Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8842f59e7404b56b8b4567/anak-tahun-90an-pasti-tau-buah-jaman-dulu-yang-satu-ini
Halo kaskuser, ini thread perdana ane. Sori kalo masih berantakan tulisan ane, setelah sekian lama jadi silent reader akhirnya ane memberanikan diri menetesakan thread pertama ane. Ngomongin jaman dulu, ane  teringat sama salah satu buah yang jadi rebutan waktu udah mulai berbuah dipohonnya. Buah ini bentuknya bulat mengkel kalo udah mateng lima ratusan anget-anget, jah bukan itu maksudnya wkwkw
Lapor Hansip
31-08-2018 02:18

Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???

Past Hot Thread
Halo kaskuser, ini thread perdana ane. Sori kalo masih berantakan tulisan ane, setelah sekian lama jadi silent reader akhirnya ane memberanikan diri menetesakan thread pertama ane.
 
Ngomongin jaman dulu, ane  teringat sama salah satu buah yang jadi rebutan waktu udah mulai berbuah dipohonnya. Buah ini bentuknya bulat mengkel kalo udah mateng lima ratusan anget-anget, jah bukan itu maksudnya wkwkwkwk emoticon-Wink.  Buah ini dulu masi banyak banget tumbuh di daerah ane , buah yang dalemnya mirip manggis dengan diameter sekitar 5 cm berwarna kuning keemasan dan ada bulu halus yang menempel di kulitnya, wow ranum coy LOLemoticon-Wkwkwk
Oke lanjut, pada bagian daging buah yang dalamnya warna putih, lengket dengan biji, serta rasanya manis asem ngangenin gitu, iya ngangenin kaya kamu. Biasanya dalam satu buah itu  isinya ada kurang lebih 3-6 biji buah berwarna coklat. Buah yang punya nama latin sandoricum koetjape dulu jadi prima dona anak kampung ane gan. Coba tebak buah apa itu?
spoiler


Yap betul, itu buah kecapi. Saat ini buah kecapi udah jarang banget dijumpai, selain susah banget untuk dapetin buah ini ,untuk makan buah ini juga rada susah karena kulit buah kecapi ini cukup alot. Bahkan dulu ane sampe harus ngebanting buah ini kelantai atau menjepit buah kecapi ini ke pintu agar buah nya pecah biar bisa diambil isi buahnya, hehehe. Untuk mentik buahnya juga susah, pohonnya tinggi bahkan bisa sampe 30 meter dan begitu rimbun daunya. Bentuk daunnya majemuk atau lonjong meruncing berukuran sampai 18 cm. Untuk manjat pohon ini butuh nyali, kebetulan dulu ane gak punya nyali yah udah butuh bantuan galah atau sengget buat metik buahnya.
spoiler


 Kadang kalo lagi gak ada galah ato sengget ane lempain tuh pake batu atau sandal buat dapetin buahnya. Alhasil buahnya gak jatoh batunya kena genteng orang, sendalnya nyangkut dipohon LOL. Jangan ditiru yah ini kenakalan anak jaman dulu emoticon-Big Grin. Dibalik susahnya dapetin cinta mu pada ku dan membuka buah kecapi ternyata buah ini menyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Dalam 100 gr buah kecapi, memiliki komposisi kandungan nutrisi sebagai berikut:

 
·        Vitamin C sampai 14 gr
·        Total karbohitdrat 13,7 gr
·        Lemak 1 gr
·        Serat 1.1 gr
·        Protein 0.7 gr
·        Zat abu 0.7 gr
·        Kalium 328 mg
·        Fosfor 20 mg
·        Zat besi 1,2 mg
·        Kalori 247 KJ
·        Air
 
Wah, mantap juga khasiatnya yah gan? Cocok nih buat yang lagi program KB (Keluarga berencana) :absurd hahahhahaha.... emoticon-Hammer2
Betewe, ane ada informasi nih untuk dapetin buah ini ternyata masih ada yang jual untuk di daerah jagakarsa Jakarta selatan.


Ini pedagangnya gan



ini buah dagangnya gan ada jambu klutuk juga



senyuman engkong yang jual


Nah segitu aja yang bisa ane sharing tentang pengalaman ane tentang buah kecapi. Kalo ditempat kaliah buah kecapi ini sebuatannya apa?emoticon-Jempol
profile-picture
nona212 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:18
ditempat ane namanya setul,asem banget biasa dibuat sambel
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:22
Balasan post lapar.bang
Quote:Original Posted By lapar.bang


Wah paman ternyata sudah tuir yakemoticon-Shutup
Di desa saya juga sama namanya pamanemoticon-Big Grin buah sentulemoticon-Big Grin

Uletnya gede-gede.. warna ijo kayak ulet sutraemoticon-Big Grin tapi kalo jadi kupu-kupu kayak kebon binatangemoticon-Ngakak (S) kupu-kupu gajah nyebutnya dulu soalnya kupu-kupunya guwedeemoticon-Ngakak (S)


kalau yg deket rumah malah jadi kampungnya jin & lelembut.....lantaran deket jalan raya, dulu sebelum tumbang sering ada kecelakaan deket2 tuh pohon, dan yg jadi korban salah satunya kedua ortu temen aye yg ninggal disruduk turuck nyasar persis di depan pager rumah. emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:23
Udah jarang sekarang tuh buah gan..
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:30
kesentul nama na ituu
1 0
1
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:31
susah nyarinya skrg gan
hadew...
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:39
Quote:Original Posted By kruingputih3
kalau yg deket rumah malah jadi kampungnya jin & lelembut.....lantaran deket jalan raya, dulu sebelum tumbang sering ada kecelakaan deket2 tuh pohon, dan yg jadi korban salah satunya kedua ortu temen aye yg ninggal disruduk turuck nyasar persis di depan pager rumah. emoticon-Turut Berduka


