TempeMAFIAAvatar border
TS
TempeMAFIA
Roy Suryo Hobi Koleksi Mercy Klasik, Punya 50 Unit, Per Mobil Lebih dr Rp 100 Juta


TRIBUNJABAR.ID- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, memiliki hobi yang tak biasa. Ia mengoleksi mobil Mercedes Benz atau Mercy klasik. Hobi tersebut tumbuh karena pengaruh dari sang ayah. Ternyata, ayah dari Roy Suryo juga mengoleksi mobil merek yang sama.
"Wah kayanya asyik nih. Dan saya langsung tertarik pada satu merek, Mercedes Benz," kata Roy Suryo di kawasan Tomang, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2013) malam, dikutip dari Tribunnews.

Politikus yang pernah duduk di kursi Komisi I DPR itu memiliki koleksi mobil Mercy sebanyak 50 unit. Saat masih menempati rumah dinas, mobil-mobil tersebut diparkirkan berjajar di garasi rumah. Roy Suryo mengaku menggemari olahraga otomotif.
Ia sudah mengoleksi mobil pabrikan Jerman itu sejak 1998. Tak semua mobil ia beli secara lunas melainkan dicicil atau diangsur.

Menurutnya, bodi Mercy terbilang konsisten dan tak lekang oleh waktu. "Kita bisa lihat orang yang menggunakan mobil Mercedes, mau model Batman tahun 65-an, model Kentang tahun 60-an, kebo tahun 70-an, Tiger tahun 1980 sampai 85-an, model Boxer, itu dilihat sampai sekarang masih cakap.



Coba bandingkan dengan brand lain, model 80-an kelihatan seperti sudah lama sekali. Coba, Tiger tahun 80-an masih bagus dan cakep," katanya.
Selain model, Roy juga mengagumi kekuatan, keamanan, dan kenyamanan, dari komponen atau spare part dari mobil tersebut.
"Komponennya bertahan 5 sampai 10 tahun, tidak cepat ganti," lanjutnya. Pada 1998, di mana krisis moneter melanda Indonesia, Roy Suryo memanfaatkan hal tersebut. Ia melihat banyak pemilik Mercy menjual mobilnya dengan harga rendah di berbagai surat kabar.
"Mungkin karena krisis dan harga drop, lalu jadi ada keinginan untuk membeli satu-satu," ucapnya. Koleksi pertama Roy Suryo adalah Mercy seri 180 yang dibuat pada 1961. Mobil tersebut dikenal dengan sebutan Mercy kentang.



Roy Suryo membeli koleksi pertamanya dengan harga belasan juta rupiah. Bila mobil tersebut dijual saat ini maka harga jualnya lebih dari Rp 100 juta karena nilai klasiknya. "Kalau sekarang mobil itu harganya bisa sampai ratusan juta rupiah. Iya klasik banget," katanya.
Uniknya, Roy Suryo tidak akan menjual mobil koleksinya meskipun dapat meraup keuntungan berkali-kali lipat.
"Tapi, saya setiap membeli tidak berniat untuk dijual lagi." Dari koleksinya, ada mobil Mercy yang paling klasik, yakni seri K700 pabrikan 1935.



Sementara, koleksi terbarunya adalah seri Smart yang keluar pada 2012. "Mobil itu dipakai rally sama istri dan langsung juara. Dia baru kali pertama ikut rally," ucap Roy sambil tertawa.
"Terus terang saya juga kaget, karena awalnya ku kira touring tapi karena saya dari dulu tukang rally, jadi enggak soal, enggak ada masalah," katanya. Hobi mengoleksi mobil Roy Suryo memang sudah tak asing lagi.



Saat menghadiri Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Roy Suryo membeli miniatur Mercy yang total harganya Rp 40 juta.
Ia membeli dua miniatur Mercy, tipe 560 SEl warna hitam dengan harga Rp 1,25 juta dan tipe A Klass silver yang dibanderol Rp 1,05 juta.
Selain itu, Roy Suryo membeli mainan Mercy yang dapat dimaju-mundurkan. Mainan yang dilengkapi mesin itu dibanderol Rp 38 juta.

MERCY

Sisi lain Roy Suryoemoticon-Wagelaseh
Diubah oleh TempeMAFIA 06-09-2018 04:09
nona212
nona212 memberi reputasi
2
5.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.