hairul169Avatar border
TS
hairul169
KEDAI KOPI GUYON: KOPI ENAK DIJUAL DI GEROBAK


Inspirasi wirausaha bisa datang dari mana saja, termasuk dari perjalanan. Ego Prayogo mengelola inspirasi tersebut menjadi suatu wujud usaha yang nyata. Modal yang minim tidak mengalahkan keinginannya yang kuat untuk membangun sebuah kedai kopi.
Kedai Kopi Guyon, begitulah pemuda berusia 27 tahun ini menamakan gerai usaha kopinya. Menggunakan vespa yang dimodifikasi menjadi gerobak multifungsi, ia memarkirkan kedainya tiap malam pukul 22.00 di Jalan RS. Fatmawati No. 22. Beratapkan langit ibukota yang penuh polusi, berteman dingin malam dan debu-debu pembangunan akses transportasi cepat terpadu.  

Berawal dari himpitan ekonomi

Keadaan terdesak mampu mengeluarkan kreativitas seseorang untuk menemukan solusinya. Penghujung 2014, kreativitas itu lahir dari himpitan ekonomi yang mendera. Solusi atas kondisi tersebut ia tuangkan menjadi sebuah usaha dengan modal satu juta rupiah, sebuah motor vespa, gelas-gelas dari dapur rumah serta kayu dan besi bekas.

Selama seminggu ia memikirkan konsep usaha, seminggu berikutnya mengeksekusi ide-ide tersebut. Dalam  waktu singkat, berdirilah kedai kopi di atas sebuah vespa tahun 80-an. Menyediakan seduhan kopi yang diolah dari kopi bubuk yang biasa dijual di pasar.

Inspirasi dari perjalanan

Melakukan perjalanan dengan berkendara vespa telah menjadi hobi sejak lama. Melalui perjalanan, pria kelahiran 2 Februari 1989 ini mendapatkan banyak pengalaman sekaligus inspirasi. Kemalangan kehabisan uang tunai pada tahun 2011 karena lupa membawa kartu ATM membawanya berkenalan dengan kopi. Perjalanannya menyusuri timur Indonesia pun tertunda di Bali.

Untuk mendapatkan uang, ia sempat terpikir untuk menjual kameranya. Akan tetapi, orang yang ia mintai tolong menolak tawaran tersebut. Orang tersebut menawarkan alternatif lain dengan menumpang kartu ATM untuk mengambil uang yang ditransfer dari orang rumah di Jakarta. Pria yang berbaik hati ditumpangi kartu ATM-nya adalah Bang Joni, seorang pemilik kedai kopi di Kuta. Sambil menunggu dana ditransfer, ia berkunjung ke Kedai Kopi Gimbal milik Bang Joni.

Perjalanan ke timur Indonesia akhirnya terhenti meski dompetnya sudah terisi. Pemuda yang lahir di Jakarta ini memutuskan untuk membantu kedai kopi Bang Joni. Di kedai kopi itu ia berkenalan dengan kopi dan mempelajari cara menyeduhnya. Tanpa terasa, tiga bulan berlalu begitu cepat hingga rumah memanggilnya untuk pulang.

Sumatera memberikan cerita yang berbeda. Dalam kelananya mengelilingi Sumatera tahun 2013, dari Lampung sampai Sabang, Sumatera Utara telah memberinya secercah inspirasi. Di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, ia melihat masyarakat melakukan aktivitas ekonomi dari transportasi hingga perdagangan didominasi oleh vespa yang dimodifikasi. Melalui Bali dan Tapanuli, ia terinspirasi membangun sebuah kedai kopi dari vespa yang dimodifikasi. 




Ketekunan belajar

Mahasiswa hukum universitas swasta di Tangerang ini tidak pernah berhenti belajar dan bereksperimen tentang kopi. Biji kopi yang sebelumnya ia beli di pasar, bulan-bulan berikutnya mulai membeli dari rumah sangrai kopi arabika dengan kualitas yang baik. Melalui rumah-rumah sangrai itu pula ia mempelajari bagaimana cara menggoreng kopi yang baik dan benar untuk mendapatkan karakter rasa yang dapat memuaskan pelanggannya.

Harga kopi yang dijual ketika awal Guyon berdiri, Rp 5.000 untuk kopi arabika dan Rp 3.000 untuk kopi robusta. Melalui penghasilan dari kopi tubruk tersebut, pria berambut gondrong ini sedikit demi sedikit mencicil alat-alat seduh manual dan membeli biji kopi hijau untuk digoreng. Ego menggali dari berbagai sumber informasi seperti literatur, artikel, video di Youtube hingga bertanya langsung pada roaster berpengalaman.

Setelah mendalami seluk beluk kopi, ia merangkai alat penyangrai kopi sendiri untuk mempermudah menentukan karakter rasa yang diinginkan sekaligus menghemat biaya bahan baku. Kini, tersedia berbagai jenis kopi arabika di kedai mungilnya untuk para penikmat kopi. Menu pun semakin beragam, tidak hanya kopi tubruk,  aneka seduh manual seperti Kono, Aeropress, Rokpresso, Kalita 101 dan Kalita Wave  dibanderol dengan harga Rp 15.000. Selain itu, tersedia cappuccino, vanilla, choco caramel, lychee tea dan roti bakar dengan varian pilihan rasa.

Kedai yang tutup tiap hari Minggu sudah memiliki banyak pelanggan tetap yang rela antri tiap malam. Sekarang, Ego tidak perlu kewalahan lagi melayani pelanggan karena dengan omset yang cukup tinggi per bulannya ia dapat memperkerjakan seorang barista untuk membantunya.

Alasan menamakan kedai kopinya dengan kata Guyon, pemilik kedai tanpa sekat ini menjawab bahwa melalui kopi seduhannya, ia ingin menyenangkan para pelanggan yang datang ke kedainya dan ia berujar “karena ngopi nggak harus serius.”. Meski berkata demikian, kedai sederhana di bahu jalan yang ia kelola menyediakan buku-buku yang cukup serius untuk dibaca.  

Kiat mempertahankan pelanggan ala Kedai Kopi Guyon

Menurut Ego kiat dalam menjalani usaha kedai kopi ini adalah:

“Barista harus bertanggung jawab terhadap seduhannya karena konsumen sekarang semakin kritis. Konsumen berhak tahu apa yang dikonsumsi. Selain itu, tidak usah pedulikan apa omongan orang lain. Ciptakan tren sendiri. Omongan yang menjatuhkan buat apa diserap, jika membangun berarti itu adalah sebuah masukan. Hal yang paling penting adalah bagaimana mempertahankan pelanggan dengan alat seadanya agar tetap kembali lagi.”

Berminat mengunjungi kedai kopi bahu jalan ini? Kedai buka jam 22.00 – 04.00, tutup hari Minggu dan hujan besar. Cek dulu instagram @kedaikopiguyon jika ingin berkunjung saat/sehabis hujan.  

Kedai ini merupakan salah satu inspirasi ane gan sis sebelum membuat kedai kopi, oiya nama kedai ane @ruangkopibahagia kali aja ada agan atau sis yang mau mampir.

JANGAN LUPA BAHAGIA PENGGIAT KOPI, PANJANG UMUR SELALU PENGGIAT KOPI


sumber : http://www.kopitala.com/2016/09/kedai-kopi-guyon-kopi-enak-dijual-di.html 

0
12.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.