kalo ugal-ugalan, beberapa kali ngalamin tapi ya udah jarang-jarang sih. Dan syukurlah ane masih hidup sampe detik ini. Mayoritasnya oke kok kalo bawa penumpang. Kalo sendiri ya serah emoticon-Leh Uga

Seengganya jauh lebih nyaman dibandingin bus umum, yang sering malah sengaja balap-balapan ma sesama bus.

Sisanya cenderung sangat minor atau ga pernah ngalamin sendiri (khususnya pelecehan sexual... ya keles hombreng kali abang ojolnya).

Gimana kalo agan? Ada curhatan soal ojol/taxol?

Spoiler for Bonus:

Diubah oleh exorio 05-09-2018 05:26
kutil75
kutil75 memberi reputasi
9
28.6K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.