Ya ampun kasihan banget pamanemoticon-Berduka (S)
Kalo di tempat saya paling banyak pohon asem sama randu.. sering makan korban..
Kalo sentul di dalam desa paling penampakan sama banyak orang jatoh kalo manjat itu pohon, tiap jumat selalu ada aja yang jatoh.. entah pagi siang atau soreemoticon-Takut (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:43
Buah jigong yg lebih susah nyarinya..kecapi kadang masih ada yg jual
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:53
Balasan post lapar.bang
Quote:Original Posted By lapar.bang


Ya ampun kasihan banget pamanemoticon-Berduka (S)
Kalo di tempat saya paling banyak pohon asem sama randu.. sering makan korban..
Kalo sentul di dalam desa paling penampakan sama banyak orang jatoh kalo manjat itu pohon, tiap jumat selalu ada aja yang jatoh.. entah pagi siang atau soreemoticon-Takut (S)


kalau sekarang pohon indukannya udah tumbang dimakan usia....saking besarnya waktu tumbang ke arah jalan, dua arah kendaraan semua berenti gak bisa lewat sama sekali (padahal jalur perekonomian & perdagangan). Rumah warga dan kendaraan satu pun gak ada yg rusak ketiban pohon tumbang. Warga yg rumahnya dekat2 tuh pohon ada yg nemu benda2 pusaka seperti keris, batu cincin, tombak kecil, liontin batu giok (itu yg aye liat sendiri).

Sekarang yg ada tinggal anakannya yg batangnya baru segede batang pohon kelapa. Bukan sekali duakali orang2 bilang kalau maghrib sering liat kayak ada yg nyeberang jalan ke arah anakan pohon sentul dan ilang emoticon-Takut (S)
Tapi sekalipun belum pernah denger mereka2 yg tinggal deket tuh pohon ngalami gangguan2 yg aneh emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 21:56
Quote:Original Posted By kruingputih3
kalau sekarang pohon indukannya udah tumbang dimakan usia....saking besarnya waktu tumbang ke arah jalan, dua arah kendaraan semua berenti gak bisa lewat sama sekali (padahal jalur perekonomian & perdagangan). Rumah warga dan kendaraan satu pun gak ada yg rusak ketiban pohon tumbang. Warga yg rumahnya dekat2 tuh pohon ada yg nemu benda2 pusaka seperti keris, batu cincin, tombak kecil, liontin batu giok (itu yg aye liat sendiri).

Sekarang yg ada tinggal anakannya yg batangnya baru segede batang pohon kelapa. Bukan sekali duakali orang2 bilang kalau maghrib sering liat kayak ada yg nyeberang jalan ke arah anakan pohon sentul dan ilang emoticon-Takut (S)
Tapi sekalipun belum pernah denger mereka2 yg tinggal deket tuh pohon ngalami gangguan2 yg aneh emoticon-Hammer (S)


Buset sampe nemu benda pusakaemoticon-Belo
Di tempat ane dulu malah uletnya yang banyak paman.. begitundi tebang uletnya keluar semuaemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 22:01
Balasan post lapar.bang
Quote:Original Posted By lapar.bang


Buset sampe nemu benda pusakaemoticon-Belo
Di tempat ane dulu malah uletnya yang banyak paman.. begitundi tebang uletnya keluar semuaemoticon-Hammer (S)


pastinya imut2 kayak di dp emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 22:06
Quote:Original Posted By kruingputih3
pastinya imut2 kayak di dp emoticon-Leh Uga


Habisin aja ini trit sampe rubuhemoticon-Leh Uga
Tar ane melipir dikitemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 22:08
Balasan post lapar.bang
Quote:Original Posted By lapar.bang


Habisin aja ini trit sampe rubuhemoticon-Leh Uga
Tar ane melipir dikitemoticon-Leh Uga


gundulmu! emoticon-Ngakak

Kriting jari semuanya emoticon-Ngakak
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 22:44
waduh kagak tau ini buah gan emoticon-Wow
gue kira jambu , ternyata isinya beda ya . buah kecapi memang cara ngambilnya sama alat musiknya ya ? di petik emoticon-Ngakak
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 23:26
kirain buah campoleh
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
05-09-2018 23:48
nice info...
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
06-09-2018 00:21
ndak pernah faham buah kecapi ini
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
06-09-2018 04:42
Balasan post non.artemisia
Quote:Original Posted By non.artemisia


lah tinggal dijepit di pintu bukanya :tepar


ini cerita waktu kecil

ngga ngerti buka nya

emoticon-Ngakak:
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
06-09-2018 05:12
Belum pernah makan euy
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
06-09-2018 06:01
huwaw buah kecapi emoticon-Matabelo
ini biasanya pas mau buka ane bukanya pake dijepitin diantara engsel pintu nih emoticon-Ngakak
dah jarang banget tapi ya
0 0
0
Anak Tahun 90’an Pasti tau Buah Jaman Dulu yang satu ini….???
06-09-2018 06:18
Sensasi segar dan asam buah kecapi emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia